PATELKI | Sejarah Dan Perkembangannya

SEJARAH PATELKI

PATELKI (Persatuan Ahli Teknologi Laboratorium Medik Indonesia) atau "The Indonesian Assocation of Medical Laboratory Technologist" adalah organisasi profesi Ahli Teknologi Laboratorium Medik (dulu Analis Kesehatan) yang didirikan untuk maksud dan tujuan menghimpun seluruh anggota untuk mempersatukan diri dalam meningkatkan peran serta secara aktif, terarah dan terpadu.
Logo Patelki
PATELKI merupakan satu-satunya organisasi profesi Ahli Teknologi Laboratorium Medik  yang diakui keberadaannya oleh Kementerian Kesehatan RI (dahulu Departemen Kesehatan RI). PATELKI juga merupakan organisasi profesi yang modern dan memenuhi seluruh persyaratan sebagai organisasi profesi sebagaimana seluruh persyaratan sebagai diamanatkan dalam UU No. 20 Tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional dan PP No. 60 Tahun 1999 tentang Pendidikan Tinggi:
  • Status Kewenangan
  • Mempunyai profesi project atau kontrol keputusan executif
  • Mendapatkan monopoli atas aktivitas tertentu
  • Mendapatkan legitimasi dari otoritas keilmuan dari penguasa
  • Mempuanyai komoditas yang jelas
  • Mempunyai otonomi
  • Mempunyai klien yang jelas baik perorangan maupun lembaga
  • Mempunyai organisasi profesi
PATELKI lahir pada tanggal 26 April 1986 di Jakarta. Lahirnya PATELKI diprakarsai oleh Bapak Drs. Sjarifuddin Djalil yang kala itu menjabat Kepala Pusat Laboratorium Kesehatan Indonesia. Setelah asosiasi sejenis negara-negara ASEAN lain menyampaikan undangan kepada PATELKI untuk bergabung dengan AAMLT (ASEAN Association of Medical Laboratory Technologist). Pada masa itu Indonesia belum memiliki asosiasi sejenis.

PERKEMBANGAN PATELKI

PATELKI diawal penampilannya di bumi persada tanah air tercinta pada tanggal 26 April 1986   masih dalam bentuk struktur kepengurusan tingkat pusat yang dinamakan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PATELKI yang telah berhasil mengutus dua orang delegasi menghadiri ACMLT II (Asean Conference of Medical Laboratory Technologist Ke-2) di Manila pada akhir tahun 1986 dan langsung mengepakkan sayapnya dalam memasuki tahun 1987 dengan cara mengirimkan surat ke semua Kepala Balai Laboratorium Kesehatan (BLK) seluruh Indonesia dengan Surat Rekomendasi dari Kepala Pusat Laboratorium Kesehatan Departemen Kesehatan (saat itu dijabat oleh Drs. Syaifuddin Djalil) dengan perihal supaya Kepala BLK berkenan menjadi koordinator pembentukan PATELKI di wilayah kerja masing-masing.

Kepala BLK DKI Jakarta yang saat itu dijabat oleh Dra. Budi Hasrikah, menerima surat yang dimaksud dengan Nomor : 003/XII/PATELKI/1986 Tertanggal 31 Januari 1987 dengan lampiran-lampiran :
1. AD/ART PATELKI
2. Struktur Organisasi dan Susunan Kepengurusan DPP PATELKI
3. Kronologis terbentuknya PATELKI
4. Program Kerja PATELKI
5. Surat Mandat Kepala Pusat Laboratorium Kesehatan untuk membentuk PATELKI Wilayah DKI
    Jakarta

VISI DAN MISI PATELKI

Visi PATELKI

Dalam menghadapi tantangan organisasi baik secara internal maupun eksternal, PATELKI menetapkan visi yaitu “Menjadi Organisasi profesi analis kesehatan yang mandiri, professional, peduli serta aktif dalam peningkatan mutu pelayanan laboratorium kesehatan bagi peningkatan kualitas kesehatan masyarakat

Misi PATELKI

Untuk mewujudkan visi tersebut PATELKI mengembangkan misi yaitu :
  1. Meningkatkan kekuatan kepemimpinan PATELKI dalam mewujudkan organisasi profesi yang mandiri, profesional, dan berwibawa dengan jejaring yang kuat baik di dalam maupun luar negeri
  2. Meningkatkan kemampuan tenaga analis kesehatan sebagai tenaga professional serta berdaya saing internasional
  3. Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dalam meningkatkan mutu hasil dan pelayanan laboratorium kesehatan
  4. Pengembangan sistem renumerasi, penghargaan dan jenjang karir professional yang didukung oleh sistem pendidikan berkelanjutan yang kuat
Demikian Informasi yang dapat Kami berikan tentang PATELKI | Sejarah dan Perkembangannya semoga sebagai Organisasi Profesi yang dapat melindungi, mengayomi dan mengarahkan perkembangan dan kemajuan ATLM di Seluruh Indonesia.

Sumber :
Patelki
Patelki DPC Jakarta Pusat

DONASI VIA DANA ke 085862486502 Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi Anda ini akan digunakan untuk memperpanjang domain www.infolabmed.com. Donasi klik Love atau dapat secara langsung via Dana melalui : 085862486502. Terima kasih.