Hot News

Total Pageviews

Check Page Rank

Antonie van Leeuwenhoek

Posted by On 4:28 AM


Infolabmed.com. Seperti yang telah Kami tuliskan sebelumnya, informasi penemu - penemu dalam bidang kedokteran dan atau alat alat yang ada di dalam laboratorium itu ada penemunya. Pada kesempatan kali ini Kami akan memberikan sedikit biografi dari penemu Mikroskop, Antonie van Leeuwenhoek, yang sudah berjasa dalam penemuan mikroskop. Penemuan mikroskop ini berpengaruh terhadap ilmu mikrobiologi modern. 

Anton van Leeuwenhoek (1632 - 1723) adalah seorang pedagang Belanda dan ilmuwan, paling dikenal untuk karyanya pada pengembangan dan peningkatan mikroskop dan juga atas kontribusi selanjutnya ke arah studi mikrobiologi.

Menggunakan mikroskop buatan, Anton van Leeuwenhoek adalah orang pertama yang mengamati dan mendeskripsikan organisme bersel tunggal, yang awalnya disebut sebagai animalcules (yang sekarang kita sebut sebagai mikroorganisme). Dia juga yang pertama untuk merekam dan mengamati serat otot, bakteri, spermatozoa dan aliran darah dalam kapiler (pembuluh darah kecil).

BIOGRAFI SINGKAT

Nama                          : Antonie van Leeuwenhoek 
Lahir                           : 24 Oktober 1632
Wafat                          : 26 Agustus 1723 (usia 90 Tahun)
Tempat Tinggal            : Delf, Belanda
Kebangsaan                : Belanda
Penemu dalam Bidang : Mikroskopis dan Biologis
Agama                        : "Dutch Reformed" Calvinist
Peristirahatan Terakhir : Oude Kerk (Delft).

PENEMUAN - PENEMUAN UTAMA :
  • Infusoria (protista dalam klasifikasi zoologi modern), di 1674
  • Bakteri, (misalnya, besar Selenomonads dari mulut manusia), pada 1676, [28] [catatan 4]
  • Vakuola sel
  • Spermatozoa di 1677
  • Pola banded dari serat otot, tahun 1682
Pada akhir hidupnya, Van Leeuwenhoek telah menulis sekitar 560 surat kepada Royal Society dan lembaga-lembaga ilmiah lainnya mengenai pengamatan dan penemuannya. Bahkan selama minggu-minggu terakhir hidupnya, Van Leeuwenhoek terus mengirimkan surat penuh pengamatan ke London.

Sediktinya materi yang terdapat dalam artikel ini, semoga bisa membantu teman - teman sekalian untuk mengenal Antonie van Leeuwenhoek.

Sumber :
  • Wikpedia. 2016. Antonie van Leeuwenhoek. Diakses Tanggal 19 juli 2016. Link ; https://en.wikipedia.org/wiki/Antonie_van_Leeuwenhoek
  • Histori Of The Microscope. 2016. Anton van Leeuwenhoek : A history of the compound microscope. Diakses Tanggal 19 Juli 2016. Link ; http://www.history-of-the-microscope.org/anton-van-leeuwenhoek-microscope-history.php

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »