Menu

Bagaimana Cara Mengecek Kurs Online Saat Ini

Monday, December 16, 2019

Pernah terfikir bagaimana cara mengecek kurs online saat ini dan dimana, karena bagi saya yang seorang TLM (Teknologi Laboratorium Medik) adakalanya kita ingin sekali melanjutkan kuliah di negara yang lebih bagus pendidikan tentang laboratorium mediknya. Setidaknya dengan mengetahui nilai mata uang negara lain kita dapat mengira-ngira berapa kebutuhan dan biaya yang harus dikeluarkan oleh kita kelak. 

Bagaimana Cara Mengecek Kurs Online Saat Ini
Ilustrasi. (foto : maringngerrang.com)

Negara Turki Tujuan Menempuh Pendidikan TLM Saya

Generasi milenial saat ini memiliki banyak cara untuk mendapatkan akese informasi dikarenakan kemuduhaan zaman ini yang sudah terhubung melalui internet. Informasi pendidikan TLM pun bisa didapat dengan mudah, mulai dari negara, universitas di luar negeri, serta fakultas TLMnya. 

Informasi nilai tukar setiap negara tujuan kita pun dapat dengan mudah kita cek kurs secara online. Sepertinya saya ingin sekali melanjutkan pendidikan TLM di Inonu University Turki. Saya belum tahu sama sekali bagaimana itu negara Turki dan kehidupannya disana. Dari berbagai informasi seputar pendidikan, memang saya mendapati bahwa pendidikan di Turki ini sangat murah sekali jika dibandingkan dengan negara kita. 

Di Univerisitas Inonu ini terdapat fakultas teknik Teknologi Laboratorium Medis. Biaya di universitas Inonu ini berkisar Rp. 1.150.000 s.d Rp. 2.600.000 / semester. Untuk pendidikan farmasi berkisar Rp. 6.700.000 dan kedokteran berkisar Rp. 12.000.000 s.d Rp. 16.000.000. Bagaimana? Sangat-sangat berbeda bukan dengan negara kita?

Biaya Hidup di Turki?


Dari weblog yang saya baca, Story of My Life yang beralamat di https://ikapipit.wordpress.com/ untuk sewa rumah dan apartemen yang paling murah di kota besar adalah 800 Lira atau dalam kurs rupiah yaitu Rp. 2.400.000. Di beberapa kota lain akan berbeda-beda tergantung dengan kepadatan dan jumlah penduduk disana. Selain itu, semakin ke daerah pinggiran juga akan semakin murah saja. Bahkan di daerah timur lagi ada yang berkisar Rp. 600.000. 

Selain tempat tinggal, prioritas utama adalah kebutuhan pokok sehari-hari di sana. Bahan penting yang wajib kita tahu seperti beras mulai dari 4 lira/kg atau Rp. 12.000, roti 1 Lira atau Rp. 3.000, kentang 1-4 Lira/kg atau Rp. 3.000-Rp. 12.000, dsb. Namun, di Turki unuk BBM sangat mahal karena di sana, untuk BBM masih impor katanya, dimana harga untuk 1 liter BBM adalah 6.5 Lira atau sama dengan Rp. 18.000/liter. 

Pada tahun 2015 yang lalu, ada rekan-rekan TLM lulusan dari Politeknik Kesehatan Bandung yang melanjutkan pendidikan ke negara Belanda. Mereka berangkat dengan beasiswa LPDP. Bagi rekan yang ingin melanjutkan pendidikan TLM yang murah bisa mengikuti proses selesksi beasiswa. 

Selain beasiswa bisa juga memilih alternatif pendidikan murah, seperti pendidikan TLM di Turki. Atau rekan-rekan memiliki informasi di negara mana yang menyelenggarakan pendidikan TLM yang murah. Setahu saya pendidikan TLM di negara kita untuk lulusan D3 TLM biayanya sudah sangat mahal. Biaya pendidikan D3 TLM berkisar Rp. 7.500.000 - Rp. 8.000.000 / Semester. Belum termasuk uang bangunan, uang lain-lain. Biaya pendidikan TLM bisa dikatakan masih sangat terjangkau jika dibandingkan dengan pendidikan Kebidanan atau Keperawatan.

Untuk memudahkan cara menghitung kurs online saat ini, diperlukan Kalkulator Mata Uang Asing yang dengan mudah pengoperasiannya, Saya sarankan menggunakan Forexrate dari MayBank. 

Demikian artikel Bagaimana Cara Mengecek Kurs Online Saat ini, semoga dapat memberikan wawasan bagi rekan-rekan yang akan menlanjutkan pendidikan Teknologi Laboratorium Medik di berbagai negara tujuan yang rekan-rekan inginkan. 
DONASI INFOLABMED Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain www.infolabmed.com. Terima kasih.

Contact Form

Name

Email *

Message *