-->
Menu

Apa Yang Dimaksud Laboratorium

Monday, November 16, 2020

Apa Yang Dimaksud LaboratoriumLaboratorium atau biasanya di singkat LAB saja, merupakan suatu tempat riset ilmiah, eksperimen, pengukuran ataupun pelatihan ilmiah dilakukan. Penggunaan kata "Laboratorium" juga mengacu kepada disiplin ilmu tertentu, seperti laboratorium fisika, laboratorium bahasa, laboratorium komputer, laboratorium medis dan lain sebagainya. 


Apa Yang Dimaksud Laboratorium


Pengertian "Laboratorium" Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)


Dalam KBBI, laboratorium adalah ; tempat atau kamar dan sebagainya tertentu yang dilengkapi dengan peralatan untuk mengadakan percobaan (penyelidikan dan sebagainya);


-- bahasa ruangan yang dilengkapi dengan alat-alat keperluan pengajaran bahasa berupa pita perekan, kaset, proyektor, dan piringan hitam, dipakai secara terpisah-pisah atau bersama-sama


Namun, pada umumnya penggunaan kata laboratorium lebih banyak digunakan untuk sebuah riset yang melibatkan berbagai jenis hewan, alat-alat canggih, zat kimia, dan sebagainya. 


Mengenal Sejarah Laboratorium Dalam Pendidikan


Awalnya,  Pendidikan yang menggunakan   laboratorium dan metode laboratorium tidak digunakan di Amerika Serikat sampai pertengahan abad ke-19. Sejarah pendidikan laboratorium memberi tahu kita tentang perkembangannya. Meskipun ada laboratorium kimia baik di Amerika Serikat dan di Eropa, penggunaan laboratorium untuk tujuan pendidikan berasal dari Jerman (Good, 1936). 


Ada laboratorium pendidikan pada akhir tahun 1700-an di AS, tetapi pengaruh sarjana Jerman, Justus Von Liebig, membuat pendidikan laboratorium jauh lebih luas (Browne, 1941; Fay, 1931; Fife, 1975; Sheppard & Horowitz, 2006 ; Sheppard & Robbins, 2005).


Reformasi tentang peningkatan program pendidikan sains di Amerika Serikat segera mempengaruhi pendidikan sains di Eropa dan kegiatan pendidikan serupa mulai digunakan. Reformasi semacam itu mencakup peningkatan isi mata pelajaran sains dan matematika. Setelah Perang Dunia I, sebuah diskusi tentang perlunya laboratorium untuk tujuan pendidikan dimulai. Diskusi ini berfokus pada pertanyaan-pertanyaan berikut: "haruskah siswa melakukan eksperimen di laboratorium untuk belajar?" Dan "Bisakah siswa belajar sains hanya melalui teknik demonstrasi?" 


Setelah Perang Dunia II, pertanyaan tentang penggunaan laboratorium untuk tujuan pendidikan menjadi luar biasa. Pada saat yang sama, pentingnya pendidikan sains kembali diakui. Diasumsikan bahwa laboratorium adalah salah satu metode pengajaran yang valid dan berharga dalam pendidikan sains. 


Alasan yang mungkin dari tindakan ini adalah temuan ilmiah yang signifikan selama perang. Pertanyaan tentang laboratorium yang dievaluasi bagaimana seharusnya pendidikan laboratorium. Berdasarkan pandangan ini, program pendidikan direvisi sekitar tahun 1960 dan laboratorium mulai menjadi bagian dari program ini.


Semua perubahan ini di dunia juga mempengaruhi pendidikan sains semua negara, termasuk di Indonesia, kurikulum K-13 ,  menuntut peserta didik memiliki  keterampilan  bagi siswa  dan yang tertuang dalam standar proses  didalamnya memuat aspek   standar sarana dan prasaran menuntut adanya sarana laboratorium. 


Pengertian Laboratorium Medik


Menurut Permenkes RI No. 411/Menkes/Per/III/2010, Laboratorium Klinik adalah laboratorium kesehatan yang melaksanakan pelayanan pemeriksaan spesimen klinik untuk mendapatkan informasi tentang kesehatan perorangan terutama untuk menunjang upaya diagnosis penyakit, dan memulihkan kesehatan.


Definisi lain laboratorium klinik diberikan oleh Seyoum (2006:14): laboratorium adalah tempat yang dilengkapi dengan berbagai instrumen, peralatan dan bahan kimia (reagen), untuk melakukan karya eksperimental, kegiatan penelitian dan prosedur pemeriksaan. Laboratorium medik merupakan salah satu bagian laboratorium yang dilengkapi dengan berbagai instrumen biomedis, peralatan, bahan dan reagen (bahan kimia) untuk melakukan berbagai kegiatan pemeriksaan laboratorium dengan menggunakan spesimen biologis (whole blood, serum, plasma, urine, tinja, dll).


Bila melihat kedua definisi di atas baik menurut Permenkes RI No. 411/Menkes/Per/III/2010 maupun menurut Seyoum, dapat dikatakan bahwa laboratorium klinik adalah sebuah tempat di mana di dalamnya terdapat instrumen, peralatan, serta bahan dan reagen yang digunakan untuk pemeriksaan laboratorium dengan menggunakan spesimen biologis sebagai penunjang diagnosis penyakit dan pemulihan kesehatan.


Sumber : 

  1. KBBI. 2020. Laboratorium. Diakses : https://kbbi.web.id/laboratorium
  2. I Nyoman Tika. 2020. Laboratorium dan Sejarah Penggunaannya dalam Pendidikan. Diakses : https://www.kompasiana.com/inyoman3907/5b3d7d5fbde5755f01501002/laboratorium-dan-sejarah-penggunaannya-dalam-pendidikan?page=all
  3. Infolabmed. 2020. Pengertian, Jenis Dan Klasifikasi Laboratorium Medik. Diakses ; https://www.infolabmed.com/2018/11/pengertian-jenis-dan-klasifikasi.html
  4. Wikipedia. 2020. Laboratorium. Diakses : https://id.wikipedia.org/wiki/Laboratorium


DONASI INFOLABMED Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain www.infolabmed.com. Terima kasih.

Contact Form

Name

Email *

Message *