-->
Menu

Pahlawan Di Benteng Terakhir Melawan Corona Virus

Saturday, April 18, 2020

Pahlawan Di Benteng Terakhir Melawan Corona Virus. Dalam sebuah tayangan berita salah satu televisi nasional, TV One dalam wawancara untuk mendengar secara langsung bagaimana pengorbanan para tenaga medis dengan tema 'Pahlawan Di Benteng Terakhir'

Pahlawan Benteng Terakhir ATLM Lab

Mengabdi untuk negeri dan juga menjalankan tugas yang sebagai relawan, Rabiatun Adawiyah tergerak hatinya untuk mendaftar sebagai relawan di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Kemayoran Jakarta Pusat. Beliau merupakan Ahli Teknologi Laboratorium Medik di  RS Subulussalam Aceh, bersama dengan rekan sejawat mendaftarkan diri sebagai relawan. 

Banyak rekan ATLM yang mendaftar sebagai relawan melalui informasi yang dibagikan oleh organisasi profesi yang menaungi ATLM yaitu PATELKI. PATELKI melalui pengurus pusat membuka rekan-rekan ATLM untuk membantu pemerintah dalam menuntaskan wabah virus corona ini. 

Sebelum bertugas para relawan akan di cek oleh BPSDM kemudian diberikan pembekalan. Beliau bertugas sudah 16 hari selama masa bekerja tersebut. Informasi tersebut beliau dapatkan dari PATELKI (Persatuan Ahli Teknologi Laboratorium Medik). 

Seseorang yang terpanggil harus mengisi formulir dari Organisasi Profesi PATELKI, kemudian jika setelah di setujui maka akan di panggil ke Rumah Sakit Rujukan Covid. Selama menjalani tugas, ATLM akan terpisah dengan keluarganya. Selama bertugas tersebut, mereka yang menjadi relawan tidak akan bisa untuk makan dan minum, untuk beribadahpun mereka melakukan tayamum. 

Beliau meninggalkan seorang putri yang saat ini berusia 3 tahun. Sebagai seorang ibu sebenarnya sangat berat bagi beliau. Beliau sempat di tahan oleh putrinya ketika akan berangkat ke Jakarta, karena tidak biasanya bekerja dan pergi membawa koper. 

Beliau merupakan salah satu orang yang terjun sebagai relawan untuk membantu pemerintah melawan penyebaran virus corona ini. Namun, percayalah masih banyak rekan-rekan di luar sana yang juga ikut berjuang dan membantu dalam menegakkan diagnosa dokter untuk melawan virus corona. 

Peran ATLM Dalam Membantu Menegakkan Diagnosa 

Swab nasofaring covid 19

ATLM atau Ahli Teknologi Laboratorium Medik merupakan profesi dalam bidang kesehatan yang bekerja di laboratorium klinik. Pekerjaan utamanya adalah menganalisa darah dan cairan tubuh manusia lainnnya seperti urin, feses, dll. 

Dalam pandemi global ini, ternyata ATLM juga mendapat tugas untuk membantu dokter dalam menganalisa apakah pasien tersebut dinyatakan positif SARS Cov-2 atau tidak. Jika ATLM ini selalu dikenal selalu berada di dalam ruangan dan menganalisa darah, tidak demikian bagi mereka yang harus maju di barisan depan dalam sebuah pemeriksaan massal. Mereka akan melakukan swab kepada semua orang, dan harus mengerjakan nya dalam waktu yang sangat singkat agar dokter dapat dengan cepat menentukan diagnosanya. 

Profesi ATLM inilah yang jarang terdengar, namanya saja sangat sulit di ucapkan. Namun, Kami lah yang mengidentifikasi apakah bapak, ibu, saudara handaytaulan sekalian dapat dinyatakan terinfeksi virus corona atau tidak. 





DONASI INFOLABMED Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain www.infolabmed.com. Terima kasih.

Contact Form

Name

Email *

Message *