Apa Arti dari Pemeriksaan Darah SGOT?


Infolabmed. Tes SGOT merupakan tes darah. Pemeriksaan ini membantu untuk menentukan seberapa baik hati berfungsi dengan mengukur kadar aspartat aminotransferase dalam darah. Terlalu banyak enzim ini bisa mengindikasikan suatu masalah, seperti kerusakan hati.

Aspartate aminotransferase (AST) adalah enzim yang terutama ditemukan pada hati dan jantung. Pada tingkat yang lebih rendah, AST juga hadir di bagian tubuh lain, termasuk ginjal dan otot. Enzim ini disebut juga serum glutamic-oxaloacetic transaminase (SGOT)



Kebanyakan orang memiliki kadar yang rendah pada enzim  ini. Namun, ketika sel hati rusak atau sakit, tubuh akan mengeluarkan enzim AST ekstra ke dalam darah. Berikut ini merupakan fakta tes SGOT :
  1. Enzim yang dikenal sebagai SGOT ini, mempunyai kontribusi pada berfungsinya sel hati. SGOT juga membantu kerja pada jantung dan ginjal, pada tingkat yang lebih rendah.
  2. Tingkat SGOT yang rendah dalam darah relatif umum dan tidak menimbulkan kekhawatiran.
Ketika hasil laboratorium sudah keluar, rentang SGOT seseorang dapat diklasifikasikan sebagai normal, tinggi, atau rendah. Kisaran ini bervariasi, tergantung pada jenis kelamin seseorang. Rentang normal juga berbeda antar laboratorium. Dokter mungkin akan menguji kadar enzim hati lain pada saat bersamaan. Enzim ini disebut alanine aminotransferase (ALT). Jika kadar ALT dan AST tinggi, ini mungkin menunjukkan bahwa seseorang memiliki salah satu dari kondisi berikut:
  • Kerusakan hati yang luas akibat racun seperti alkohol atau penghilang rasa sakit over-the-counter
  • hepatitis akut
  • penyakit kandung empedu
  • kanker
  • ada wanita hamil, preeklampsia atau sindrom HELLP, yang didefinisikan oleh karakteristiknya - hemolisis, peningkatan enzim hati, dan jumlah trombosit yang rendah.
Jika, kadar AST tinggi tanpa kadar ALT tinggi dapat menunjukkan masalah berikut: pankreatitis, kerusakan jantung, penyakit ginjal, dan cedera otot.



Jika hasil tes menunjukkan kadar AST tinggi, maka hati atau organ lain yang memproduksi enzim bisa rusak akibat sakit atau cedera.

Pada umumnya, dokter menggunakan tes AST / SGOT untuk memeriksa dan menilai masalah hati. Protein AST terutama diproduksi di hati. Bila hati rusak atau sakit, SGOT bisa bocor dari hati ke dalam aliran darah. Bila ini terjadi, kadar darah akan lebih tinggi dari biasanya.

Jika seseorang memiliki masalah jantung atau ginjal, kadar AST mungkin sangat tinggi. Untuk mengatasi masalah ini, dokter sering order (menambahkan) pemeriksaan enzim hati kedua, yaitu ALT, pada saat bersamaan. Jika hasil kedua pemeriksaan AST dan ALT tinggi, hal ini menunjukkan adanya masalah pada hati seseorang. Jika hanya kadar AST / SGOT-nya saja yang tinggi, ini mungkin menunjukkan adanya masalah pada organ atau sistem lain.

Dokter biasanya meminta pemeriksaan ini jika mereka menduga seseorang dengan kondisi berikut: hepatitis, sirosis, kerusakan hati yang disebabkan oleh alkoholisme, dan kerusakan hati yang disebabkan oleh obat-obatan. 

Seorang dokter akan sering meng-order pemeriksaan yang sesuai dengan pemeriksaan SGOT atau yang mengikutinya. Ini untuk membantu memastikan diagnosis yang tepat dan menentukan pengobatan terbaik. Tes ini bisa meliputi: 
  • Jumlah trombosit: Tingkat trombosit (platelet) rendah dapat mengindikasikan penyakit hati atau, semasa kehamilan, sindrom HELLP.
  • Panel koagulasi: pemeriksaan ini bertujuan untuk mengukur fungsi protein yang berhubungan dengan penggumpalan darah yang dihasilkan oleh hati.
  • Panel metabolik lengkap: pemeriksaan ini bertujuan untuk menilai seberapa baik ginjal dan hati bekerja dan menunjukkan kadar elektrolit.
  • Tes bilirubin: pemeriksaan ini bertujuan untuk mengetahui tingkat produk sampingan yang dibuat saat hati memecah sel darah merah.
  • Tes glukosa: Bila hati tidak bekerja dengan baik, kadar glukosa mungkin rendah.
Seorang dokter juga dapat melihat lebih dekat hati seseorang dengan pemeriksaan ultrasound. Tingkat pengujian lanjutan akan tergantung pada hasil pemeriksaan seseorang sebelumnya. (Imad / Infolabmed)

