Berapa Gaji Medical Laboratory?


Infolabmed.com. Gaji adalah suatu bentuk pembayaran periodik dari seorang majikan pada karyawannya yang dinyatakan dalam suatu kontrak kerja. Dari sudut pandang pelaksanaan bisnis, gaji dapat dianggap sebagai biaya yang dibutuhkan untuk mendapatkan sumber daya manusia untuk menjalankan operasi, dan karenanya disebut dengan biaya personel atau biaya gaji. Dalam akuntansi, gaji dicatat dalam akun gaji.

Kita tentu tahu bahwa ATLM memiliki peran penting dalam membantu diagnosa penyakit. Seharusnya berapa besaran gajih pokok yang dapat diterima oleh ATLM?. Apakah besaran gajih yang harus diterima adalah sesuai dengan UMR masing - masing setiap Kabupaten?

Pada kenyataannya, buat teman - teman yang sudah tersebar diberbagai daerah, yang sudah bekerja diberbagai Laboratorium Klinik, Rumah Sakit Negeri atau Swastapun, masih belum dapat mendapatkan gaji sesuai UMR seperti yang di undang - undangkan oleh pemerintah. 

APA ITU UPAH / GAJI ?

Menurut Pasal 1 ayat 30 UU No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, Upah adalah hak pekerja/buruh yang diterima dan dinyatakan dalam bentuk uang sebagai imbalan dari pengusaha atau pemberi kerja kepada pekerja/buruh yang ditetapkan dan dibayarkan menurut suatu perjanjian kerja, kesepakatan, atau peraturan perundang-undangan, termasuk tunjangan bagi pekerja/buruh dan keluarganya atas suatu pekerjaan dan/atau jasa yang telah atau akan dilakukan.

Namun, dalam menetapkan besarnya upah, pengusaha dilarang membayar lebih rendah dari ketentuan upah minimum yang telah ditetapkan pemerintah setempat (Pasal 90 ayat 1 UU No. 13/ 2003). Apabila pengusaha memperjanjikan pembayaran upah yang lebih rendah dari upah minimum, maka kesepakatan tersebut batal demi hukum (Pasal 91 ayat 2 UU No. 13/2003)

UPAH MINIMUM PROVINSI?

Upah Minimum adalah suatu standar minimum yang digunakan oleh para pengusaha atau pelaku industri untuk memberikan upah kepada pekerja di dalam lingkungan usaha atau kerjanya. Karena pemenuhan kebutuhan yang layak di setiap provinsi berbeda-beda, maka disebut Upah Minimum Provinsi.

 BEDA UPAH MINIMUM DAN UPAH POKOK

 UMP tidak sama dengan upah pokok, melainkan upah secara keseluruhan. Jadi, benar bahwa UMP yang diberikan oleh pengusaha/perusahaan merupakan jumlah keseluruhan upah yang dibawa pulang pekerjanya, atau dikenal dengan istilah take home pay. Total upah yang dibawa pulang (take home pay) pekerja tersebut dapat terdiri dari komponen upah pokok, tunjangan tetap, dan tunjangan tidak tetap.

BERAPA GAJIH AHLI TEKNOLOGI LABORATORIUM?

 Apa yang dimaksud dengan tunjangan keahlian?

Tunjangan keahlian merupakan salah satu bentuk tunjangan yang diterimakan kepada pekerja berkenaan dengan posisi, kondisi atau suatu penilaian tertentu, bisa dalam bentuk uang, dan dapat berbentuk natura. Tunjangan tersebut, adalah bagian dari komponen upah disamping upah pokok dan pendapatan non-upah, seperti: fasilitas, bonus dan/atau THR.

Tunjangan keahlian diklasifikasikan tunjangan tetap karena dibayarkan secara teratur bersamaan dengan upah pokok sesuai dengan jenjang keahlian dan kompetensi serta profesionalisme seseorang pekerja. Sebab, menurut ketentuan Pasal 18 ayat (1), ayat (2) dan ayat (3) UU No. 13/2003, seseorang pekerja berhak memperoleh pengakuan kompetensi (sesuai dengan keahlian dan profesionalismenya) yang diperoleh melalui sertifikasi kompetensi kerja atau melalui pengalaman kerja.

Dengan demikian, bagi pekerja yang memiliki suatu keahlian atau kompetensi tertentu, disamping berhak atas pengakuan kompetensi sesuai keahliannya, juga dengan sendirinya berhak memperoleh hadiah berupa tunjangan keahlian.

Berapa besaran dan apa tolok ukur untuk menentukan tunjangan keahlian tersebut ?

Tidak ada pengaturannya dalam peraturan perundang-undangan. Sepanjang tidak melanggar prinsip-prinsip kebijakan pengupahan, besaran dan tolok ukur penentuan tunjangan (termasuk tunjangan keahlian) merupakan domain para pihak untuk mengaturnya atau memperjanjikan secara sukarela berdasarkan atas azas kebebasan berkontrak dalam perjanjian kerja, peraturan perusahaan atau perjanjian kerja bersama.
 
Gajih yang seharusnya diterima oleh Ahli Teknologi Laboratorium Medik merujuk pada peraturan perundang - undangan adalah termasuk dalam komponen upah itu sendiri terdiri dari upah pokok dan tunjangan tetap, maka besarnya upah pokok sedikit-dikitnya 75% dari jumlah upah pokok dan tunjangan tetap (Pasal 94 UU No. 13/2003) dan Tunjangan keahlian.


BERAPA GAJI AHLI TEKNOLOGI LABORATORIUM MEDIK DI USA?

Kita tentunya sadar bahwa setiap negara memiliki peraturan sendiri - sendiri dalam memberikan peraturan pengupahan ini. Juga menyangkut jenis mata uang, dsb. Namun, kesadaran akan penghargaan terhadapat profesi ini yang belum di miliki oleh bangsa kita, sehingga sistem pengupahan tenaga ahli masih jauh dibawah upah minimal.

Gajih rata - rata yang didapat oleh Medical Laboratory technology adalah sekitar $ 49.700 atau setara dengan Rp. 656.785.500,- (nilai tukar Rp. 13. 215). Jika dibagi kedalam 12 bulan, maka Gaji ATLM di USA adalah Rp. 54.732.125..

Mari kita dukung Organisasi Profesi Kita untuk menetapkan jumlah Upah Minimum yang harus diterima oleh ATLM yang harus diberlakukan oleh seluruh pengguna jasa ATLM.


Sumber :
Wikipedia. 2016. Gaji. Link ; https://id.wikipedia.org/wiki/Gaji
Gajimu. 2016. Pertanyaan mengenai Gaji atau Upah Kerja. Link ; http://www.gajimu.com/main/pekerjaan-yanglayak/upah-kerja/pertanyaan-mengenai-gaji-atau-upah-kerja-1

DONASI VIA DANA ke 085862486502 Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi Anda ini akan digunakan untuk memperpanjang domain www.infolabmed.com. Donasi klik Love atau dapat secara langsung via Dana melalui : 085862486502. Terima kasih.

Post a Comment

0 Comments