Pemeriksaan Waktu Perdarahan (Bleeding Time) (Metode Duke)


Waktu perdarahan (bleeding time, BT) adalah uji laboratorium untuk menentukan lamanya tubuh menghentikan perdarahan akibat trauma yang dibuat secara laboratoris. Pemeriksaan ini mengukur lamanya hemostatis dan koagulasi. Masa perdarahan tergantung pada beberapa hal seperti ketepatgunaan cairan jaringan dalam memacu koagulasi, fungsi pembuluh darah kapiler dan trombosit. 

Metode     : Duke
Prinsip     
Mengukur lamanya waktu yang diperlukan untuk terbentuk sumbatan atau berhentinya perdarahan dari luka yang dibuat.
Tujuan 
Untuk menilai trombosit dan reaksi pembuluh darah terhadap luka.

Alat dan Bahan
  1. Blood lancet
  2. Kapas alkohol
  3. Stopwatch
  4. Kertas saring
 Prosedur     :
  1. Bersihkan bagian anak daun telinga lengan dengan kapas alkohol 70%, tunggu hingga kering..
  2. Tusuk bagian tersebut dengan blood lancet.
  3. Nyalakan stopwatch saat darah pertama keluar.
  4. 30 detik kemudian sentuhkan darah yang menetes pada kertas saring, lalau kertas saring segera disingkirkan.
  5. Demikian lakukan tiap 30 detik sampai darah tidak keluar lagi. Catat waktunya.

Interpretasi Hasil
Blooding Time : 1 - 3 menit.

Masalah Klinis

HASIL MEMENDEK : Penyakit Hodgkin
HASIL MEMANJANG : idiopathic thrombocytopenic purpura (ITP), abnormalitas trombosit, abnormalitas vascular, leukemia, penyakit hati serius, disseminated intravascular coagulation (DIC), anemia aplastik, defisiensi faktor koagulasi (V, VII, XI). Pengaruh obat : salisilat (aspirin), dekstran, mitramisin, warfarin (Coumadin), streptokinase (streptodornasi, agens fibrinolitik).


Faktor yang dapat mempengaruhi temuan laboratorium :
  • Metode yang digunakan; teknik yang tidak tepat – bila terjadi luka pungsi yang mungkin lebih dalam daripada yang seharusnya. Bila tetesan darah ditekan paksa pada permukaan kertas dan tidak menunggu tetesan darah benar-benar terisap dengan sendirinya pada kertas penghisap, hal ini dapat merusak partikel fibrin sehingga memperlama perdarahan.
  • Obat aspirin dan antikoagulan dapat memperlama perdarahan.
Baca juga :
PENTING : Terimakasih sudah berkunjung ke website Kami. Untuk yang mengambil artikel dari website Kami, dimohon untuk mencantumkan sumber pada tulisan / artikel yang Anda muat. Terimakasih atas kunjungannya
Sumber :
  1. Laboratorium Kesehatan. (2017). Waktu Perdarahan. [Online]. Tersedia : http://labkesehatan.blogspot.co.id/2010/01/waktu-perdarahan.html. (20 April 2017).


DONASI VIA DANA ke 085862486502 Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi Anda ini akan digunakan untuk memperpanjang domain www.infolabmed.com. Donasi klik Love atau dapat secara langsung via Dana melalui : 085862486502. Terima kasih.

Post a Comment

0 Comments