-->
Menu

Penting, Inilah Cara Efektif Untuk Memasarkan Produk

Thursday, October 28, 2021

Pemasaran adalah salah satu cara untuk mengenalkan produk kepada orang lain dengan tujuan tertentu. Produk atau suatu barang dapat mudah terjual jika Anda dapat memasarkannya dengan benar. Bagaimana cara memasarkan suatu produk yang benar? Berikut ini kami akan memberikan cara efektif untuk memasarkan produk kepada target dan konsumen yang tepat. 


Penting, Inilah Cara Efektif Untuk Memasarkan Produk
Ilustrasi. Foto oleh fauxels dari Pexels


Teknik pemasaran yang tepat akan memudahkan orang yang tidak tahu akan semakin mencari tahu tentang produk yang Anda tawarkan. Prinsipnya adalah menawarkan artinya memberitahu fungsi dan manfaat suatu produk. Teknik ini sering digunakan untuk memberitahukan atau menginformasikan kualitas suatu produk. 


Seorang pemasar yang handal akan dengan mudah memberikan informasi dan manfaat sebuah produk yaitu dengan cara- cara sebagai berikut ;


Teknik Pacing dan Leading


Untuk memudahkan pembeli memahami produk kita, pertama-tama adalah “menyamakan” terlebih dahulu diri kita dengan calon konsumen. Misalnya, Apakah ibu suka pedas? Jika ibu menjawab tidak suka atau pun suka, maka kita akan menjawab “saya juga suka atau tidak suka pedas”, teknik ini dinamakan dengan Pacing artinya menyamakan. Apapun yang dikatakan calon konsumen kita juga merasakan. Jika konsumen cerita bahwa dirinya orang bandung, maka Anda harus memposisikan diri Anda sebagai orang Bandung. Misalnya, Saya senang di Bandung makanannya enak-enak, itulah teknik Pacing yang mana teknik ini semakin Anda memiliki persamaan maka semakin dekat dengan closing jualan Anda. 


Setelah teknik “pacing” Anda berhasil, langkah selanjutnya adalah leading. Ketika pembeli Anda sudah merasa sama dengan Anda, saatnyalah Anda untuk memberikan arahan kapan produk Anda dikirim, apakah sekarang, atau sore. Kemudian, uangnya kapan di transfer? Sekarang atau sore. Buatlah kalimat-kalimat untuk mengarahkan. Memang terkesan memojokkan pembeli atau memaksa, bagi sebagaian orang mungkin akan merasa seperti itu, bagi saya jangan terlalu memaksakan berikan kesempatan untuk pembeli beberapa waktu. Namun, dalam strategi pemasarn ketika pembeli sudah bilang OK disitulah Anda sudah berhasil menerapkan teknik ini. 


Kelola Data Dengan Benar


Saat ini data adalah harta karun yang paling berharga. Jika Anda sebagai pemasar, Anda sebaiknya menerapkan strategi ini. Banyak manfaat jika Anda memiliki data konsumen tertarget? Namun, masalahnya adalah bagaimana Anda bisa mendapatkan puluhan, ratusan bahkan ribuan data tertarget sesuai produk Anda. 


Inilah tantangan Anda untuk menciptakan sebuah wadah atau fasilias untuk menampung orang-orang yang sedang menginginkan produk yang Anda pasarkan. Dalam dunia marketing, data adalah segalanya. Simpanlah selalu nomor kontak, email dan lain sebagainya untuk memudahkan pemasaran Anda dikemudian hari. 


Salah satu cara pemanfaatan data adalah sebagai berikut :


WA marketing


Saat ini semua orang memiliki aplikasi WA bukan? Semakin banyak orang memakainya maka akan dengan mudah kita melakukan pemasaran. Istilah WA marketing ini akan selalu berubah sesuai dengan kondisi zaman. Misal jika dahulu pernah booming BBM sebuah aplikasi chating sebelum kejayaan WA, maka dahulu biasa disebut BBM marketing. Atau jika saat ini pengguna media social terbanyak adalah TikTok, maka bisa saja disebut sebagai TikTok Marketing, instagram marketing, Facebook marketing, dan lain sebagainya. Namun, apapun namanya tekniknya akan sama itu-itu saja. 


Sebagai aplikasi untuk chating, yang harus Anda lakukan adalah menyimpan sebanyak-banyaknya nomor WA aktif untuk pemasaran Anda. Jika sudah Anda simpan, lakukanlah salam pembuka dengan cara melakukan broadcast minimal 20 orang setiap pagi, 20 oran setiap siang, 20 orang setiap malam. Lakukan kegiatan tersebut setiap hari. Itulah teknik WA marketing seperti yang sudah saya terima disebuah acara seminar penjualan. 


E mail marketing


Layaknya seperti ilmu marketing pada WA, e mail juga dapat dijadikan tempat untuk melakukan pemasaran. Kenapa e mail? Setiap orang pasti memiliki e mail. Minimal 1 e mail dalam satu perangkat untuk mengaktifkan perangkat androidnya. Nah, karena e mail ini hampir sama dengan nomor telepon, maka e mail dapat digunakan untuk mempromosikan sebuah produk langsung kepada orangnya. 


Dari beberapa cara tersebut diatas, teknik pacing dan leading dapan di lakukan pada WA marketing. Terbukti beberapa orang sukses menggunakan cara tersebut dan dapat mengumpulkan berbagai pundi-pundi uang dan juga dapat dijadikan sebuah cara efektif untuk memasarkan produk-produk Anda. 


DONASI INFOLABMED Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain www.infolabmed.com. Terima kasih.

Contact Form

Name

Email *

Message *

Protected by Copyscape