Total Pageviews

Check Page Rank

Hubungan Golongan Darah dan Karakteristik Seseorang

Posted by On 5:02 PM


Infolabmed. Golongan darah adalah ilmu pengklasifikasian darah dari suatu kelompok berdasarkan ada atau tidak adanya zat antigen warisan pada permukaan membran sel darah merah. Hal ini disebabkan karena adanya perbedaan jenis karbohidrat dan protein pada permukaan membran sel darah merah tersebut. Dua jenis penggolongan darah yang paling penting adalah penggolongan ABO dan Rhesus (faktor Rh). Di dunia ini sebenarnya dikenal sekitar 46 jenis antigen selain antigen ABO dan Rh, hanya saja lebih jarang dijumpai. Transfusi darah dari golongan yang tidak kompatibel dapat menyebabkan reaksi transfusi imunologis yang berakibat anemia hemolisis, gagal ginjal, syok, dan kematian.

Ilmuwan Austria, Karl Landsteiner, memperoleh penghargaan Nobel dalam bidang Fisiologi dan Kedokteran pada tahun 1930 untuk jasanya menemukan cara penggolongan darah ABO. Jan Janskýdi pada tahun 1907 mengklasifikasikan darah manusia ke dalam empat grup, yang hingga kini masih digunakan.

Namun apakah Anda tahu bahwa memiliki karakteristik yang berbeda satu sama lain. Keempat golongan tersebut memiliki keunikan dan karakteristik masing-masing. Seperti dilansir sciencedaily, yang Kami kutip dari Lensa Indonesia, melakukan penelitian untuk mengetahui lebih dalam mengenai sifat keempat golongan darah manusia.

Berdasarkan penelitian tersebut, diketahui bahwa sifat golongan darah sebagai berikut:


GOLONGAN DARAH A

Orang-orang dengan golongan darah A di percaya memiliki sifat terorganisir, konsisten, sangat mudah bekerja sama tapi selalu cemas (terlalu perfeksionis) sehingga mudah membuat orang lain tidak suka.

Mereka juga  diketahui memiliki ketenangan saat situasi kritis bahkan saat semua orang panik. Namun, mereka cenderung menghindari konfrontasi dan tidak nyaman di dekat orang yang tidak cocok.

Golongan darah A yang pemalu, cenderung sangat sopan. Tapi semua orang dengan golongan darah A memiliki kesamaan yaitu tidak pernah benar-benar merasa cocok dengan orang lain. Mereka sangat bertanggung jawab. Jika ada pekerjaan yang harus dilakukan, mereka lebih memilih untuk mengurus sendiri. Mereka termasuk orang-orang mendambakan kesuksesan dan perfeksionis.

Orang-orang bergolongan darah A juga sangat kreatif dan paling artistik dari semua tipe darah. Kemungkinan besar karena sensitivitas mereka. Orang dengan golongan darah A juga dianggap klasik karena mudah stres.
  1. Berkepala dingin, serius, sabar dan tenang.
  2. Mempunyai karakter yang tegas, bisa di andalkan dan dipercaya tetapi keras kepala.
  3. Sebelum melakukan sesuatu orang bergolongan darah A biasanya memikirkannya terlebih dahulu dan mempunyai perencanaan yang matang. Mereka mengerjakan segalanya dengan sungguh-sungguh dan secara konsisten.
  4. Berusaha membuat diri mereka sewajar dan seideal mungkin.
  5. Bisa kelihatan menyendiri dan jauh dari orang-orang.
  6. Mencoba menekan perasaan mereka dan kelihatan tegar. Walaupun sebenarnya mereka mempunyai sisi yang lemah seperti gugup dan lain sebagainya.
  7. Cenderung keras terhadap orang-orang yang tidak sependapat. Makanya mereka cenderung berada di sekitar orang-orang yang bertemperamen sama.

GOLONGAN DARAH B

Orang dengan darah tipe B berkarakter paling santai. Mereka cenderung kurang kooperatif karena lebih suka mengikuti aturan dan ide-ide mereka sendiri. Mereka adalah individualis. Memperhatikan pikiran mereka lebih sedikit daripada perasaan mereka. Oleh sebab itu terkadang tampak dingin dan serius. Orang dengan darah tipe B sering dianggap tidak konvensional daripada jenis golongan darah lainnya.
  1. Pemilik golongan darah B ini suka penasaran dan tertarik terhadap segala hal baru.
  2. Mempunyai terlalu banyak kegemaran dan hobi. Kalau sedang suka dengan sesuatu biasanya mereka menggebu-gebu namun cepat juga bosan.
  3. Tapi biasanya mereka bisa memilih mana yang lebih penting dari sekian banyak hal yang di kerjakannya.
  4. Ingin menjadi nomor satu dalam berbagai hal dan tidak mau hanya dianggap rata-rata. Cenderung melalaikan lain hal jika sedang terfokus pada satu hal. Dengan kata lain, mereka tidak bisa mengerjakan sesuatu secara berbarengan alias kurang bisa multi-tasking.
  5. Terlihat cemerlang, riang, bersemangat dan antusias dari luar tetapi sebenarnya semuanya ternyata sama sekali berbeda dengan yang ada di dalam diri mereka.

GOLONGAN DARAH O

Orang dengan golongan darah O orang yang terbuka, enerjik dan sosial. Mereka yang paling fleksibel dibandingkan dengan semua golongan darah.

