-->
Menu

Mengetahui Fungsi Dari Organ Ginjal

Saturday, October 24, 2020

Ginjal merupakan salah satu organ terpenting yang ada dalam tubuh manusia. Fungsi dari organ ginjal sangat menentukan salahsatunya mengatur keseimbangan cairan tubuh manusia. Selain itu, ginjal terdiri dari dua organ dengan bentuk seperti kacang dan masing-masing memiliki ukuran sebesar kepalan tangan. 

Mengetahui Fungsi Dari Organ Ginjal PFI Mega Life
Ilustrasi. (Foto : brilio.net)


Apakah kamu tahu dimana posisi ginjal? Ginjal ini berada bagian belakang dan tepat berada pada perut bagian bawah, tepatnya masing-masing di bagian kanan dan kiri tulang belakang. 

Bagaimana kinerja ginjal sebenarnya? Organ ginjal sangat berperan dalam penyeimbang cairang tubuh manusia selain itu ginjal dapat melakukan pekerjaan penting lainnya di dalam tubuh manusia. Perlu diketahui bahwa organ ini dapat menyaring sekitar 200 liter cairan tubuh setiap 24 jam.

Ginjal secara otomatis akan mengeluarkan sekitar dua liter cairan dari tubuh dalam yang sebagian besar dalam bentuk urine, selain itu juga seperti keringan, dan sebagainya. Sedangkan sisa cairan lainnya itu akan dikembalikan ke dalam tubuh. 

Cairan tubuh yang sudah di proses didalam tubuh, akan disimpan dalam sebuah penampung bernama kandung kemih. Proses penyimpanan tersebut biasanya antara 2-8 jam. 

FUNGSI GINJAL

Menurut Raimundus Chalik dalam bukunya Anatomi Fisiologi Manusia, fungsi ginjal diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Pengeluaran zat sisa organik. Ginjal mengeskresi urea, asam urat, kreatinin, dan produk penguraian hemoglobin dan hormon.
  2. Pengaturan konsentresi ion-ion penting. Ginjal mengekskresi ion natrium, kalium, kalsium, magnesium, sulfat, dan fosfat. Ekskresi in-ion ini seimbang dengan asupan dan ekskresinya melalui rute lain, seperti pada saluran gastrointestinal atau kulit.
  3. Pengaturan keseimbangan asam-basa tubuh. Ginjal mengendalikan ekskresi ion hidrogen (H+), bikarbonat (HCO3-), dan ammonium (NH4+) serta memproduksi urin asam atau basa, bergantung pada kebutuhan tubuh.
  4. Pengaturan produksi sel darah merah. Ginjal melepas eritropoietin,yang mengatur produksi sel darah merah dalam sumsum tulang.
  5. Pengaturan tekanan darah. Ginjal mengatur volume cairan yang esensial bagi pangaturan tekanan darah, dan juga memproduksi enzim renin. Renin adalah komponen penting dalam mekanisme renin-angiotensin-aldosteron, yang meningkatkan tekanan darah dan retensi air.
  6. Pengendalian terbatas terhadap konsentrasi glukosa darah dan asam amino darah. Ginjal, melalui ekskresi glukosa dan asam amino berlebih, bertanggung jawab atas konsentrasi nutrien dalam darah.
  7. Pengeluaran zat beracun. Ginjal mengeluarkan polutan, zat tambahan makanan, obatobatan, atau zat kimia asing lain dari tubuh.

Melihat fungsi ginjal yang begitu penting, ternyata ginjal yang dapat melakukan banyak fungsi penting tersebut dibekali organ-organ yang juga penting dalam menunjang kinerja ginjal. Organ penting yang menunjang kinerja ginjal tersebut, diantaranya adalah :

  • Nefron
  • Sel Ginjal
  • Tubulus Ginjal
  • Korteks Ginjal
  • Medula Ginjal
  • Pelvis Ginjal

Menurut Urology Care Foundation, fungsi ginjal dapat terganggu yang diakibatkan oleh berbagai faktor, baik itu faktor resiko ataupun genetika. Gangguan pada fungsi ginjal ini dapat mengakibatkan produk limbah yang tidak dibutuhkan oleh tubuh dari darah akan terus menumpuk di dalam tubuh. Sehingga, orang yang mengalami gangguan fungsi ginjal akan mengalami gangguan ginjal yang dikenal sebagai gagal ginjal

Bagi yang telah mengalami gangguan fungsi ginjal atau gagal ginjal ini, harus segera mendapatkan perawatan intesif yang tepat. Jika tidak segera mendapatkan perawatan, dampaknya bisa fatal bahkan sampai dengan menyebabkan kematian.

Lindungi Diri Dari Biaya Rawat Inap Akibat Gagal Ginjal

Saat ini biaya untuk perawatan gagal ginjal cukup mahal, jika mengalami gagal ginjal dokter akan menyarankan Anda untuk melakukan cuci darah. Proses penyembuhan inipun akan banyak menguras waktu dan tenaga. Minimal Anda dalam masa awal perawatan akan sering berkunjung ke pusat layanan kesehatan untuk mendapatkan tindakan cuci darah. 

Lindungi diri Anda dari biaya yang cukup mahal diakibatkan dari penyakit kronis seperti gagal ginjal dengan membuka rekening asuransi bersama PFI Mega Life

DONASI INFOLABMED Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain www.infolabmed.com. Terima kasih.

Contact Form

Name

Email *

Message *