Total Pageviews

Check Page Rank

Kenali Warna pada Urine

Posted by On 3:22 AM


www.pinterest.com

Urine (dari bahasa Latin Urina , ae , f .) Adalah cairan produk sampingan dari tubuh yang dikeluarkan oleh ginjal melalui proses yang disebut buang air kecil (atau berkemih) dan dikeluarkan melalui uretra . Metabolisme sel menghasilkan banyak produk, sangat kaya nitrogen, yang memerlukan  clearance  dari aliran darah.

WARNA URINE
Rentang warna urine yang normal dari kuning pucat sampai kuning dalam - hasil dari pigmen yang disebut urochrome dan bagaimana terlarut atau terkonsentrasi dalam urin .  

Pigmen dan senyawa lain dalam makanan dan obat-obatan tertentu dapat mengubah warna urin Anda. Buah Bit, berry dan kacang fava adalah salah satu makanan yang paling mungkin untuk mempengaruhi warna urin. Selain itu, banyak obat- obatan dapat memberikan warna pada urine.

Warna urine yang tidak biasa bisa menjadi tanda penyakit. Misalnya, urine merah tua kecoklatan merupakan karakteristik untuk mengidentifikasi porfiria, langka, mewarisi gangguan sel darah merah .

GEJALA

Warna urine yang normal bervariasi, tergantung pada seberapa banyak air yang Anda minum . Cairan encer pigmen kuning dalam urin, sehingga semakin banyak Anda minum, semakin jelas urin penampilan Anda. Ketika Anda kurang minum, warna menjadi lebih terkonsentrasi. Dehidrasi berat dapat menghasilkan urine warna kuning .

Tapi kadang-kadang warna pada urine bisa berubah, termasuk merah, biru, hijau, coklat gelap dan berawan putih.

KAPAN HARUS KE DOKTER

Cari bantuan medis jika Anda memiliki :
  • Darah terlihat dalam urin Anda . kencing berdarah adalah umum pada infeksi saluran kemih dan batu ginjal . Kedua masalah ini biasanya menyebabkan rasa sakit . Perdarahan tanpa rasa sakit mungkin sinyal masalah yang lebih serius , seperti kanker .
  • Gelap atau oranye urine . Jika urin Anda berwarna gelap atau oranye - terutama jika Anda juga memiliki tinja berwarna pucat dan kulit kuning dan mata - hati Anda mungkin mengalami gangguan fungsi .
https://cahayawahyu.wordpress.com

PENYEBAB

Urin berubah warna sering disebabkan oleh obat-obatan , makanan tertentu atau pewarna makanan. Dalam beberapa kasus , meskipun, perubahan warna urin dapat disebabkan oleh masalah kesehatan tertentu .

Urine berwarna merah atau pink
Meskipun penampilan mengkhawatirkan, urine merah tidak selalu serius. Urine berwarna Merah atau merah muda dapat disebabkan oleh :
  • Darah. Faktor-faktor yang dapat menyebabkan darah kemih ( hematuria ) termasuk infeksi saluran kemih, pembesaran prostat, tumor kanker dan bukan kanker, kista ginjal, lari jarak jauh, dan ginjal atau batu kandung kemih .
  • Makanan. Bit, blackberry dan rhubarb dapat merubah warna  urine menjadi merah atau merah muda.
  • Obat. Rifampisin (Rifadin, Rimactane), antibiotik sering digunakan untuk mengobati tuberkulosis, dapat mengubah air seni berwarna kemerahan jeruk - seperti phenazopyridine (Pyridium), obat yang mematikan ketidaknyamanan saluran kemih, dan obat pencahar yang mengandung Senna .
  • Obat. Obat-obatan yang dapat mengubah warna urine menjadi  oranye yaitu Rifampisin ; obat anti - inflamasi sulfasalazine (Azulfidine) ; phenazopyridine (Pyridium), obat yang mematikan ketidaknyamanan saluran kemih ; beberapa obat pencahar ; dan obat kemoterapi tertentu .

Urine berwarna Orange

Urine berwarna Oranye mungkin akibat dari :

Kondisi medis. Dalam beberapa kasus , warna urine oranye dapat menunjukkan masalah  pada hati atau saluran empedu, terutama jika Anda juga memiliki tinja berwarna terang. Warna Oranye pada urine juga bisa disebabkan oleh dehidrasi, Urine Anda akan terkonsentrasi dan membuatnya jauh lebih berwarna .

Urin berwarna biru atau hijau

Warna Biru atau hijau pada urine dapat disebabkan oleh :
  • Pewarna. Beberapa pewarna makanan berwarna cerah dapat menyebabkan urine berwarna hijau. Pewarna yang digunakan untuk beberapa tes fungsi ginjal dan kandung kemih dapat menjadikan urine berwarna biru.
  • Obat. Sejumlah obat dapat menghasilkan warna biru atau hijau pada urin, termasuk amitriptyline, indomethacin (Indocin) dan propofol (Diprivan).
  • Kondisi medis. Familial benign hypercalcemia, penyakit keturunan yang langka, kadang-kadang disebut sindrom popok biru karena anak-anak dengan gangguan tersebut memiliki urin berwarna biru. urin hijau kadang-kadang terjadi selama infeksi saluran kemih yang disebabkan oleh bakteri pseudomonas.

