Total Pageviews

Check Page Rank

Bentuk Genetik Langka Penyebab Obesitas Banyak dan Beragam

Posted by On 5:20 PM



Sebuah penelitian baru yang dipimpin oleh peneliti dari McMaster University telah menunjukkan bahwa, sementara ini relatif  sedikit terjadi pada populasi umum, ada sejumlah besar yang bervariasi, sindrom genetik dapat berhubungan dengan obesitas. 

Pembahasan sebelumnya, pada obesitas telah dilaporkan terdapat 20 sampai 30 sindrom, tetapi dalam tinjauan sistematis pertama pada sindrom obesitas, peneliti dari McMaster dan University of British Columbia memiliki 79 katalog sindrom dengan obesitas yang telah dijelaskan dalam literatur.


Penelitian ini dipublikasikan dalam Review Obesitas dan dipimpin oleh David Meyre, seorang profesor dari Departemen Kesehatan Metode Penelitian, Bukti, dan Dampak dengan Michael G. DeGroote School of Medicine.

“Bentuk genetik langka pada obesitas dengan banyak fitur klinis tambahan, seperti cacat intelektual, kelainan wajah dan organ-spesifik, memang ada,” kata Meyre, penulis makalah senior dari yang menduduki Canada Research Chair in Genetika of Obesity.

“Sindrom ini, meskipun secara individual jarang, jauh lebih banyak dan beragam daripada yang diantisipasi,” tambah Yuvreet Kaur, penulis pertama studi dan baru lulus dari Program Biologi McMaster Sarjana Ilmu Honors.

Obesitas adalah masalah kesehatan yang serius terjadi di Amerika Utara, peningkatanterjadi secara dramatis pada tiga dekade terakhir. Pada tahun 2014, 20,2 persen warga Kanada yang berusia 18 dan orang tua, sekitar 5,3 juta orang dewasa, banyak yang dilaporkan dan berat badan yang diklasifikasikan sebagai obesitas, menurut Badan Statistik Kanada. Komplikasi yang terkait dengan obesitas termasuk peningkatan risiko diabetes tipe 2, masalah kesehatan mental, osteoarthritis, penyakit kandung empedu, hipertensi, fatty liver, penyakit jantung koroner, dan bentuk-bentuk tertentu dari kanker.

Pada pencarian tujuh database tersebut dan analisis dari 161 makalah, Meyre dan rekan-rekannya menemukan bahwa 79 sindrom obesitas telah dilaporkan sebelumnya. Dari 79 sindrom, 19 genetik telah dipecahkan, ke titik di mana tes laboratorium bisa mengkonfirmasi kecurigaan dokter. Lain lagi dengan 11 bagian yang telah diklarifikasi, dan 27 telah dipetakan ke dalam daerah kromosom. Untuk 22 sindrom yang tersisa, baik gen (s) maupun lokasi kromosom (s) belum teridentifikasi.

Meyre mengatakan kolaborasi nasional dan internasional diperlukan untuk mengidentifikasi gen yang bertanggung jawab terhadap sindrom ini, mengingat mereka sangat langka, dan bahwa “makalah ini merupakan langkah penting untuk meningkatkan penelitian klinis dan genetik pada topik ini.”

Dia menambahkan: “Sebuah pemahaman yang lebih jelas tentang penyebab kelainan pada genetik sindrom, mungkin tidak hanya meningkatkan kehidupan orang-orang yang menderita mutasi ini, tetapi juga akan membantu kita memahami gen dan molekul yang penting dalam obesitas di antara anggota dari populasi umum. ”


Next
« Prev Post
Previous
Next Post »