-->
Menu

Sudah Tahu Tanda Penyakit Gangguan Pencernaan

Saturday, October 31, 2020

Pada masa ini, banyak orang yang melakukan kegiatan dengan cepat. Namun, tidak bisa kita pungkiri juga bahwa banyak yang tidak tahu bagaimana tanda penyakit gangguan pencernaan yang sedang mereka alami. 

penyakit gangguan pencernaan lifebuoy
Ilustrasi. (Sumber ; https://www.sehatq.com/)


Pernah kita mendengar beberapa penyakit yang bermula dari pencernaan. Penting kita mengetahui menjaga asupan pola makan supaya pencernaan kita tetap sehat. 


Dalam buku pelajaran yang pernah kita pelajari, sistem pencernaan di mulai dari mulut, kerongkongan, lambung, kemudian usus, dan terakhir adalah anus. 


Buat kita tidak asing, beberapa gangguan pencernaan biasanya terjadi pada lambung dan usus. Selain itu, kita juga sudah faham setidaknya beberapa nama penyakit yang sudah familiar ditelinga kita seperti sakit maag dan juga sakit pencernaan yang diakibatkan oleh beberapa bakteri.


Gastroenteritis

Gastroenteritis merupakan salah satu penyakit gangguan pencernaan. Penyakit ini biasanya disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri yang menyerang sistem pencernaan. Pada mulanya perut akan terasa sakit, kemudian akan muncul beberapa gejala-gejala yang menyertai penyakit gangguan pencernaan ini seperti mual, muntah, diare, demam, serta perut kembung dan kehilangan nafsu makan.


Pada kasus ini, biasanya pasien telah mengonsumsi makanan yang memiliki higienisnya sangat kurang, yang berakibat kepada adanya infeksi pada saluran pencernaan oleh bakteri atau virus tersebut. 


Gastritis

Penyakit gangguan pencernaan lainnya adalah adanya peradangan pada dinding lambung seperti gastritis. Gastritis terjadi bukan sehari atau dua hari. Timbulnya gastritis karena terjadinya iritasi yang terus-menerus pada dinding lambung.


Penyakit gangguan pencernaan pada gastritis dikarenakan penyait maag berulang yang tidak mendapatkan perawatan serius dari pelayanan kesehatan. Gejala yang timbul dari penyakit gangguan pencernaan ini seperti mual, muntah bahkan sampai dengan mencret. 


Pada artikel ini, kami muat 2 penyakit gangguan pencernaan yang umumnya terjadi pada masyarakat kita. Ada beberapa penyakit gangguan pencernaan lainnya seperti Usus buntu (Apendisitis), kolesistitis (infeksi kandung empedu), batu empedu dan Abdominal Aortic Aneurysm (AAA). 


Perlu adanya perhatian serius ketika Anda merasakan adanya rasa tidak nyaman pada perut Anda. Dokter akan mendiagnosa Anda, apakah Anda terinfeksi bakteri, maag atau apendix. 


Percaya atau tidak, bahwa dari usus yang sehat maka cara berfikir kita juga akan sehat. Hal ini yang kemudian akan memberikan dampak kesehatan jangka panjang bagi tumbuh Anda. 


Untuk mendapakan sistem pencernaan yang sehat, alangkah baiknya Anda agar mengatur pola makan Anda dengan benar. 


Jangan Terburu-buru Ketika Makan

Makan merupakan kebutuhan yang penting bagi semua makhluk hidup. Namun, cara yang tepat adalah makan dengan cara yang benar. Bagi yang beragama Islam, Nabi Muhammad Sallallahualaihiwassalam mencontohkan untuk makan dengan cara-cara yang baik seperti, makan dengan cara duduk, menggunakan tangan kanan. mengunyah makanan 33x, dan sebagainya. 


Cara makan yang di contohkan oleh Nabi Muhammad ini ternyata dapat menghindari kita kena maag. Cara mengunyah makanan sebanyak 33x juga menceah kita terkena gangguan sistem pencernaan lainnya. 


Mengonsumsi Yoghurt

Yoghurt memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kita. Kandungan yoghurt terdiri dari probiotik, vitamin dan mineral. Probiotik ini merupakan bakteri baik yang dikonsumi untuk membantu sistem pencernaan kita. 


Sebetulnya, secara normal bakteri baik sudah terdapat dalam sistem pencernaan manusia. Dengan mengonsumsi yoghurt diharapkan dapat membuat perubahan positif pada bakteri baik dalam usus. Alhasil, masalah seperti konstipasi, diare, radang usus, dan intoleransi terhadap laktosa bisa diatasi. 


Mencuci Tangan Sebelum Makan

Penyakit gangguan pencernaan sadar tidak sadar berasal dari apa yang kita makan. Bagi Anda yang sudah memiliki anak, alangkah baiknya untuk mengajarkan anak Anda bagaimana mencuci tangan yang baik. 


Gunakanlah sabun antibakteri yang sudah teruji secara laboratorium, salah satunya adalah sabun lifebuoy baik sabun batang ataupun cair. 

DONASI INFOLABMED Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain www.infolabmed.com. Terima kasih.

Contact Form

Name

Email *

Message *