-->
Menu

Berolahraga Dengan Lari Jarak Yang Pendek untuk Badan Yang Sehat

Tuesday, April 6, 2021

Seiring bertambahnya usia, terkadang kita justru banyak meninggalkan waktu untuk berolahraga. Saat ini, banyak usia antara 30 tahunan sudah mulai jarang terlihat mereka berolahraga. Jika hal ini terus dibiarkan maka tentunya akan berdampak kepada kesehatan mereka hal ini dapat di ubah dengan melakukan kegiatan berolahraga ringan seperti lari jarak yang pendek

lari jarak yang pendek - https://www.anlene.com/content/anlene/id/ms/teknik-lari-jarak-pendek.html
Ilustrasi lari jarak yang pendek. (Foto : https://www.pexels.com//Ketut Subiyanto)
 

Mulai Dari Hal Yang Paling Sederhana

Jika Anda termasuk orang yang berlarut-larut tenggelam dalam kesibukan, maka otomatis akan terjadi degradasi massa otot pada tubuh Anda sehingga hal tersebut dapat berakibat kurang baik untuk otot. Jika Anda sangat menyayangi tubuh Anda alangkah baiknya Anda harus memulai olahraga dengan cara yang paling sederhana terlebih dahulu. 

Semua sepakat bahwa olahraga paling sederhana adalah berjalan kaki minimal 15 menit setiap hari. Dengan berjalan kaki, Anda tentu akan terus menjadi terbiasa melakukan hal tersebut, sehingga tubuh Anda merespon dengan baik untuk kesehatan jantung Anda. 

Dengan berjalan kaki teratur setiap hari, massa otot pun akan mulai terbentuk sehingga ketika Anda ingin memulai aktifitas yang lebih berat tubuh Anda sudah siap. Misal, Anda di akhir pekan ini memutuskan untuk pergi ke Gym atau olahraga yang lebih ekstrim lagi. 

Namun, Saya menyarankan supaya ketika Anda akan melakukan olahraga yang lebih berat sebaiknya Anda harus berkonsultasi dengan dokter Anda supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan dikemudian hari. Misal saja, ketika Anda di usia 30 tahun ini sudah tidak melakukan olah raga berat seperti futsal, tiba-tiba Anda memaksakan untuk futsal maka kemungkinan tubuh Anda akan mengalami cidera. 

Jadi pesan saya adalah lakukan segala sesuatu secara teratur dan terukur. Jika tubuh Anda belum siap, maka jangan lakukan kegiatan-kegiatan yang membahayakan tubuh Anda. Maka mulailah dengan cara yang sederhana, bahkan paling sederhana seperti yang sudah saya contohkan yaitu cukup berjalan kaki saja. 

Lari Jarak Yang Pendek For The One Step

Setiap olahraga tentu memiliki banyak sekali manfaat, yaitu menjaga kebugaran tubuh dan juga mood Anda tentunya. Dengan berolahraga Anda akan lebih fresh dan juga lebih bersemangat dalam menjalani kegaitan rutinitas Anda yang begitu sangat penat. 

Jangan sekali-kali mudah diajak oleh rekan Anda, karena belum tentu Anda siap seperti rekan-rekan Anda. Misal saja rekan Anda hobi bersepeda setiap akhir minggu, jika tubuh Anda belum siap mengayuh sepeda jarak panjang berkilo-kilometer, alangkah baiknya Anda menolaknya dengan halus. Atau jika rekan Anda hobi bermain sepak bola, Anda yang setiap hari kerjanya duduk santai, jangan sekali-kali mengikuti kegaitan yang mengurah massa otot dan energi Anda. Bisa saja jika Anda tetap ngeyel, maka tentunya Anda akan berakhir di IGD dengan segera. 

Lantas apa yang Saya sarankan untuk Anda? Lakukan hal yang paling mudah menurut Anda. Misal jika Anda sudah terbiasa dengan berjalan selama 15 menit, kemudian di tingkatkan menjadi 30 menit per hari secara rutin maka kemudian mulailah dengan lari-lari jarak yang pendek

Ilustrasi Pemanasan. (Foto : https://www.pexels.com//Ketut Subiyanto)



Bukan tanpa sebab, dengan melakukan olahraga lari jarak yang pendek Anda akan mulai terbiasa menggunakan massa otot Anda dengan baik dan teratur. Sebelum melakukan lari jarak yang pendek,  sebaiknya Anda harus meregangkan atau pemanasan otot-otot Anda supaya tidak terjadi kram atau dislokasi sebelum melakukan olahraga tersebut. 


Manfaat Lari Jarak Yang Pendek Untuk Badan Anda

Congratulation!!!!! Saya sangat apresiasi Anda untuk melakukan perubahan. Di Usia yang sudah melebihi seperempat abad biasanya kebanyakan orang akan malas bergerak, namun Anda membuktikan bahwa berolahraga bukanlah suatu tantangan hal yang berat. 

Jika Anda sudah melakukan lari jarak yang pendek dengan teratur, berikut ini Saya sampaikan manfaat yang akan Anda dapatkan. Hal ini tentu saja berefek kepada tubuh Anda secara langsung. Diantara manfaat lari jarak yang pendek ini adalah ;

Jantung Sehat

Jantung merupakan organ yang befungsi untuk memompa aliran darah ke seluruh tubuh. Jika Anda rutin melakukan lari jarak yang pendek, beberapa artikel menyebutkan bahwa funsi jantung akan menjadi sangat baik. Jantung akan terus memompa darah dengan baik keseluruh tubuh tanpa beban. 


Bahagia

Jika tubuh Anda berfungsi dengan baik, Anda akan dengan mudah melakukan hal apapun. Hari-hari Anda pun akan mudah di jalani sehingga Anda akan merasa bahagia menjalankan semua aktifitas Anda walaupun mungkin saat itu Anda sedang memiliki masalah yang sangat berat. 

Badan Bugar

Aliran darah yang mengalir ke seluruh tubuh dengan teratur membuat semua tesuply dengan baik. Metabolisme tubuhpun berjalan dengan baik, aliran darah dan pernafasan Anda akan berjalan dengan baik sekali. Dengan olahraga teratur seperti lari jarak yang pendek  membuat tubuh terasa lebih segar. 


Tidak Mudah Sakit

Jika Anda rutin melakukan lari jarak yang pendek maka Anda akan memiliki daya tahan tubuh yang sangat baik. Tubuh Anda akan memiliki pertahanan yang optimal dari serangan-serangan virus atau bakteri yang dapat menggangu ketahanan tubuh Anda. 

Saya menyarankan Anda untuk menjaga asupan makanannya juga terutama makanan yang mengandung ke tiga unsur berikut, yaitu kalium, kalsium dan kolagen. Tubuh sangat perlu ke tiga nutrisi tersebut selain Anda harus tetap menajalani kegiatan olahraga lari jarak yang pendek  ini. Anda dapat memiliki ke tiga unsur tersebut dalam satu produk susu kesehatan yaitu susu Anlene Actifit . Untuk mendpaatkan hasil yang maksimal alangkah baiknya dikonsumsi minimal sebanyak 2 gelas per harinya.

DONASI INFOLABMED Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain www.infolabmed.com. Terima kasih.

Contact Form

Name

Email *

Message *

Protected by Copyscape