-->
Menu

Menjawab Pertanyaan RK, Ridwan Kamil : ATLM teh apa? Apa bedanya dengan ATM

Saturday, October 3, 2020

Menjawab Pertanyaan RK, Ridwan Kamil : ATLM teh apa? Apa bedanya dengan ATM. Setelah persoalan diskriminasi tenaga kesehatan seperti yang di unggah oleh salah satu instansi pemerintah yang tidak menyamaratakan posisi tenaga kesehatan yang bertarung melawan COVID-19, kini pertanyaan yang di lontarkan oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil yang biasa di sapa RK ini membuat ATLM se-Indonesia bertanya-tanya, bagaimana bisa sekelas gubernur tanpa mencari tahu terlebih dulu arti ATLM dan menyandingkan dengan ATM.



Pertanyaan nyleneh oleh RK ini mendapat banyak tanggapan dari warganet yang khususnya adalah seorang ATLM baik yang sudah bekerja dan juga dari mahasiswa. Pertanyaan nyleneh  oleh RK ini ada pada postingan RK pada tanggal 02 Oktober 2020, yang mana postingan tersebut memperlihatkan proses flebotomi dalam menjawab akun @teluuur. 


Salah seorang ATLM menuliskan komentar demikian, "Kami ATLM menangis baca komen org2 ini..πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚itu namanya close system..jd tertutup..safe buat pasien jg petugas labnya...bnr bgt pak ridwan..namanya tabung vacutainer..jd tabungny vacum...ga pake buka tutup..jarumnya ada di 2 sisi...1 sisi utk kearah vena di tangan pasien..1 sisi kearah tabungny....sudah semaju dan secanggih ini lo lab qt..cm tyt masy byk yg blm tau..sm spt profesi kami yg mgk masy blm tau..petugas lab...ATLM...sehat selalu ya pak ridwan" yang ditulis oleh akun @septyan_cahyaningsih





Dari komentar tersebut, RK membalas dengan menanyakan ATLM itu apa? seperti yang terlihat dalam capture tertulis "ATLM teh apa? Apa bedanya dengan ATM." tulis RK. 

IMATELKI (Ikatan Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik) Merespon Pertanyaan Nyleneh Ridwan Kamil


Dari pantauan Kami, IMATELKI pusat dan juga pengurus diberbagai wilayah kompak merespon pertanyaan RK dengan memposting gambar perbedaan ATLM dan ATM dan juga memberikan pengetahuan singkat terkait,Siapa itu ATLM?




 [ATLM or ATM]

.

Ikan Hiu Makan Tomat

Belajar Bareng Yuk Sobat!

.

ATM (Automatic Teller Machine) merupakan sebuah alat elektronik yang melayani nasabah bank dalam mengambil uang dan mengecek rekening tabungan secara mandiri dalam dunia perbankan.

Sedangkan, ATLM (Ahli Teknologi Laboratorium Medik) adalah profesi kesehatan yang berkerja dalam ranah Laboratorium Kesehatan.

Menurut

- PERATURAN MENTERI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 42 TAHUN 2015 : Ahli Teknologi Laboratorium Medik adalah setiap orang yang telah lulus pendidikan Teknologi Laboratorium Medik atau analis kesehatan atau analis medis dan memiliki kompetensi melakukan analisis terhadap cairan dan jaringan tubuh manusia untuk menghasilkan informasi tentang kesehatan perseorangan dan masyarakat sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

- UU NO.36 TAHUN 2014 (TENAGA KESEHATAN PASAL 11 AYAT 12) : Jenis Tenaga Kesehatan yang termasuk dalam kelompok tenaga teknik biomedika sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf k terdiri atas radiografer, elektromedis, ahli teknologi laboratorium medik, fisikawan medik, radioterapis, dan ortotik prostetik.

.

Kata-nya memang tersusun dari huruf yang serupa namun artinya berbeda. Jadi, jangan keliru lagi ya!

.

#ATLMbukanATM

#ATLMprofesiBUKANproperti

#IMATELKIJAYA

#bersamalawancovid

Selain iitu, banyak juga rekan-rekan ATLM yang menyayangkan pertanyaan nyleneh yang dilakukan oleh pejabat publik seperti RK yang seorang gubernur. 


Respon PATELKI Jawa Barat Terkait Pertanyaan Nyleneh Ridwan Kamil


Sebagai organisasi profesi yang menaungi para ATLM yang ada di wilayahnya, ternyata PATELKI DPW Jawa Barat hanya sebatas memposting kebersamaan bersama RK. 


Postingan dari @patelkijabar ini memuat foto dan caption sebagai berikut ; 

Kami ATLM (Ahli Teknologi Laboratorium Medik) di seluruh Indonesia bangga menggunakan batik sebagai salah satu seragam resmi PATELKI.


Selamat Hari Batik Nasional 2020 "Menjadikan Batik Penanda Zaman dan Literasi Sejarah Bangsa"

#HariBatikNasional

#ATLMBanggaBerbatik

#BatikPATELKI

#atlm

#patelki

#patelkijabar

#satukatasejutaaksi



Menurut sebuah komentar, RK sudah mengklarifikasi pertanyaan nyleneh tersebut melalui perwakilan atas nama dr, Siska. 



Sampai saat ini, akun media sosial instagram RK dari semua awal mula ini terjadi belum menyatakan apapun terkait "pertanyaan nyeleneh" yang dilakukan oleh sang Gubernur. 


Sebagai masyarakat dan juga mengemban amanah dalam profesi dunia laboratorium medik, Infolabmed juga berkepentingan untuk menyuarakan hal ini supaya tidak terjadi lagi adanya pertanyaan nyeleneh yang dilakukan oleh pejabat publik baik itu Gubernur, Bupati, Walikota, dsb. 


Sampai detik ini, profesi ATLM memang belum banyak dikenal, infolabmed terus berupaya agar nama ATLM terdengar oleh semua orang dan berharap supaya tidak adanya kesenjangan di antara tenaga kesehatan, dan agar tidak adanya diskriminasi diantara tenaga kesehatan. 

DONASI INFOLABMED Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain www.infolabmed.com. Terima kasih.

Contact Form

Name

Email *

Message *