Total Pageviews

Check Page Rank

Perawatan Gawat Darurat Pada Perdarahan Hebat Pada Cedera Traumatis

Posted by On 10:18 PM

www.ehlinelaw.com

Menangani dan Menghentikan Perdarahan Hebat – Perdarahan hebat bisa membahayakan jiwa korban karena jika hal ini berlangsung lama dengan tanpa ada penanganan dan pencegahan yang benar, risiko yang dialami pihak korban adalah akan kehabisan darah. Jika terjadi peristiwa pendarahan hebat sementara pihak dokter atau rumah sakit yang dihubungi belum tiba di tempat kejadian, maka ada beberapa langkah yang harus dilakukan untuk menghindarkan korban dan risiko kehilangan atau kehabisan darah dalam jumlah ukuran yang besar.

Langkah - langkah untuk menghentikan perdarahan hebat, adalah :
  1. Baringkan Korban. Usahakan posisi kepalanya sedikit lebih rendah dari tubuhnya atau bisa juga dengan mengangkat kedua kakinya, untuk meningkatkan aliran darah ke otak agar tidak pingsan.
  2. Bersihkan Kotoran atau Serpihan yang terlihat pada luka, tapi jangan sampai menyentuh lukanya, mencabut apapun yang tertancap atau mencoba membersihkannya.
  3. Tekan bagian yang luka dengan perban steril, kain bersih atau tangan Anda.
  4. Tekan terus sampai perdarahannya berhenti. Setelah itu, balut kuat luka tersebut dengan plester atau perban.
  5. Jika perdarahan berlanjut, sampai merembes ke kasa pembalut, biarkan saja. Jika perlu tambahkan bahan penyerap lain diatasnya.
  6. Seandainya, dengan tekanan langsung pada luka perdarahannya tidak berhenti, tekanlah arteri utama yang mengalirkan darah kebagian luka tersebut. Biarkan jari - jari Anda tetap pada posisi mendatar, sementara tangan yang lain terus menekan luka.
  7. Bila perdarahan sudah terhenti, jangan digerakkan dulu bagian yang terluka. Bawalah korban ke dokter atau unit gawat darurat, secepat mungkin.


Namun, pada kasus cedera traumatis, seperti tabrakan di jalan raya, atau terjatuh, yang memungkinkan adanya perdarahan dalam (internal) yang tidak terlihat dari luar, karena itu perlu diperhatikan hal - hal sebagai berikut :
  1. Adanya perdarahan dari telinga, hidung, anus atau vagina, mutah atau batuk darah.
  2. Adanya memar di leher, dada atau perut.
  3. Ada luka yang menembus tengkorak, dada atau rongga perut.
  4. Rasa sakit pada perut, disertai dengan pengerasan atau kejang - kejang oto perut.
  5. Tulang retak.


Perdarahan dalam dapat menimbulkan shock,  karena volume darah dalam tubuh berkurang, sehingga orang yang bersangkutan merasa lemas, haus, gelisah dan kulit terasa dingin. Gejala yang lain menungjukkan adanya perdarahan dalam, seperti napas pendek - pendek dan lambat, denyut yang cepat dan lemah, gemetar dan gelisah. Korban bisa pingsan dan kehilangan kesadaran bila berdiri atau duduk, tetapi sadar kembali bila dibiarkan tiduran. Bila terlihat indikasi kuat adanya perdarahan internal, bawa segera kedokter atau unit gawat darurat.


Sumber :
  1. Smart Live. 2016. Perdarahan Hebat. Edisi 58 - Maret - April 2016. Halaman 10. Prodia ; Jakarta
  2. Detik Life. 2016. P3K: MENANGANI DAN MENGHENTIKAN PENDARAHAN HEBAT. Diakses tanggal 28 Agustus 2016. Link ; http://detiklife.com/2014/10/30/p3k-menangani-dan-menghentikan-pendarahan-hebat/

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »