Tips dan Cara Menulis Artikel ATLM Yang Baik


Infolabmed.com. Kebutuhan adanya artikel atau tulisan untuk menunjang belajar profesi Ahli Teknolgi Laboratorium Medik sangatlah terbatas. Kami sering bertanya, "Dimana Saya bisa mendapatkan buku - buku khusus tentang segala permasalahan didalam laboratorium medik?". Nah, pada tulisan ini Kami ingin mengajak kepada teman - teman sejawat yang mempunyai blog atau suka menulis untuk mengembangkan keahlian dalam menulis sebuah artikel.

Penjelasan sederhananya, Artikel adalah karangan pendek, berkisar antara 300 sampai 1.000 kata, yang membahas tema tertentu yang ditujukan untuk menyampaikan pikiran terhadap sebuah realitas, baik berupa fakta, atau konsep tertentu. 

Karena ruang lingkup Kita adalah dunia laboratorium medik, maka Kami akan menuntun teman - teman sejawat Ahli Teknologi Laboratorium Medik untuk membuat sebuah artikel yang baik.  Secara garis besar, langkah-langkah menulis artikel dapat di bagi menjadi 5 poin penting berikut ini :
  1. Tentukan Tema. Tema haruslah spesifik. Semakin spesifik semakin menarik minat baca.
  2. Tetapkan Tujuan penulisan. Kebanyakan artikel, apalagi dalam artikel jenis deskripsi dan narasi, tidak menyatakan tujuan penulisan secara tersurat, melainkan tersirat.
  3. Rumuskan ide pokok atau masalah. Biasanya perumusan masalah dalam bentuk pertanyaan. Hanya saja dalam penulisan artikel deskripsi dan narasi, rumusan masalahnya tidak tersurat tapi tersembunyi dibalik alur tulisan (Nanti saya jelaskan dengan contoh di bawah).
  4. Kembangkan tema dan pembahasan sesuai dengan jenis artikel (Penjabaran lebih lanjut saya uraikan dibawah)
  5. Buatlah kesimpulan. Kesimpulan bikinnya mudah. Anda bisa membuatnya dengan baik bila logika atau alur artikel anda benar.
Setelah kita mengetahui bagaimana struktur kepenulisan yang baik, maka segera Kita meluangkan waktu untuk membuatnya. Perlu di ingat bahwa Kita sebagai Ahli Teknologi Laboratorium Medik, sangat dipengaruhi oleh perkembangan dunia tekhnologi. Maka, saran Kami adalah sebagai ATLM dan sangat perlunya mengikuti perkembangan tekhnologi itu, Kami harap dari teman - teman sejawat dapat meluangkan waktunya untuk membuat artikel yang bagus untuk bisa dinikmati oleh kawan lainnya.

Mari Kita Menulis

Bagaimana kita untuk memulai membuat satu artikel? Kami sarankan kepada teman - teman ATLM untuk fokus pada saru judul terlebih dahulu, jika sudah fokus pada satu judul artikel mari Kita lanjutkan pembahasannya.

Menurut pengalaman Kami, membuat artikel itu sedikit gampang tapi sedikit susah juga, artinya tidak mudah untuk membuat artikel yang dikatan baik dan benar. Namun, disinilah kemampuan Kita untuk membuktikan bahwa ATLM juga bisa membuat sebuah artikel yang dia butuhkan.

Sebagai seorang yang memiliki latar belakang pendidikan semestinya Kita juga mengacu pembuatanartikel itu pada sistematika yang baku, misalnya dalam sebuah artikel harus ada Pendahuluan, Kerangka Isi dan terkahir adalah Penutup.

Ketiga aspek ini sangat penting dalam sebuah artikel. Pendahuluan, Isi Materi dan Penutup. 

Jika Kita sudah siap, hal yang harus sering dibawa adalah buku catatan kecil (notebookl). Buku ini harus sering dibawa. Tulis garis besar penyusunan artikel yang ingin kita tulis di notebook. Jangan lupa perbanyak wawasan membaca juga, tidak ada salahnya Kita membaca buku - buku kedokteran juga untuk mengetahui gambaran klinis pada artikel yang akan kita tulis.


Terakhir adalah, jangan lupa di revisi sebelum diterbitkan di web, atau dipubhlikasikan dimedia lainnya. Karena karya yang teman - teman sejawat buat akan dibaca oleh banyak ATLM yang membutuhkannya. Kebayangkan kalau misalkan sedang asik membaca ada salah ketik, dan lain sebagainya.

Selamat menulis,
Kami tunggu karya teman - teman sejawat. 
Jika sudah ada yang membautnya, silahkan kirimkan ke sini : laboratorium.medik@gmail.com

Salam ATLM.

Sumber : 
- Cara Menulis Buku. 2016. Tips dan Cara Menulis Artikel yang Baik. Link : http://caramenulisbuku.com/cara-menulis-artikel/cara-menulis-artikel-yang-baik.htm
- Panduan menulis artikel yang lebih baik. 2016. Link : https://id.wikipedia.org/wiki/Wikipedia:Panduan_menulis_artikel_yang_lebih_baik

DONASI VIA DANA ke 085862486502 Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi Anda ini akan digunakan untuk memperpanjang domain www.infolabmed.com. Donasi klik Love atau dapat secara langsung via Dana melalui : 085862486502. Terima kasih.

Post a Comment

0 Comments