Total Pageviews

Check Page Rank

Bagaimana Cara Penularan Bakteri Streptococcus Suis?

Posted by On 10:43 PM



Streptococcus suis adalah, bakteri Gram-positif  yang berbentuk seperti kacang, dan patogen penting berasal dari babi. Bakteri ini  merupakan bakteri endemik di hampir semua negara dengan industri babi yang luas, S. suis juga penyakit zoonosis, yaitu bakteri yang mampu mentransmisi dari babi ke manusia.



Manusia dapat terinfeksi oleh Streptococcus suis ketika mereka kontak dengan bangkai babi yang terinfeksi atau memakan daging babi, terutama ketika terdapat luka terbuka dan lecet di tangan orang tersebut. Infeksi pada manusia bisa parah, dengan meningitis, septikemia, endokarditis, dan tuli diakibatkan bakteri tersebut. Kasus fatal S. suis jarang terjadi, sampai saat ini belum ada informasi yang didapat.

Tanda Klinis dan Diagnosis

Tanda terjangkitnya babi oleh bakteri ini berupa demam atau kematian mendadak pada babi yang terjangkit. Selain itu, penyakit pernafasan, pneumonia, cairan hidung dan kesulitan pernapasan.  Sendi dapat terinfeksi dan babi mungkin lumpuh atau memiliki tungkai bengkak. Sedangkan hal yang biasa terjadi pada manusia adalah meningitis. 

Bakteri Streptococcus suis dapat diisolasi dari berbagai cairan tubuh, dan pengujian serologis dapat dilakukan dengan uji ELISA. 

Cara mendeteksi penyakit zoonosis bakteri patogen Streptococcus suis dicapai dengan menggunakan glycoparticles magnetik. Bakteri mengandung protein adhesi pada urutan karbohidrat Gal-1,4Gal. Setelah inkubasi dengan berbagai jumlah patogen, konsentrasi magnetik dan deteksi ATP, tingkat bakteri ke 10 ^ 5 cfu dapat dideteksi.

Sumber :
  1. Wikipedia. (2017). Streptococcus suis. [online]. tersedia ; https://en.wikipedia.org/wiki/Streptococcus_suis. (12 maret 2017).


Next
« Prev Post
Previous
Next Post »