Menu

Tugu Pahlawan Surabaya Salah Satu Tempat Wisata Sejarah Yang Wajib Di Kunjungi

Thursday, October 31, 2019

Tugu pahlawan Surabaya saat ini merupakan tempat objek wisata sejarah untuk mengenang jasa-jasa pahlawan kemerdekaan. Tugu Pahlawan Surabaya ini berada di kawasan “kota lama”, lebih tepatnya berada di Jl. Pahlawan, kelurahan Alun-alun Contong, Kecamatan Bubutan, Surabaya, Jawa Timur. 
Tugu pahlawan Surabaya

Bagi rekan-rekan ATLM yang menyempatkan ikut seminar PATELKI di Surabaya, alangkah baiknya mendatangi tempat bersejarah ini. Tugu pahlawan ini setiap hari minggu yang bertepatan dengan Car Free Day banyak sekali penjual dan pertunjukan kesenian. 

Selain menikmati suasana romantis Surabaya, di area Tugu Pahlawan Surabaya juga terdapat museum sejarah. Didalam Museum Sejarah tersebut dipajang berbagai peninggalan-peninggalan perang kemerdekaan, gambar/foto perjuangan, vidio, dll. Jadi, selain temen-temen mendapatkan informasi perkembangan ATLM juga mendapatkan informasi sejarah di kota pahlawan ini. 

Kilas Balik Tugu Pahlawan Surabaya

Temen-temen tahu tidak, kenapa Tugu tersebut dinamakan Tugu Pahlawan? Dari semua monumen yang dibangun oleh manusia, tentunya memiliki arti. Begitu juga dengan Tugu Pahlawan Surabaya ini. Keberadaannya merupakan penghormatan kepada jasa para pahlawan yang telah rela mengorbankan harta dan nyawanya untuk mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia ini. 

Selain itu tanggal 10 November bangsa Indonesia merupakan hari pahlawan. Dimana bangsa ini tidak akan mudah begitu saja melupakan betapa heroiknya perjuangan para pejuang dahulu untuk mempertahankan negara Republik Indonesia. 

Kejadian heroik itu, dimulai pada tanggal 10 November 1945. Yang mana Ir. Soekarno bulan sebelumnya baru saja membacakan prolamasi kemerdekaan, namun di Surabaya, lebih tepatnya di Hotel Yamato itulah, Bendera Belanda dikibarkan yang memicu amarah arek-arek Surabaya. 

Jelas saja, hal ini merupakan pelecehan kepada bangsa Indonesia yang baru merdeka kala itu. Bendera negara yang telah merampas kebebasan bangsa Indonesia dan yang tidak sudi melihat Indonesia berdiri sendiri. Negara-negara kapitalis yang ingin terus menguasai Indonesia itu bersatu memberikan tekanan kepada bangsa Indonesia.

Setelah kejadian perobekan bendera, kemudian memuncak dengan sebuah pertempuran hebat antara bangsa Indonesia dengan pihak Inggris. Pertempuran ini konon dikarenakan kesalahpahaman yang mengakibatkan terbunuhnya Jendral AWS Mallaby. Akhirnya negara Inggris itupun murka kepada bangsa Indonesia, sehingga pihak Inggris melalui Mayor Jenderal Eric Carden Mansergh mengeluarkan sebuah ultimatum pada tanggal 10 November 1945. Isinya adalah supaya rakyat Indonesia menyerahkan senjata dan diri dengan kedua tangan di atas. 

Bangsa ini, yang baru merdeka. Yang belum memiliki komando yang terstruktur berani menolak ultimatum yang di berikan oleh pihak Inggris. Itulah kehebatan arek-arek Surabaya kala itu. 

Akibatnya arek-arek Surabaya itu mendapatkan serangan besar-besaran dari pihak Inggris yang mengerahkan pasukan bersenjata lengkap. Mereka mengerahkan sekitar 30.000 pasukan yang terdiri dari pasukan darat, laut dan udaraha. Apakah rakyat Surabaya gentar? Tidak. Rakyat Surabaya yang bermodalkan bambu runcing, semangat perjuangannya terbakar, berkobar-kobar lagi untuk mempertahankan keutuhan negara Republik ini. 

Dari pertempuran itulah banyak korban yang berguguran. Untuk mengenang para pahlawan itu, pemerintah menghormati kegigihan para pahlawan dengan dibangunnya sebuah monumen yaitu Tugu Pahlawan Surabaya yang sering kita lihat hari ini. 

Bagi temen-temen yang ingin melancong ke Surabaya, tidak ada salahnya untuk mencoba mengunjungi Tugu Pahlawan Surabaya. Tidak perlu untuk repot-repot mencari penginapan atau hotel yang nyaman di Surabaya. Semua infrastruktur untuk mendukung pariwisata sudah tertata dengan baik. Alternatif pilihan hotel ada BATIQA Hotel Surabaya, temen-temen dapat memilih BATIQA Hotel Surabaya menjadi pilihan saat mengunjungi Surabaya. Lokasi BATIQA Hotel Surabaya berada di Jl. Darmokali No.60, Surabaya, berdekatan dengan Taman Bungkul dan Kebun Binatang Surabaya.
DONASI INFOLABMED Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain www.infolabmed.com. Terima kasih.

Contact Form

Name

Email *

Message *