-->
Menu

Cara Menggendong Anak Yang Nyaman

Saturday, August 14, 2021

Menggendong adalah aktifitas yang menyenangkan untuk anak dan orangtua. Untuk itu Anda perlu menggendong bayi dengan benar agar ia merasa nyaman. Berikut ini berbagai cara menggendong anak bayi yang akan membuatnya nyaman. 

Cara Menggendong Anak Yang Nyaman
Gambar : Freepik/cookie_studio


Menimang bayi

Menimang adalah cara menggendong bayi baru lahir yang paling banyak dilakukan orang tua. Langkah awal yang perlu Bunda lakukan adalah dengan menempatkan salah satu lengan di bawah leher dan kepala Si Kecil, sedangkan tangan yang lain berada di bagian bokongnya.


Angkat Si Kecil secara perlahan dan sesuaikan posisinya hingga ia merasa nyaman. Kepala dan leher Si Kecil harus berada di lengan bagian dalam atau lipatan lengan saat digendong. Selanjutnya, Bunda bisa melakukan gerakan mengayun perlahan.


Menggendong dengan cara menimang sering digunakan sebagai posisi menyusui. Selain itu, posisi ini juga baik untuk bertatapan langsung dan berkomunikasi dengan Si Kecil.


Memeluk bayi

Cara menggendong bayi dengan memeluk biasanya dilakukan setelah menyusui untuk membuatnya bersendawa. Posisikan tubuh Si Kecil sejajar dengan dada Bunda dan letakkan kepalanya di bahu.


Pastikan untuk meletakkan satu tangan di antara kepala dan leher Si Kecil, sedangkan tangan yang lain menopang bokongnya. Menggendong Si Kecil dengan cara memeluk dapat membuatnya merasa tenang dan nyaman, sehingga ia lebih mudah tertidur.


Menyangga perut bayi

Menggendong bayi dengan posisi tengkurap biasanya dapat membuatnya cepat tenang saat rewel. Untuk melakukan cara ini, posisikan Si Kecil dalam kondisi tengkurap di lengan Bunda. Pastikan bagian kepala dan leher Si Kecil menghadap ke siku dan topang kedua kakinya dengan tangan.


Namun, kenyamanan cara menggendong ini tergantung pada seberapa panjang lengan Bunda. Jika memiliki lengan yang pendek, Bunda dapat membaringkan Si Kecil di atas pangkuan dengan posisi tengkurap. Jangan lupa untuk menopang bagian kepala dan lehernya.


Untuk menggendong Si Kecil, Bunda juga dapat menggunakan kain atau gendongan modern yang saat ini mudah ditemukan. Menggunakan kedua alat tersebut dapat membantu Bunda menggendong Si Kecil tanpa harus menyangganya dengan tangan.


Selain cara di atas, yang perlu diperhatikan juga adalah penggunaan popok bayi yang nyaman. Bunda bisa menggunakan popok yang lembut seperti popok Merries. Kelembutan popok Merries membuat kulitnya nyaman dan bebas iritasi. Popok Merries akan menemani hari-hari si Kecil dengan nyaman dan penuh senyuman.



DONASI INFOLABMED Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain www.infolabmed.com. Terima kasih.

Contact Form

Name

Email *

Message *

Protected by Copyscape