Total Pageviews

Check Page Rank

Pemeriksaan Kadar HDL (Serum) - Seri Edukasi Teknologi Laboratorium Medik

Posted by On 7:07 AM


Lemak memerlukan mekanisme pengangkutan agar dapat bersiRkulasi di dalam darah. Asam lemak bebas berikatan dengan albumin didalam darah dan hanya terdapat dalam jumlah yang sangat kecil. Komponen utama lemak yang terdapat di dalam darah antara lain kolesterol.



HDL kolesterol singkatan dari high density lipoprotein cholesterol atau kolesterol lipoprotein berkepadatan rendah, juga dikenal sebagai kolesterol baik. Peranan kolesterol HDL adalah membawa kembali kolesterol buruk ke organ hati untuk pemrosesan lebih lanjut. Orang-orang dengan kadar tinggi dari tipe kolesterol ini hanya sebagian yang terlindung dari penyakit jantung. Tentu saja, seseorang yang mempunyai kadar kolesterol HDL dalam kategori sangat baik masih beresiko terkena penyakit jantung. Sebagian cenderung mempunyai beberapa faktor resiko lainnya, seperti tekanan darah tinggi, diabetes dan kebiasaan merokok.

Kadar minimal HDL dalam darah adalah ≥ 35 mg/dl dan umumnya kadar normal HDL yang ada pada tubuh wanita lebih banyak dibandingkan dalam tubuh laki – laki. Semakin tinggi kadar HDL dalam darah artinya semakin baik untuk kesehatan kita,

Prosedur kerja
Metode : Pengendapan dan penentuan HDL kolesterol dengan kolesterol kit.
Prinsip :
Kilomikron, VLDL, dan LDL diendapkan dengan penambahan larutan asam fosfotungstat dan magnesium klorida. Setelah proses sentrifugasi, cairan supernatan mengandung fraksi HDL.

1.  Proses pengendapan / presipitasi (metode makro)


Pipet ke Dalam Tabung Reaksi
Makro  (ul)
Reagen presipitasi
1000
Sampel
100
Campur dengan vorteks (bila ada) hingga tercampur sempurna lalu inkubasi pada suhu ruangan selama 10 menit. Sentrifugasi selama 10 menit dengan  kecepatan 4000 rpm.. segera pisahkan supernatan dari endapan .

2.  Proses penentuan

Pipet ke Dalam  Tabung Reaksi
Blanko (ul)
Sampel (ul)
Supernatan
-
100
Akuabides
100
-
Larutan  pereaksi
1000
1000
Campur dan inkubasi selama 10 menit. Baca dengan forometer  4010 dengan panjang gelombang 546 (program A dan faktor 0).

Interprestasi hasil :
Perhitungan : Absorban sampel × 318(f) =…mg/dl
Nilai normal : 33 – 55  mg/dl

 Baca juga :
 
PENTING : Terimakasih sudah berkunjung ke website Kami. Untuk yang mengambil artikel dari website Kami, dimohon untuk mencantumkan sumber pada tulisan / artikel yang Anda muat. Terimakasih atas kunjungannya.

Sumber :
  1. Kimia Klinik. (2013). HDL kolesterol. Hal : 102 – 103 . Jakarta : Buku Kedokteran





Next
« Prev Post
Previous
Next Post »