-->
Menu

Mengatasi Masalah Pembengkakan Pada Gusi

Thursday, April 8, 2021

Mulut merupakan salah satu bagian penting dalam organ pencernaan dan didalamnya terdapat gigi, gusi, lidah untuk membantu proses pemecahan makanan sebelum di kirim ke lambung. Jika kita tidak menjaga mulut dengan benar, akan muncul berbagai masalah seperti pembengkakan pada gusi yang membutuh perawatan khusus untuk penyembuhannya.


Mengatasi Masalah Pembengkakan Pada Gusi
Ilustrasi Pembengkakan pada Gusi. (Foto oleh Engin Akyurt dari Pexels)


Menjaga Kesehatan Mulut~Gigi, Lidah dan Gusi~Yang Benar


Untuk mendapatkan nutrisi yang baik, kita harus mendapatkan asupan gizi yang baik pula. Namun, bagaimana jika dalam hal ini pintu pertama asupan makanan terganggu, maka tentu saja seseorang akan merasa tidak nafsu untuk makan, se-enak apapun makanan tersebut. 


Menjaga kesehatan mulut akan menjadi prioritas utama untuk semua kalangan. Karena dari mulutlah makanan dan minuman masuk ke dalam tubuh kita. Jika saja mulut bermasalah, maka otomatis makanan yang akan masukpun menjadi terganggu. 


Didalam mulut terdapat anggota penting seperti gigi, gusi dan lidah. Ketiga-tiganya harus dijaga kesehatannya dengan baik dan benar. Karena, salah satu saja terganggu maka makanan akan sulit untuk masuk ke dalam tubuh. 


Untuk menjaga kesehatan gigi, gusi dan lidah termasuk dalam menjaga mulut secara umum ini memerlukan rutinitas yang baik dalam menjaganya seperti menyikat gigi yang baik seperti menggunakan pasta gigi yang cocok dan dibutuhkan oleh gigi Anda. Karena setiap gigi memiliki keunikan tersendiri, jadi konsultasikan terlebih dahulu pasta gigi apa yang cocok untuk Anda. 


Selain pasta gigi, untuk menjaga kesehatan mulut membutuhkan perawatan rutin selama enam bulan sekali. Anda wajib berkonsultasi terkait gigi dan mulut Anda kepada dokter yang kompeten di bidangnya. 


Dokter Anda kemungkinan akan merekomendasikan beberapa hal, seperti :

  • Rutin menyikat gigi
  • Menghindari gula / jangan berlebihan
  • Mengkonsumsi sayuran
  • Rutin meminum air putih
  • Rutin kontrol, dsb.


Pembengkakan Pada Gusi Membuat Ketidaknyamanan 


Saat mengunyah makanan membutuhkan kerjasama yang baik antara gigi, gusi dan lidah. Ritme dalam mulut yang teratur, tidak buru-buru akan membuat makanan menjadi lunak dan komposisi yang memang harus dilakukan sebelum dikirim ke lambung. Makanan yang kasar akan membuat lambung lebih ekstra, dan hal tersebut sangatlah tidak baik dan tidak direkomendasikan. Oleh karena itu, berhati-hatilah ketika Anda makan, Anda disarankan untuk tidak terburu-buru saat sedang mengunyah. 


Ilustrasi sakit gusi. (Foto oleh Harry Cunningham @harry.digital dari Pexels)


Pembengkakan pada gusi bisa terjadi karena Anda terburu-buru saat mengunyah makanan sehingga makanan tersebut melukai gusi dan terjadilah pembengkakan. Jika gusi Anda membengkak maka akan muncul rasa tidak nyaman saat Anda mengunyah sesuatu. 


Selain terburu-buru saat mengunyah, pembengkakan pada gusi juga bisa terjadi karena beberapa faktor, diantaranya seperti yang kami kutip dari Alodok, adalah sebagai berikut : 

  1. Penumpukan plak pada gigi
  2. Gingivitis atau peradangan pada gusi
  3. Infeksi virus atau jamur
  4. Kebiasaan merokok
  5. Kehamilan
  6. Kurang gizi atau skorbut, yaitu kondisi yang terjadi ketika tubuh kekurangan vitamin C
  7. Pemasangan gigi palsu atau perlengkapan gigi lain yang tidak tepat
  8. Sensitivitas gusi akibat penggunaan pasta gigi tertentu atau cairan kumur
  9. Obat-obatan, seperti obat antiepilepsi, kortikosteroid, kontrasepsi hormonal, dan obat penghambat saluran kalsium 

Seperti penyebabnya, pembengkakan pada gusi bisa dapat dikendalikan dan juga disembuhkan. Untuk penyembuhan gusi yang bengkak dapat dilakukan dengan berbagai cara. Diantaranya adalah dapat di kompres, minum obat dari dokter, atau minum obat herbal dengan persetujuan dokter Anda. 


Cara Mencegah Pembengkakan Pada Gusi Secara Alami


Mencegah pembengkakan pada gusi ternyata cukup mudah, kita hanya meninggalkan penyebab gusi bengkak tersebut. Cara mudah ini diantaranya adalah menghindari makanan atau minuman yang terlalu panas atau dingin dan terlalu manis, seperti permen, coklat, dan sirop. Selain itu, Anda juga harus menghindari pula makanan yang terlalu asam, misalnya jeruk dan nanas. 


Selain cara-cara tersebut, supaya tidak terjadi pembengkakan pada gusi tersebut ternyata Pepsodent menyediakan produk yang bagus untuk Anda gunakan. Untuk mendapatkan gigi, gusi yang kuat kami rekomendasikan Anda untuk menggunakan pasta gigi dari Pepsodent Expert Protection Gum Health yang dapat membantu melindungi mulut dari penyakit gusi.


Rutinlah menjaga kesehatan gigi dan mulut supaya tidak terjadi pembengkakan pada gusi dengan menggunakan pasta gigi dari pepsodent dengan cara menyikat gigi minimal sebanyak 2 kali dalam sehari. Lakukan dengan cara teratur, jangan bosan untuk melakukan kebaikan ini karena manfaatnya sangat besar untuk Anda. 


DONASI INFOLABMED Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain www.infolabmed.com. Terima kasih.

Contact Form

Name

Email *

Message *