Erythrocyte Sedimentation Rate (Laju Sedimentasi) [LED, Laju Endap Darah]

Tingkat sedimentasi adalah tes darah umum yang digunakan untuk mendeteksi dan memantau peradangan dalam tubuh. Laju sedimentasi juga disebut erythrocyte sedimentation rate (di Indonesia biasa disebut "Laju Endap Darah" atau disingkat, LED) karena ini merupakan ukuran sel darah merah (eritrosit) yang mengendap dalam sebuah tabung selama periode waktu tertentu. Laju sedimentasi sering disingkat "sed rate" atau ESR. Meskipun tes ini mengukur keadaan umum peradangan, pemeriksaan ini tidak spesifik apa yang menyebabkan peradangan. Pemeriksaan ESR ini meningkat pada penyakit peradangan, termasuk radang sendi serta pada penyakit autoimun seperti lupus. Selain itu, pemeriksaan ini juga dapat meningkat karena kondisi lain seperti kanker tertentu dan penyakit Grave.
Erythrocyte Sedimentation Rate,erythrocyte sedimentation rate adalah,erythrocyte sedimentation rate pdf,erythrocyte sedimentation rate normal range,erythrocyte sedimentation rate tinggi,erythrocyte sedimentation rate (esr),erythrocyte sedimentation rate low,erythrocyte sedimentation rate test,erythrocyte sedimentation rate in hindi,erythrocyte sedimentation rate 25,erythrocyte sedimentation rate levels,erythrocyte sedimentation rate in arabic,erythrocyte sedimentation rate meaning in telugu,erythrocyte sedimentation rate meaning in tamil,erythrocyte sedimentation rate procedure,erythrocyte sedimentation rate automated,erythrocyte sedimentation rate principle,erythrocyte sedimentation rate 30,erythrocyte sedimentation rate in tamil,erythrocyte sedimentation rate 40,erythrocyte sedimentation rate 35,erythrocyte sedimentation rate and c-reactive protein,erythrocyte sedimentation rate auto,erythrocyte sedimentation rate arthritis,erythrocyte sedimentation rate analyzer,erythrocyte sedimentation rate abnormal,erythrocyte sedimentation rate anemia,erythrocyte sedimentation rate ati,erythrocyte sedimentation rate above range,erythrocyte sedimentation rate and lupus,erythrocyte sedimentation rate automated 85652 cpt(r),erythrocyte sedimentation rate and cancer,erythrocyte sedimentation rate apparatus,erythrocyte sedimentation rate and fibrinogen,erythrocyte sedimentation rate arabic,erythrocyte sedimentation rate age,erythrocyte sedimentation rate and ms,erythrocyte sedimentation rate article,erythrocyte sedimentation rate and fibromyalgia
Erythrocyte Sedimentation Rate Laju Sedimentasi 

Mengapa laju sedimentasi dilakukan?

Tingkat sedimentasi darah diuji untuk mendeteksi peradangan dalam tubuh. Dapat juga digunakan untuk mengikuti perkembangan suatu penyakit.

Dokter Spesialis apa yang meminta pemeriksaan laju sedimentasi?

Semua dokter spesialis dapat melakukan permintaan untuk tes darah sederhana ini sambil mengevaluasi gejala untuk menentukan apakah ada peradangan dalam tubuh.

Bagaimana laju sedimentasi dilakukan?

Laju sedimentasi dilakukan dengan mengukur laju sel darah merah (RBC, red blood cell) menetap di tabung khusus untuk melakukan pengujian laju sedimentasi. Sel darah merah menjadi sedimen di bagian bawah tabung uji jika di diamkan dalam beberapa waktu, sel darah merah akan terlihat terpisah dengan plasma darah terlihat di atas. Tingkat sedimentasi klasik adalah seberapa jauh bagian atas lapisan RBC telah mengendap (dalam milimeter) dalam satu jam. Tingkat sedimentasi akan lebih tinggi dengan adanya peningkatan peradangan.

Berapa kisaran normal untuk laju sedimentasi?

Tingkat sedimentasi normal (metode Westergren) untuk laki-laki adalah 0-15 milimeter per jam, perempuan 0-20 milimeter per jam. Tingkat sedimentasi biasanya sedikit lebih tinggi pada lansia. (Sumber : Cedarmed)

Dapatkan buku "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Ahli Teknologi Laboratorium Medik". Disusun oleh Gilang Nugraha, S.Si., M.Si, dkk. Pembelian Buku / Order via WA https://wa.me/6285862486502. Info selengkapnya tentang buku bisa dilihat disini : JUAL BUKU "Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik Untuk Mahasiswa Ahli Teknologi Laboratorium Medik" torium Medik"
PENTING : Terimakasih sudah berkunjung ke website infolabmed.com. Jika Anda mengutip dan atau mengambil keseluruhan artikel dalam websit ini, mohon untuk selalu mencantumkan sumber pada tulisan / artikel yang telah Anda buat. Kerjasama/media partner : laboratorium.medik@gmail.com.

DONASI VIA DANA ke 085862486502 Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi Anda ini akan digunakan untuk memperpanjang domain www.infolabmed.com. Donasi klik Love atau dapat secara langsung via Dana melalui : 085862486502. Terima kasih.