Total Pageviews

Check Page Rank

Mengenal BIOBANK | Seri Edukasi

Posted by On 8:28 PM


Infolabmed.com. Biobank adalah suatu jenis biorepository yang menyimpan sampel biologis (biasanya manusia) untuk digunakan dalam penilitan. Sejak akhir tahun 1990-an biobank telah menjadi sumber penting dalam penelitian medis, mendukung banyak jenis penilitian kontemporer seperti fenomik dan obat - obatan pribadi. 

Biobank memberikan peneliti akses ke data yang mewakili sebagian besar dari manusia. Sampel di biobank dan data yang berasal dari berbagai manusia sampel sering dapat digunakan oleh beberapa untuk studi penelitian lintas tujuan. Sebagai contoh, banyak penyakit yang berhubungan dengan polimorfisme nukleotida tunggal, dan melakukan studi asosiasi genome menggunakan sampel dengan koleksi banyak yang mewakili puluhan atau ratusan ribu individu yang dapat membantu mengidentifikasi biomarker penyakit. Banyak peneliti berjuang untuk memperoleh sampel yang cukup sebelum munculnya biobank. 

Istilah "Biobank" telah digunakan dalam cara yang berbeda tetapi salah satu cara adalah dengan mendefinisikannya sebagai "koleksi terorganisir dari bahan biologis manusia dan informasi terkait, disimpan untuk satu atau lebih tujuan penilitian". Koleksi tanaman, hewan, mikroba, dan bahan bukan manusia lainya juga dapat digambarkan sebagai biobank tetapi dalam beberapa diskusi istilah ini disediakan untuk spesimen manusia. 

Biobank biasanya menggabungkan fasilitas penyimpanan kriogenik untuk sampel. Penyimpanan tersebut biasanya terdiri dari berbagai ukuran lemari pendingin, dan dimaintain oleh institusi seperti rumah sakirt, universitas, organisasi nirlaba dan perusahaan farmasi. 

Biobank dapat diklasifikasikan sesuai tujuan atau desain. Biobank yang berorientasi pada penyakit biasanya memiliki afiliasi dengan rumah sakit dimana mereka mengumpulkan sampel yang mewakili berbgai penyakit, mungkin untuk mencari biomarker yang berafiliasi dengan suatu penykakit. Sedangkan biobank berbasis populasi (penduduk) memerlukan afiliasi dengan rumah sakit tertentu karena mereka mengambil sampel dari sebagian besar berbagai macam orang, mungkin untuk mencari biomarker untuk kerentanan penyakit dalam suatu populasi umum. 

SPESIMEN BIOLOGI

Pengumpulan untuk penyimbanan biobank dan membuat spesimen tersedia yang diambil saat sampling. Jenis spesimen yang dikumpulkan termasuk darah, urine, sel - sel kulit, jaringan organ, dan hal - hal lain yang diambil dari tubuh. BIbank disimpan dalam kondisi baik sampai seorang peneliti memerlukannya dalam melakukan tes, percobaan atau melakukan analisis lainnya. 

Penyimpanan
 
Biobanks, seperti database DNA lainya, harus hati - hati menyimpan dan mengakses data sampel dan informasi donor. Sampel harus dijaga dengan baik dari kerusakan minimal dari waktu ke waktu, dan mereka harus dilindungi dari kerusakan fisik, baik disengaja atau tidak. Pendaftaran sampel masing - masing yang keluar dan masuk pada sistem yang tersimpan, biasanya sudah dilakukan penyimpanan dengan sistem komputerisasi. Suhu ruangan penyimpanan sampel yang kadang digunakan saat ini adalah ruangan kecil dan mampu menyimpan hampir 40.000 sampel, sekitar sepersepuluh dari riangan yang dibutuhkan yaitu pada suhu  -80 ° C (-112 ° F) freezer. Sampel ulangan atau split sering disimpan pada lokasi yang terpisan untuk keamanan sampel. 

Sumber : 
Wikipedia. 2016. Biobank. (link : https://en.wikipedia.org/wiki/Biobank)

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »