Total Pageviews

Check Page Rank

Karakteristik Antigen - Gambaran Umum | Seri Edukasi ATLM

Posted by On 3:39 AM



Infolabmed.com. Antigen adalah semua substansi (biasanya asing) yang berikatan dengan antibodi (in vivo atau in vitro) atau sel T. Antigen dapat merupakan molekul pada permukaan patogen, atau sel asing (eritrosit donor), atau toksin yang dihasilkan oleh mikroorganisme.


Istilah ini sering digunakan tidak tepat sebgai imunogen. Imunogen adalah antigen dalam peranannya menghasilkan respons imun dalam tubuh, humoral seluler atau keduanya. Beberapa karakteristik molekul antigen dapat mempengaruhi derajat imunogenitasnya, yaitu :
  • Komposisi kimia dan kompleksitas antigen ; protein merupakan imunogen yang terbaik, disusul oleh kompleks karbohidrat.
  • Derajat keasingan ; imunogen harus diidentifikasi sebagai non-self; semakin besar perbedannya dengan self, semakin besar kemungkinan menghasilkan respons imun.
  • Ukuran : Imunogen menjadi lebih baik bila berat molekulnya melebihi 10.000 dalton.
  • Dosis dan Densitas antigen : jumlah eritrosit donor yang masuk dan jumlah antigen yang dibawanya berkontribusi terhadap respons imun yang dihasilkannya.
  • Cara masuk (route of administration): Injeksi intramuskular atau intravena merupakan cara masuk antigen yang paling baik untuk menghasilkan respons imun.

Didalam imunogen terdapat area kecil dari molekul - molekul yang disebut epitop atau antigenic determinants, yang bertanggung jawab terhadap spesifisitas. Konfigurasi yang unik dari epitop memungkinkan pengenalan oleh molekul antibodi yang sesuai.

Antibodi dikatakan spesifik untuk imunogen apabila antibodi ini dihasilkan oleh sistem imun untuk beriaktan dengan konfigurasi molekul tertentu. Imunogen dapat memiliki beberapa epitop yang akan menghasilkan  beberapa antibodi spesifisitas yang bervariasi.

 Sumber : 
Divisi Hematologi Klinik UNPAD. 2016. Dasar - Dasar Transfusi Darah. Hal 1 - 3, Unpad ; Bandung


Next
« Prev Post
Previous
Next Post »