Mereka mudah memulai proyek tetapi sering mengalami kesulitan berikutnya karena mereka mudah menyerah. Mereka bertingkah dan tidak terlalu dapat diandalkan. Golongan darah O selalu mengatakan apa yang ada di pikiran mereka.
Mereka menghargai pendapat orang lain dan suka menjadi pusat perhatian. Juga, orang dengan darah O sangat percaya diri.
  1. Golongan darah O biasanya berperan dalam menciptakan gairah untuk suatu grup dan berperan dalam menciptakan suatu keharmonisan diantara para anggota grup tersebut. Biasanya mereka berjiwa leadership sebagai seorang pemimpin.
  2. Figur mereka terlihat sebagai orang yang menerima dan melaksakan sesuatu dengan tenang
  3. Apabila kesal terhadap seseorang, mereka susah marah terhadap orangnya langsung.
  4. Biasanya pemurah (baik hati), senang berbuat kebajikan. Mereka dermawan dan tidak segan-segan mengeluarkan uang untuk orang lain.
  5. Disukai oleh semua orang meski keras kepala dan secara rahasia mempunyai pendapatnya sendiri tentang berbagai hal.
  6. Di lain pihak, mereka sangat fleksibel dan gampang menerima hal-hal yang baru.
  7. Gampang di pengaruhi oleh orang lain dan lingkungan.
  8. Mereka terlihat berkepala dingin dan terpercaya tapi mereka sering tergelincir dan membuat kesalahan yang besar karena kurang berhati-hati.



GOLONGAN DARAH AB


Orang dengan golongan darah AB sulit diprediksi. Mereka dapat memiliki karakteristik di kedua ujung spektrum pada waktu yang sama. Misalnya, mereka bisa pemalu dan bisa tiba-tiba sebaliknya. Mereka dengan mudah beralih dari satu berlawanan dengan yang lain.

Orang yang dapat dipercaya dan bertanggung jawab, tetapi tidak dapat menangani terlalu banyak. Mereka tidak keberatan membantu asalkan kondisi mereka sendiri mampu. Orang dengan tipe darah ini tertarik dalam seni dan metafisika.

AB dianggap sebagai tipe darah terburuk di Jepang. Mereka hengkang dari pekerjaan ketika terdapat hal-hal tidak memenuhi harapan mereka. Dikenal sensitif dan ingin mendapat perhatian untuk mengimbangi kekurangan dari jenis darahnya.

Dalam beberapa kasus, sejumlah perusahaan mencoba membagi karyawan mereka kedalam kelompok kerja berdasarkan golongan darah dan tak seorang pun ingin bekerja dengan kelompok golongan darah AB.
  1. Memiliki perasaan yang sensitif, lembut.
  2. Penuh perhatian dan menjaga perasaan orang lain dan selalu menghadapi orang lain dengan kepedulian serta kehati-hatian.
  3. Di samping itu mereka keras dengan diri mereka sendiri juga dengan orang-orang yang dekat dengannya.
  4. Mereka jadi cenderung kelihatan mempunyai dua kepribadian.
  5. Mereka sering menjadi orang yang sentimen dan memikirkan sesuatu terlalu panjang dan dalam.
  6. Punya banyak teman, tapi membutuhkan waktu dan tempat untuk menyendiri dalam memikirkan persoalan-persoalan mereka.
Baca juga : 
  1. Penetapan Kadar Hemoglobin 
  2. Golongan Darah dan Rhesus | Seri Edukasi Laboratorium Medis


PENTING : Terimakasih sudah berkunjung ke website Kami. Untuk yang mengambil artikel dari website Kami, dimohon untuk mencantumkan sumber pada tulisan / artikel yang Anda muat. Terimakasih atas kunjungannya.

Sumber :
  1. Wikipedia. 2018. Golongan Darah. Tersedia ; https://id.wikipedia.org/wiki/Golongan_darah. (04 Januari 2018)
  2. Lensa Indonesia. 2018. Sifat dan karakter berdasarkan golongan darah. Tersedia ; https://www.lensaindonesia.com/2014/03/03/sifat-dan-karakter-berdasarkan-golongan-darah.html. (04 Januari 2018)


Artikel yang mungkin sedang anda cari ; golongan darah o, golongan darah b, golongan darah ab, golongan darah langka, golongan darah rhesus, golongan darah manusia, golongan darah ab disebut, golongan darah o positif, golongan darah a positif, golongan darah b positif, golongan darah, golongan darah a, golongan darah adalah, golongan darah abo, golongan darah a dan o, golongan darah anak, golongan darah ab dan o, golongan darah a plus, golongan darah ab pada proses transfusi darah dapat, a+ golongan darah, golongan darah a rhesus positif, golongan darah a dan b menikah, golongan darah a cocok dengan, golongan darah a dan o menikah, golongan darah a dan b, golongan darah a+ langka, golongan darah bts, golongan darah bombay, golongan darah b plus, golongan darah berubah, golongan darah b negatif, golongan darah b cocok dengan, golongan darah biru, golongan darah b dan o, golongan darah b sama b, golongan darah b dan o menikah, golongan darah b rhesus positif, golongan darah b rhesus negatif, golongan darah b dalam percintaan, golongan darah b positif dan negatif, golongan darah b makanan, golongan darah chanyeol, golongan darah cara tabung, golongan darah chanyeol exo, golongan darah campbell, golongan darah cr7, golongan darah cak nun, golongan darah cinta, golongan darah cek, golongan darah cancer. 

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »