-->
Menu

Tes Antigen Kanker 15-3 (CA15-3)

Sunday, January 9, 2022

Antigen kanker 15-3 (CA15-3) adalah protein yang dibuat oleh berbagai sel, terutama sel kanker payudara. Protein bergerak ke dalam darah, di mana ia dapat diukur.


Tes Antigen Kanker 15-3 (CA15-3)



Tingkat CA15-3 lebih tinggi dari normal pada kebanyakan wanita dengan kanker payudara yang telah menyebar ke bagian lain dari tubuh (disebut kanker payudara metastatik). Tidak semua jenis kanker payudara akan menyebabkan kadar CA 15-3 meningkat, karena beberapa jenis sel kanker tidak memproduksi antigen secara berlebihan.


Mengapa tes CA15-3 dilakukan


CA15-3 adalah penanda tumor. Ini digunakan untuk memeriksa bagaimana pengobatan kanker payudara bekerja dan mencari kanker yang kembali, atau kambuh, setelah pengobatan.


Jika Anda didiagnosis menderita kanker payudara yang telah menyebar ke bagian tubuh lain, atau telah menyebar, Anda mungkin menjalani tes ini, bersama dengan tes lain seperti tes reseptor hormon dan tes status HER2.


CA15-3 tidak diukur untuk kanker payudara stadium awal karena kadar protein ini jarang lebih tinggi dari normal pada stadium ini.



Bagaimana tes CA15-3 dilakukan



Tes CA15-3 adalah tes darah yang dilakukan dengan jarum. Biasanya dilakukan di lab swasta atau lab rumah sakit. Anda tidak perlu melakukan sesuatu yang istimewa untuk mempersiapkannya.


Bagaimana Cara Membaca Hasil CA 15-3?


Tingkat CA15-3 bisa lebih tinggi dari normal dengan kondisi kanker dan non-kanker. CA15-3 paling sering meningkat pada kanker payudara yang telah menyebar ke bagian lain dari tubuh.


Secara umum, semakin tinggi kadar CA15-3 dalam darah, semakin banyak kanker yang ada di dalam tubuh. Tingkat tertinggi ketika kanker payudara telah menyebar ke tulang, hati atau keduanya. Jika tingkat CA15-3 turun atau kembali normal, itu mungkin berarti pengobatan berhasil. Jika tingkat meningkat dari waktu ke waktu, itu mungkin berarti bahwa kanker tidak merespon dengan baik terhadap pengobatan, masih tumbuh atau datang kembali (berulang).


CA15-3 mungkin lebih tinggi dari normal pada kanker paru-paru, pankreas, ovarium dan prostat, tetapi tingkat ini tidak setinggi kanker payudara.


Kondisi non-kanker yang meningkatkan CA 15-3 termasuk endometriosis, penyakit radang panggul dan penyakit hati. Itu juga dapat meningkat selama kehamilan. Dengan kondisi ini, level CA15-3 biasanya hanya naik begitu tinggi. Mereka biasanya tidak terus mendaki dari waktu ke waktu.


Apa yang terjadi jika ditemukan perubahan atau kelainan?


Dokter akan memutuskan apakah diperlukan lebih banyak tes, prosedur, perawatan lanjutan, atau perawatan lain. (Sumber : Cancer)


Cara Kerja Pemeriksaan CA 15-3

Ada beberapa cara pemeriksaan CA 15-3, diantaranya adalah :

Pemeriksaan metode rapid test untuk pemeriksaan CA 15-3. 





  • Siapkan sampel serum/plasma
  • Teteskan sebanyak 3 tetes kedalam sumur sampel (S)
  • Teteskan 3 tetes whoole blood / venipuncture pada sumur sampel dan tambah 1 tetes buffer.
  • Inkubasi 
  • Baca hasil pemeriksaan. 
  • Jika muncul satu garis pada kontrol (C) hasilnya Negatif. Sedangkan jika muncul dua garis pada garis kontrol (C) dan garis test (T) hasilnya Positif. 


Metode CMIA (Chemiluminescent Microparticle Immunoassay) CA 15-3

Persyaratan & Jenis Sampel : Serum

Nilai rujukan : ≤ 31,3 U/mL

Cara Kerja : 






DONASI INFOLABMED Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain www.infolabmed.com. Terima kasih.

Contact Form

Name

Email *

Message *

Protected by Copyscape