-->
Menu

Kenali Tanda Penyakit Gusi dan Cara Mencegahnya

Wednesday, May 26, 2021

Mulut merupakan salah satu organ pencernaan yang harus dijaga kesehatannya, salah satunya kita harus menganali tanda-tanda penyakit gusi yang merupakan salah satu penyakit yang akan terjadi kepada kita jika kita tidak bisa menjaga kesehatan dan kebersihan mulut kita. 

Kenali Tanda Penyakit Gusi dan Cara Mencegahnya
Ilustrasi. (Foto : Woman photo created by Racool_studio - www.freepik.com)


Kesehatan mulut merupakan hal utama yang harus dijaga karena ketika mulut kita mengalami gangguan maka setidaknya mood kita untuk makan akan menurun. Hal inilah yang akan menggangu kepada kesehatan tubuh kita secara umum. 

Perlu upaya yang tepat untuk dilakukan supaya mulut kita tetap terjaga kesehatannya, terutama terkait munculnya tanda penyakit gusi dan gigi yang akan muncul ketika kita mulai abai dengan kesehatan mulut kita. 


Tanda Penyakit Gusi Yang Biasa Terjadi

Sebelum hal buruk terjadi, alangkah baiknya kita kenali tanda penyakit gusi yang biasa muncul diantaranya adalah sebagai berikut ;

Gusi berdarah

Gusi merupakan bantalan penting gigi, biasanya berwarna merah muda. Apakah Anda mengalami gusi berdarah ketika menggosok gigi? Hal tersebut merupakan tanda bahwa gusi sedang mengalami kelainan. Artinya, gusi sedang tidak baik-baik saja. Anda harus segera mengkonsultasikan kesehatan gusi dan gigi Anda kepada dokter spesialis gigi untuk mengkonsultasikan kesehatan gigi, gusi dan mulut secara keseluruhan. 


Gusi bengkak

Gusi bengkak dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor. Dokter sudah dapat memastikan bahwa gusi bengkak biasanya Anda kurang merawat gigi dan gusi dengan baik. Beberapa faktor dan juga merupakan tanda penyakit gusi dikarenakan Anda kurang merawat gigi dengan baik. 

Berikut ini adalah faktor penyebab gusi bengkak, diantaranya adalah :

Plak pada gigi

Gigi yang tidak dirawat dengan baik akan meningglkan plak atau karang pada gigi. Karang gigi inilah yang lama kelamaan jika tidak di bersihkan akan melukai gusi dan terjadilah infeksi pada gusi yang membuat gusi membengkak. Munculnya pembengkakan pada gusi akan membuat nafas Anda menjadi bau dan tentunya akan merasa tidak nyaman. 

Menyikat terlalu keras

Apakah Anda sudah memilih sikat gigi dengan benar? Pilihlah sikat gigi berbulu halus yang tidak dapat melukai gusi Anda. Selain itu, lakukanlah menyikat gigi dengan cara yang benar. Cara menyikat gigi yang salah dan terlalu keras bukannya akan mendapatkan gigi bersih, melainkan gusi Anda akan iritasi dan bengkak. Berhati-hatilah ketika Anda menyikat gigi menggunakan dengan sikat gigi, lakukan dengan benar agar terhindar dari gusi yang bengkak. 

Kawat Gigi

Gigi Anda terlihat tidak menarik, tentunya Anda akan berusaha untuk membuat gigi Anda terlihat lebih rapih dan bagus. Keputusan Anda untuk memasang kawat untuk gigi supaya terlihat menarik, dapat menimbulkan satu tanda penyakit gusi seperti bengkak. 

Pemasangan kawat gigi dapat memberikan ketidaknyamanan pada Anda saat mengunyah makanan, bahkan mulut Anda akan timbul beberapa sariawan yang tentunya akan membuat nafas Anda juga timbul bau yang tidak sedap. 

Selain beberapa penyebab munculnya berbagai tanda penyakit gusi muncul, sebetulnya masih ada beberapa penyebab gusi bengkak namun pada artikel ini saya hanya menuliskan tiga diantara penyebab gusi bengkak tersebut. 

Bagaimana jika gusi Anda kadung mengalami gusi yang tidak sehat? Apakah ada cara untuk mencegahnya? Tentu saja ada, berikut ini Kami akan memberikan informasi bagaimana cara untuk mencegah akibat munculnya tanda penyakit gusi yang diantaranya adalah sebagai berikut :

Menyikat Gigi Secara Rutin

Sikatlah gigi Anda secara rutin dan pilihlah sikat gigi yang aman untuk gigi dan gusi Anda. Lakukan gerakan yang lembut supaya tidak melukai gusi Anda. Dengan menyikat gigi secara rutin, Anda sudah membantu menghalau pertumbuhan bakteri yang ada di mulut, yang mana bakteri tersebut bisa saja memanfaatkan sisa-sisa makanan yang ada di gigi untuk pertumbuhannya. 


Memilih Pasta Gigi Yang Tepat

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Kami merekomendasikan Anda untuk menggunakan pasta gigi yang mengandung berbagai formula yang dapat memberikan banyak manfaat untuk gigi Anda. Salah satu pasta gigi yang kami rekomendasikan adalah Closeup Ever Fresh, pada pasta gigi ini terdapat Antibacterial mouthwash formula yang dapat melawan bakteri hingga 99% serta ekstrak natural eaxtract of clove & sperarmint yang dapat membuat mulut Anda tersa bersih dan segar. Dan selain itu Pasta gigi ini memiliki formula Purifying gek yang dapat memberishkan mulut hingga kebagian terdalam. 


DONASI INFOLABMED Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain www.infolabmed.com. Terima kasih.

Contact Form

Name

Email *

Message *