Total Pageviews

Check Page Rank

Infeksi Zika mengubah RNA manusia dan virus

Posted by On 7:56 AM



https://www.eurekalert.org
Para peneliti di University of California San Diego School of Medicine telah menemukan bahwa infeksi virus Zika mengarah ke modifikasi dari materi genetik kedua virus dan manusia. Modifikasi ini - tag kimia yang dikenal sebagai kelompok metil - pengaruh replikasi virus dan respon kekebalan tubuh manusia.



Dalam sel manusia, RNA merupakan bahan genetik yang membawa instruksi dari DNA dalam inti sel ke dalam sitoplasma, di mana mesin molekuler menggunakan instruksi tersebut untuk membangun protein. Sel kimia dapat memodifikasi RNA untuk mempengaruhi produksi protein. Salah satu modifikasi ini adalah penambahan gugus metil ke adenosine, salah satu blok bangunan yang membentuk RNA. Dikenal sebagai N6-methyladenosine (M6A), modifikasi ini umum pada manusia dan organisme lainnya.
Berbeda dengan manusia, seluruh genom dari beberapa virus, termasuk Zika dan HIV, terdiri dari RNA bukan DNA. Virus ini membajak perlengkapan seluler inang untuk menerjemahkan RNA menjadi protein.

Ketika virus Zika menginfeksi sel manusia, sel memodifikasi RNA virus dengan M6A sebagai sarana untuk menyingkirkan infeksi. RNA ditandai dengan M6A merupakan inspirasi bagi enzim manusia yang datang dan mengguncang itu. Selain itu, mereka menemukan bahwa respon host ini untuk infeksi virus Zika juga diinduksi modifikasi M6A tertentu pada RNA manusia. Perubahan RNA manusia ini tidak hadir tanpa adanya virus Zika.
Untuk mengurai peran M6A pada infeksi virus ZIKA pada sel - sel manusia yang tumbuh di laboratorium, para peneliti menghapus enzim manusia bertanggung jawab untuk menambahkan kelompok metil ke RNA virus. Tanpa M6A, RNA virus lebih stabil dan replikasi virus meningkat, dibandingkan dengan sel-sel manusia dengan enzim metilasi normal. Sebaliknya, membungkam enzim manusia yang menghapus kelompok metil - meningkatkan M6A metilasi, dengan kata lain - penurunan produksi virus Zika.

Selanjutnya, peneliti akan menyelidiki peran modifikasi RNA dalam siklus hidup virus, dan bagaimana respon kekebalan tubuh manusia diubah oleh berbagai strain virus Zika. Mereka juga mengembangkan molekul kecil untuk menargetkan struktur RNA tertentu sebagai sarana untuk mengobati infeksi virus Zika.

Sumber :
Eurek Alert. 2016.  Zika virus infection alters human and viral RNA | Findings may influence vaccine and therapy development. Diakses tanggal 22 Oktober 2016. Link ; https://www.eurekalert.org/pub_releases/2016-10/uoc--zvi101816.php


Next
« Prev Post
Previous
Next Post »