Urine berwarna coklat gelap atau cola

Urine berwarna coklat dapat dihasilkan dari :
  • Makanan. Makan  terlalu banyak kacang fava , rhubarb atau lidah dapat menyebabkan urin berwana coklat gelap .
  • Obat. Sejumlah obat bisa memebrikan warna gelap pada urine, termasuk chloroquine obat antimalaria dan primakuin, antibiotik metronidazole (Flagyl ) dan nitrofurantoin , obat pencahar yang mengandung cascara atau senna, dan Methocarbamol - relaksan otot .
  • Kondisi medis. Beberapa gangguan hati dan ginjal dapat mengubah urin berwarna coklat, seperti dapat beberapa infeksi saluran kemih .
  • Olahraga ekstrim. Cedera otot dari latihan yang ekstrim dapat mengakibatkan kerusakan ginjal dan urine akan berwarna merah muda atau berwarna cola
Urin terdapat bentuk seperti awan atau keruh

Infeksi saluran kemih dan batu ginjal dapat menyebabkan urin muncul seperti bentuk awan atau keruh .

FAKTOR RESIKO

Mengonsumsi makanan yang bisa menghitamkan urine, seperti berry, bit dan rhubarb, atau minum obat tertentu membuatnya lebih mungkin bahwa Anda akan memiliki perubahan berbahaya dalam warna urin Anda. Apakah Anda bereaksi tergantung pada jumlah makanan atau obat yang Anda ambil, negara Anda hidrasi, dan kimia tubuh Anda sendiri.

Faktor-faktor yang menempatkan Anda pada risiko kondisi medis yang dapat mempengaruhi warna urine adalah sebagai berikut:
  • Usia. Tumor kandung kemih dan ginjal, yang dapat menyebabkan urine dalam dara, pada umumnya terajdi  pada orang tua. Pria yang lebih tua dari 50 kadang-kadang memiliki darah kemih akibat pembesaran kelenjar prostat.
  • Seks Anda. Lebih dari setengah dari semua perempuan akan memiliki infeksi saluran kemih di beberapa titik, sering dengan beberapa perdarahan kemih. Pria lebih mungkin untuk memiliki batu ginjal atau batu kandung kemih.
  • Sejarah keluarga. Sebuah riwayat keluarga dengan penyakit ginjal atau batu ginjal membuatnya lebih mungkin bahwa Anda akan mengembangkan masalah ini. Keduanya dapat menyebabkan urine dalam darah dalam.
  • Olahraga berat. pelari jarak paling berisiko, tapi siapa pun yang latihan keras dapat mengalami perdarahan kemih.
https://www.forumhealthcentre.nhs.uk

TES DAN DIAGNOSIS

Selain mengambil riwayat kesehatan menyeluruh dan melakukan pemeriksaan fisik , dokter anda dapat merekomendasikan tes diagnostik tertentu , termasuk :
  • Urinalisis. Dokter  akan menyarankan Anda melakukan tes urine untuk mencari sel-sel darah merah, kadar protein yang tinggi, dan mineral yang diekskresikan dalam urin yang mungkin mengindikasikan ginjal atau saluran kemih bermasalah. Sampel urin Anda juga mungkin akan diperiksa untuk melihat bakteri yang menyebabkan infeksi .
  • Tes darah. Tes darah tertentu mengukur tingkat kreatinin dan urea nitrogen dalam darah - produk limbah yang membangun dalam aliran darah Anda saat ginjal rusak dan tidak menyaring dengan benar . Dokter Anda juga dapat memeriksa sampel darah Anda untuk peningkatan kadar enzim hati, dan untuk kondisi seperti diabetes .

PERAWATAN DAN OBAT – OBATAN
 
Perubahan warna pada urine tidak memiliki pengobatan khusus . Sebaliknya, dokter akan fokus pada pengobatan yang mendasari kodisi tersebut.

GAYA HIDUP DAN TERAPI DI RUMAH

Ketika Anda mengalami dehidrasi, urin Anda menjadi lebih terkonsentrasi dan berwarna lebih gelap. Jika Anda melihat hal ini terjadi, mungkin menjadi tanda bahwa Anda membutuhkan lebih banyak cairan. Pastikan Anda minum banyak cairan setiap hari untuk tetap terhidrasi dan menjaga diri lebih sehat.


Sumber  :
-    Urine. 2016. Wikipedia. Link : https://en.wikipedia.org/wiki/Urine
- Urine Color. 2016. Mayo Clinic. link : http://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/urine-color/basics/definition/con-20032831


Next
« Prev Post
Previous
Next Post »