Total Pageviews

Check Page Rank

Hemopoesis

Posted by On 7:17 AM


Infolabmed.com. Berbicara hemopoeisis berarti berbicara pembentukan sel-sel darah oleh tubuh. Sebenarnya definisi hemopoeisis atau hematopoeisis adalah proses pembentukan sel-sel darah dlm organ pembentuk sel darah, terutama dalam sumsum tulang dan organ lainnya. Hemopoesis dimulai sejak fetus berada dalam kandungan, sejak saat terjadinya succus vitellinus sebelum terjadi organ-organ lain.

Secara umum terbagi 3 fase hemopoeisis
Fase Mesoblastik
Sel-sel darah primitif dibentuk dalam succus vitellinus. Sel-sel darah disini masih serupa dan merupakan sel asal. Berlangsung pada bulan pertama sampai kedua dalam kandungan

 Fase Hepatospleenolimfomyeloid
Sel-sel darah dibuat dalam hepar, lien dan sumsum tulang. Disamping stem cell, sudah terjadi diferensiasi menjadi eritroblast, megakariosit, granulosit, limfosit, monosit dan plasmosit. Berlangsung pada fetus berumur 1,5 bulan sampai 9-10 bulan
Fase Myeloid
Sel-sel darah dibuat oleh sumsum tulang merah sejak umur 4 bulan sampai meninggal. Disini sudah terjadi diferensiasi menjadi sel yang lebih tua setelah bayi lahir.

Numenklatur
1. Sel paling muda Nama+Blast
2. Sel lebih matur Pro+Nama+Sit
3. Sel lebih matur lagi Nama+Sit
4. Sel lebih matur lagi Meta+Nama+Sit
5. Sel Paling Matur Nama sel di darah tepi.

Contoh:
Eritropoeisis:
Rubriblast
ProRubrisit
Rubrisit
Metarubrisit
Retikulosit
Eritrosit

Disini yang paling unik adalah Eritropoeisis dan Trombopoeisis:
- Proses eritropoeisis menghasilkan sel matang tanpa inti dan tanpa organel.
- Proses trombopoeisis menghasilkan trombosit yang merupakan pecahan dari sitoplasma megakariosit yang membentuk bulatan-bulatan kecil hasil dermakasi, berupa 1000-5000 trombosit.

Tulisan ini hanya garis besar saja, tanpa details sehingga menjelaskan secara umum proses hemopoesis.

Kumpulan Materi Hemopoeisis bisa dilihat disini : Foto Hemopoeisis


Sumber : 
Tulisan ini Admin ambil dari facebook Ahmad Ripani Musyaffa AhdanLab, Admin sudah meminta izin dari beliau. Semoga informasi ini menjadi tambahan ilmu buat teman - teman ATLM.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »