Hot News

Total Pageviews

Check Page Rank

Apa Itu Pap Smear? Pemeriksaan Laboratorium Untuk Screening Kanker Serviks.

Posted by On 3:23 AM


Infolabmed.com. Kanker serviks adalah salah satu jenis kanker terganas nomor dua yang menyerang kaum wanita. Sayangnya, masih banyak wanita, khususnya di Indonesia, yang tidak rutin memeriksakan diri dengan melakukan pap smear.


Pap smear adalah metode screening ginekologi, dicetuskan oleh Georgios Papanikolaou, untuk menemukan proses-proses premalignant dan malignant di ectocervix, dan infeksi dalam endocervix dan endometrium. 

Pap smear digunakan untuk mendeteksi kanker rahim yang disebabkan oleh human papillomavirus atau HPV. Menurut perkiraan, di Inggris Pap smear mencegah sekitar 700 kematian per tahun. Wanita yang aktif secara seksual disarankan menjalani Pap smear sekali setahun.
Beberapa hal yang harus dilakukan sebelum pap smear diantaranya:
  1. Tidak melakukan hubungan seksual 48 jam sebelumnya
  2. Tidak menggunakan pembersih vagina baik cairan atau semprot yang dapat mengubah kandungan cairan vagina.
  3. Tidak sedang haid. Haid dapat mengaburkan hasilnya.
  4. Tidak sedang dalam infeksi berat, seperti keputihan yang parah.
Tidak perlu takut melakukan papsmear. pemeriksaan pap smear dikerjakan dengan mengambil sample sel dari vagina dan mulut rahim. sampel tersebut akan diperiksa di laboratorium, jika hasil normal, Anda tetap harus melakukan pap smear rutin setiap 3 tahun. 
Jika hasilnya menunjukan sel abnormal maka dokter akan memberikan penatalaksanaan lanjutan. Standar penggunaan alat untuk papsmear adalah akan selalu disterilisasikan setiap habis digunakan. Oleh sebab itu disarankan untuk melakukan papsmear di fasilitas kesehatan dan oleh tenaga medis/ dokter yang kompeten.

Sumber :
  • Wikipedia. 2016. Pap Smear. Diakses tanggal 19 September 2016. Link ; https://id.wikipedia.org/wiki/Pap_smear
  • Klik Dokter. 2016. Syarat Pemeriksaan Pap Smear. Diakses tanggal 19 September 2016. Link ; https://www.klikdokter.com/tanyadokter/kebidanan-kandungan/syarat-pemeriksaan-pap-smear
  • Alo Dokter. 2016. Deteksi Dini Kanker Serviks dengan Pap Smear. Diakses tanggal 19 September 2016. Link : http://www.alodokter.com/deteksi-dini-kanker-serviks-dengan-pap-smear


Next
« Prev Post
Previous
Next Post »