Menu

Pinjaman Modal Usaha Untuk Memulai Bisnis Laboratorium Klinik

Friday, October 4, 2019

Pinjaman modal usaha untuk memulai sebuah bisnis dalam pelayanan kesehatan terutama pada usaha penyedia layanan laboratorium klinik apakah bisa? Tentu saja bisa, bahkan saat ini banyak sekali vendor-vendor yang menyediakan jual alat kesehatan dalam bentuk berbagai paket untuk memulai usaha laboratorium klinik. 
Pinjaman Modal Usaha Untuk Memulai Bisnis Laboratorium Klinik
Ilustrasi. (Foto : http://solusibiaya.com)

Laboratorium klinik saat ini menjadi usaha yang dapat dikatakan sebagai usaha yang sangat menjanjikan, bahkan saat ini dokter praktik sekalipun memiliki laboratorium klinik sendiri sehingga tidak dirujuk ke laboratorium klinik lain. Bagaimana cara memulai usaha dibidang pelayanan kesehatan, terutama pelayanan laboratorium klinik?

Modal Awal Yang Sangat Besar

Untuk memulai usaha dibidang laboratorium klinik bagi sebagian orang dan jika dilakukan secara individu memang sangat berat untuk dilakukan. Dikarenakan, modal awal untuk membuka sebuah laboratorium sangatlah besar. Modal awal ini digunakan untuk perizinan, perlengkapan atau instrumen laboratorium, dan design yang harus terstandar minimal sesuai Good Laboratory Practice.

Perizinan Yang Sangat Rumit

Tidak seperti membuka toko klontong, membuka usaha laboratorium klinik harus mendapat izin yang lengkap. Tidak hanya izin dari dinas kesehatan, izin dari dinas perdagangan, selain itu harus mendapat izin dari dinas lingkungan hidup. Dinas Lingkungan Hidup yang memantau dan mengontrol limbah medis, apakah limbahnya dikelola dengan baik atau tidak.

Limbah medis ini sangat berbahaya bagi lingkungan. Limbah medis merupakan bahan-bahan inveksius yang jika dibuang dengan cara-cara yang tidak benar, maka lingkungan sekitar laboratorium klinik akan ikut tercemar oleh limbah tersebut. Pencemaran tersebut dapat berupa penyakit virus inveksius seperti hepatitis, HIV, dan atau penyakit-penyakit lain yang membahayakan kesehatan seseorang.

Siap Untuk Gagal atau Bangkrut

Loh, kenapa Siap Untuk Gagal atau Bangkrut? bukankah memulai suatu bisnis harus untung. Perhitungan kami, kembali modal untuk memulai usaha laboratorium klinik biasanya selama 5 tahun, dengan catatan bisnis laboratorium ini berjalan sesuai dengan rencana. Namun, kami menyarankan sebelum membuka usaha laboratorium klinik Anda harus memastikan Dana yang Anda miliki lebih dari cukup, bukan sekedar belanja modal saja.

Selain itu, relasi dengan berbagai tenaga kesehatan harus di jalin sebelum Anda membuka laboratorium klinik. Dokter praktik, Bidan praktik dan Perawat praktik merupakan relasi/rekanan yang wajib anda miliki sebelum Anda membuka sebuah layanan laboratorium klinik. Dari merekalah pasien yang Anda periksa datang. Jika laboratorium baru, kemungkinan kecil pasien akan datang kepada Anda, maka daripada itu rekanan sangat penting di awal-awal sebuah usaha.

Belanja yang paling besar bagi usaha laboratorium adalah gaji karyawan. Sebuah laboratorium klinik harus memiliki minimal dokter umum sebagai penanggung jawab. Selain itu, biasanya membutuhkan dua tenaga ATLM (Analis Kesehatan), dan 1 perawat untuk tindakan flebotomi dan pendaftaran.

Pinjaman Usaha Untuk Memulai

Berhati-hatilah dalam menghimpun dana untuk memulai usaha Anda. Saat ini banyak sekali usaha-usaha dalam memberikan dana secara mudah, ingat jangan sampai terjebak. Carilah badan usaha yang sudah terpercaya dan kompeten dalam memberikan pinjaman usaha dan sudah berpuluh tahun melakukan usaha tersebut. Dan yang paling penting adalah badan tersebut sudah diakui oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Bank HSBC menawarkan kemudahan Fasilitas Modal kerja (Working Capital Facility), pinjaman jangka pendek untuk mendukung keperluan modal kerja dalam aktivitas sehari - hari dari suatu perusahaan. Dimana penggunaan modal kerja ini biasa diberikan dalam jangka waktu pendek (tidak lebih dari 1 tahun).

Demikian artikel Pinjaman Usaha Untuk Memulai Bisnis Laboratorium Klinik ini kami buat, semoga menjadi bahan acuan untuk Anda dalam membuka sebuah laboratorium klinik. Persaingan ketat usaha ini Anda harus bekerja keras dan lebih giat dari siapapun jika Laboratorium Klinik Anda ingin banyak dikunjungi oleh pasien.

DONASI INFOLABMED Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain www.infolabmed.com. Terima kasih.

Contact Form

Name

Email *

Message *