Total Pageviews

Check Page Rank

Pemeriksaan Gula Darah (Serum) [Metode Glukosa oksidase/peroksidase (GOD-PAP)] - Seri Edukasi Teknologi Laboratorium Medik

Posted by On 2:06 AM



Kadar glukosa darah  adalah  jumlah glukosa (gula) dalam darah. Kadar glukosa darah juga sering disebut sebagai kadar glukosa plasma. Kadar glukosa darah dinyatakan dalam ukuran milimol per liter (mmol/l), ini merupakan satuan standar internasional. Sedangkan di Indonesia kita lebih sering menggunakan satuan miligram per desiliter (mg/dl).



Umumnya kadar glukosa darah berada kisaran 4 sampai 8 mmol/l (72 sampai 144 mg/dl), namun biasanya akan lebih tinggi setelah makan dan mencapai titik terendah di saat pagi hari. Pada penyakit diabetes, kadar glukosa darah naik secara signifikan sehingga membutuhkan perawatan.

Pada diabetes tipe 1, komplikasi-komplikasi dapat muncul dalam waktu 10 hingga 15 tahun sejak didiagnosis. Sedangkan pada diabetes tipe 2, komplikasi-komplikasi ini sering muncul setelah 10 tahun sejak didiagnosis, karena jenis diabetes yang satu ini sering telah muncul bertahun-tahun sebelum disadari.

Prosedur Kerja
Metode : Glukosa oksidase/peroksidase (GOD-PAP)
Prinsip :
Glukosa dioksidasi (GOD) menjadi D-glukonat oleh glukosa oksidase bersama dengan hydrogen peroksidase. Adanya peroksidase, campuran fenol, dan 4-aminoantipirin akan dioksidasi oleh hydrogen peroksidase menghasilkan warna merah quinoneimina yang sebanding dengan konsentrasi glukosa dalam sample.

Prosedur Analitik


Pipet ke Dalam 3 Tabung Reaksi
Blanko
(ul)
Standar
(ul)
Sampel
(ul)
Reageb glukosa
1000
1000
1000
Reagen standar (100 mg/dl)
-
10
-
Sampel
-
-
10
Inkubasi selama 10 menit pada suhu 37 derajat Celcius. Baca spektrofotometer 4010 dengan  di baca 546 dan faktor 406

Perhitungan :
Rumus pemeriksaan glukosa darah :
Absorban sampel : Absorban standar × Konsentrasi  (100)

Interprestasi hasil
  • Glukosa puasa : <126 mg/dl
  • Glukosa 2 jam PP : 200 mg/dl
  • Glukosa sewaktu : 200 mg/dl
 Baca juga :
 PENTING : Terimakasih sudah berkunjung ke website Kami. Untuk yang mengambil artikel dari website Kami, dimohon untuk mencantumkan sumber pada tulisan / artikel yang Anda muat. Terimakasih atas kunjungannya.

Sumber :
  1. Kimia Klinik. (2013). Glukosa darah. Hal : 95-96. Jakarta : Buku Kedokteran
Kontributor Artikel




Next
« Prev Post
Previous
Next Post »