Total Pageviews

Check Page Rank

Apakah Perlu Pemantauan Penetapan Kadar Hemoglobin di Rumah

Posted by On 8:36 AM



Point of Care Testing (POCT) atau disebut juga Bedside Test didefinisikan sebagai pemeriksaan kesehatan yang dilakukan di dekat atau di samping tempat tidur pasien. POCT merupakan pemeriksaan sederhana dengan menggunakan sampel dalam jumlah sedikit dan dapat dilakukan di samping tempat tidur pasien.

Instrumen POCT didesain portable (mudah di bawa kemana-mana) serta mudah dioperasikan. Tujuannya adalah untuk mempermudah pengambilan sampel (karena hanya membutuhkan sampel yang sedikit) dan memperoleh hasil pada periode waktu yang sangat cepat atau dekat dengan lokasi sehingga perencanaan pengobatan dapat dilakukan sesuai kebutuhan sebelum pasien pergi. Lebih murah, lebih cepat, lebih kecil dan lebih "pintar" itulah sifat yang ditempelkan pada alat POCT sehingga penggunaannya meningkat dan menyebabkan cost effective untuk beberapa penyakit seperti kadar gula darah, HbA1c, gas darah, kadar elektrolit, marker jantung, marker sepsis, urine dipstik, koagulasi (PT / INR),  Hemoglobin darah, tes kehamilan dan ovulasi. 



Keuntungan penggunaan POCT yang utama adalah kecepatan. Meskipun POCT di rumah sudah banyak digunakan, 70 % POCT terletak di rumah sakit, ruang praktek dokter, dan lokasi lain-lain, dan segmen ini diperkirakan akan bertumbuh sekitar 15,5 % per tahun, terutama untuk penggunaan di rumah.

Anemia adalah suatu kondisi dimana konsentrasi hemoglobin (Hb) dalam darahkurang dari nilai rujukkan yang sudah ditetapkan (pria: 13,5 sampai 16,5 g / dL; wanita: 12 sampai 15 g / dL; anak-anak: 11 sampai 16 g / dL; dan Wanita hamil : 11 sampai 12 g / dL), sehingga kapasitas sel darah merah membawa oksigen menajdi berkurang.

Konsentrasi hemoglobin adalah parameter yang paling sering digunakan untuk mendeteksi anemia, yang biasanya ditentukan oleh hemoglobinometer portabel,  seperti analisis hematologi multi-parameter Cell-Dyn 1200 System (Abbott Laboratories, Santa Clara, CA), HemoCue B-Hemoglobin Photometer (HemoCue, Inc ., Potomac, MD), dan Sistem Uji Hemoglobin ITC Hgb Pro Professional (International Technidyne Corp., Edison, NJ).

Beberapa keuntungan dari pemantau hemoglobin ini adalah kesederhanaan dan kecepatan dalam mengukur Hb, hanya membutuhkan satu tetes darah yang dikumpulkan dalam cuvette khusus. Namun demikian alat seperti alat pengukuran Hb sering digunakan di lingkungan klinisi tapi untuk penggunaan di rumah belum dilakukan penelitian. 

Berbagai study sudah dilakukan seperti di kutip dari Aetna, Singkatnya, tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa pemantauan diri terhadap Hb akan menghasilkan hasil kesehatan yang lebih baik pada orang dengan anemia kronis.

Baca juga :
PENTING : Terimakasih sudah berkunjung ke website Kami. Untuk yang mengambil artikel dari website Kami, dimohon untuk mencantumkan sumber pada tulisan / artikel yang Anda muat. Terimakasih atas kunjungannya.

Sumber :
  1. Aetna. (2017). Home Hemoglobin Testing Devices. [online]. Tersedia ; http://www.aetna.com/cpb/medical/data/800_899/0824.html. (01 Juni 2017. 
  2. Patologi Klinikku. (2017). Penetapan Kadar Hemoglobin. [Online). Tersedia ; http://patologiklinikku.blogspot.co.id/2008/05/penetapan-kadar-hemoglobin.html. (1 Juni 2017). 
  3. MedLab Tech Unite Blog. (2017). Point of Care Testing (POCT) - Kimia Darah. [Online]. Tersedia ; http://mltunite.blogspot.co.id/2013/12/point-of-care-testing-poct-kimia-darah.html. (1 Juni 2017). 
  4. About Laboratorium Kesehatan. (2017). Peran POCT Dalam Kegawatdaruratan. [Online]. Tersedia ; https://aboutlabkes.wordpress.com/2013/05/03/peran-poct-dalam-kegawatdaruratan/. (1 Juni 2017)




Next
« Prev Post
Previous
Next Post »