Total Pageviews

Check Page Rank

Pemeriksaan Trigliserid (Serum) [GPO-PAP (Gliseril Phospo Para Amino Phenazone)]

Posted by On 8:21 AM


Trigliserida (atau lebih tepatnya triasilgliserol atau triasilgliserida) adalah sebuah gliserida, yaitu ester dari gliserol dan tiga asam lemak.  Trigliserida merupakan penyusun utama minyak nabati dan lemak hewani. (Wikipedia, 2017).

Trigliserida juga yaitu salah satu jenis lemak yang dibawa dalam aliran darah dan juga merupakan zat yang disimpan di dalam jaringan sebagai hasil dari konversi sebagian besar jenis lemak di dalam tubuh. Trigliserida yang ada dalam darah manusia tidak hanya berasal dari makanan dan minuman yang dikonsumsi, melainkan juga dari hasil produksi yang dilakukan sendiri oleh tubuh sebagai sumber energi.


Trigliserida merupakan hasil konversi kalori tidak terpakai dan disimpan untuk menyediakan cadangan energi bagi tubuh. Hal tersebut menyebabkan seseorang yang sering mengonsumsi kalori melebihi jumlah yang yang dibutuhkan oleh tubuhnya, akan beresiko memiliki kadar trigliserida tinggi.

Semakin tinggi kadar trigliserida, maka risiko kita untuk terkena penyakit jantung dan sindrom metabolik yang juga berhubungan dengan stroke. Kadar trigliserida dalam tubuh bisa diketahui melalui tes darah. Berikut ini adalah parameter kadar trigliserida yang bisa digunakan sebagai acuan kesehatan. (Alodokter, 2017).

Metode    : GPO-PAP (Gliseril Phospo Para Amino Phenazone).
Prinsip  
Trigliserida dengan adanya enzim lipoprotein lipase (LPL) diubah menjadi gliserol dan asam lemak bebas. Gliserol yang terbentuk direaksikan dengan ATP dan bantuan enzim glisero kinase menjadi gliserol-3-fosfat dan ADP. Gliserol-3-fosfat dioksidasi dengan bantuan gliserol fosfat oksidase menjadi dihidroksi aseton fosfat dan hidrogen peroksida. Hidrogen peroksida yang terbentuk mengoksidasi klorophenol dan 4-amino antipirin dengan bantuan enzim peroksidase membentuk quinoneimine yang berwarna merah muda
Tujuan     
Untuk mengetahui kadar trigliserid dalam darah.
Alat dan Bahan
  1. Tabung reaksi
  2. Mikropipet
  3. Blue dan yellow tip
  4. Reagen trigliserid
  5. Sampel serum

Prosedur
  1. Menyiapkan alat dan bahan yang akan digunakan.
  2. Sampel darah dibekukan terlebih dahulu selama 15-30 menit.
  3. Sampel darah yang sudah beku disentrifuge dengan kecepatan 3000 rpm selama 5 menit sampai diperoleh serum.
  4. Serum yang sudah terpisah dapat digunakan sebagai sampel pemeriksaan.
  5. Memipet serum kedalam tabung reaksi.


Blanko
Standart
Sampel
Standart

10 µL

Serum


10 µL
Reagen Kerja
1000 µL
1000 µL
1000 µL

    6.    Dihomogenkan, inkubasi selama 10 menit.
    7.    Dibaca pada panjang gelombang 500 nm.
Interpretasi Hasil

Pemeriksaan
Normal
Laki-laki
< 160 mg/dL
Perempuan
< 140 mg/dL
PENTING : Terimakasih sudah berkunjung ke website Kami. Untuk yang mengambil artikel dari website Kami, dimohon untuk mencantumkan sumber pada tulisan / artikel yang Anda muat. Terimakasih atas kunjungannya.


Next
« Prev Post
Previous
Next Post »