PENTING : Terimakasih sudah berkunjung ke website Kami. Untuk yang mengambil artikel dari website Kami, dimohon untuk mencantumkan sumber pada tulisan / artikel yang Anda muat. Terimakasih atas kunjungannya.
Baca juga :
  1. Ayah Dapat Meneruskan Peningkatan Risiko Kanker Ovarium Pada Anak Perempuan  
  2. Studi Kasus Mikrobiologi: Seorang Wanita 53 Tahun Dengan Dysphagia Ekstrim  
  3. Vaksin HPV Menunjukkan Janji Besar dalam Memerangi Kanker 


Artikel terkait : sgot sgpt, sgot adalah, sgot tinggi, sgot sgpt pdf, sgot itu apa, sgot ast, sgot tinggi kenapa, sgot dan sgpt tinggi, sgot dan sgpt meningkat, sgot/ast, sgot, sgot dan sgpt, sgot ast adalah, sgot alt, sgot adalah pemeriksaan, sgot adalah penyakit, sgot and sgpt, sgot adalah pdf, sgot apa, sgot adalah sgpt adalah, sgot a 36, sgot a sgpt, hepatitis a sgot sgpt, single shot, hepatitis a sgot, hepatitis a sgot sgpt levels, what is a sgot blood test, what is a sgot test, what is a sgot ast blood test, sgot(a.s.t), sgot bayi tinggi, sgot blood, sgot bodybuilding, sgot blood test, sgot blood test high means, sgot bahasa indonesia, sgot blutwert, sgot blood test high, sgot blood test normal range, sgot blood test results explained, hepatitis b sgot sgpt levels, hepatitis b sgot sgpt, hepatitis b sgot sgpt normal, shot b, sgot count, shot caller, sgot causes, sgot cure, sgot control, sgot chart, sgot critical value, sgot calculation, sgot checkup, sgot coral, csgotm, hepatitis c sgot sgpt, hepatitis c sgot, sgot c'est quoi, hepatitis c sgot levels, transaminases sgot c'est quoi, c'est quoi sgot et sgpt, c'est quoi sgot/asat, c'est quoi sgot sgpt, sgot dan sgpt pdf, sgot dan sgpt rendah, sgot dalam darah, sgot darah, sgot dan sgpt yg normal, sgot dan sgpt nilai normal, sgot dan sgop, sgot enzyme, sgot elevated, sgot enzyme function, sgot expansion, sgot elevation causes, sgot erba, sgot enzyme levels, sgot elevated sgpt normal, sgot estimation, sgot et sgpt, e shots, sgot e sgpt alte, sgot e ast, sgot e gpt, ast sgot e alt gpt, exame sgot e sgpt, sgotti & sgotti, trans sgot e sgpt, какво е сгот, sgot faal hati, sgot fungsi hati, sgot fungsi hati adalah, sgot full form, sgot function, sgot full form in medical, sgot fatty liver, sgot for liver, got fever, sgot fernandopolis, f ast (sgot), shotgun, sgot greater than sgpt, sgot ggt sgpt, sgot sgot, sgot genf, sgot ggt, shot glass, sgot graph, sgot gun, g spot, g spot wanita, g spot pria, g spot wanita video, g spot adalah, g spot wanita gemuk, g spot location, g spot youtube, g spot pria gambar, g spot artinya, sgot hati, sgot hati tinggi, sgot hepatitis a, sgot hasil, sgot high, sgot high means, sgot high level, sgot higher than sgpt, sgot high sgpt normal, sgot high but sgpt normal, sgot h, sgot is, sgot increase, sgot increased conditions, sgot in myocardial infarction, sgot in heart disease, sgot in liver function test, sgot increased, sgot in blood test, sgot is high, got talent, i shot the sheriff, sgot i sgpt, сготви и покажи, sgotvi i pokaji 127, sgotvi i pokaji 128, sgotvi i pokaji 123, sgotvi i pokaji 124, sgotvi i pokaji 122, sgotvi i pokaji 126, sgot jurnal.

DONASI VIA DANA ke 085862486502 Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi Anda ini akan digunakan untuk memperpanjang domain www.infolabmed.com. Donasi klik Love atau dapat secara langsung via Dana melalui : 085862486502. Terima kasih.