Hot News

Total Pageviews

Check Page Rank

Peralatan Yang Ada Di Laboratorium Medis

Posted by On 2:16 AM


Infolabmed.com. Berikut ini disajikan daftar peralatan laboratorium yang diperlukan untuk menjalankan semua prosedur pemeriksaan yang diuraikan dalam pedoman ini. Laboratorium semacam ini umumnya terdapat pada rumah sakit di daerah terpencil yang mungkin hanya memiliki 60 sampai 100 tempat tidur.

Peralatan Laboratorium Utama
Mikroskop
Suatu laboratorium seharusnya dilengkapi dengan dua buah mikroskop.
  • Sebuah mikroskop digunakan untuk pemeriksaan hematologi. Mikroskop tersebut harus memiliki tabung lensa binokuler dengan kemiringan tertentu, meja objek, tiga buah lensa objektif (x10, x 40, x100, dua buah lensa okuler (x5, x 10), kondensator, dan lampu listrik yang dapat dihubungkan ke sumber listrik utama atau baterai.
  • Mikroskop kedua digunakan untuk prosedur pemeriksaan laboratorium lainnya (parasitologi, analisis urine, bakteriologi, dll.) dan mikroskop tersebut harus memiliki tabung lensa binokuler dengan kemiringan tertentu beserta kelengkapan-kelengkapannya, seperti tercantum di atas.
Di pusat pelayanan kesehatan, sebuah mikroskop binokuler saja sebenarnya sudah cukup memadai.

Centrifuge 
Suatu laboratorium sebaiknya dilengkapi dengan dua buah centrifuge:
- centrifuge elektrik yang dilengkapi dengan sambungan kepala mikrohematokrit dan alat bacanya;
- centrifuge manual atau elektrikdengan empat wadah tabung (tube holders, buckets).

Neraca
Sebuah neraca (timbangan) analitis yang dilengkapi dengan satu set anak-timbangan diperlukan dalam pembuatan reagen di laboratorium.
Bila berbagai jenis reagen perlu dibuat di sebuah laboratorium, neraca dua-piringan dengan satu set anak timbangan yang sesuai (lihat bagian 3.2.2) akan sangat membantu.

Refrigerator (Iemari pendingin, kulkas)
Berbagai reagen (seperti reagen untuk tes kehamilan, dll.) dan material (seperti media transpor tertentu, spesimen, dll.) harus disimpan di dalam kulkas.

Penangas Air
Bila sampel atau bahan harus disimpan pada suhu tertentu dan ketika suatu pengukuran juga harus dilakukan pada suhu tertentu, diperlukan sebuah penangas air yang dilengkapi dengan termostat sebagai pengatur suhu.

Alat hitung-jenis (differential counter)
Walaupun penghitungan manual dapat dilakukan, tetapi penggunaan alat hitung-jenis dapat menghemat waktu.
Fotometer atau colorimeter
Fotometer atau colorimeter diperlukan untuk pemeriksaan kimia darah dan pengukuran kadar hemoglobin secara akurat. Jenis alat ini, yang menggunakan baterai, tersedia di pasaran.


PERALATAN TAMBAHAN

Autoklaf
Bila laboratorium berada di dalam rumah sakit, sterilisasi alat dapat dilaktikan menggunakan fasilitas rumah sakit tersebut.
Namun, bila laboratorium berada di suatu pusat pelayanan kesehatan (di luar rumah sakit), diperlukan salah satu dari peralatan berikut (lihat bagian 3.5.5).
  • autoklafmini (elektrik atau yang dipanaskan dengan tungku minyak atau gas butana)
  • panci bertekanan (pressure cooker)
Oven udara-panas
Bila laboratorium berukuran cukup besar, oven udara-panas mini dapat digunakan untuk mengeringkan peralatan gelas dan sterilisasi, seperti halnya autoklaf Oihatbagian 3.5.5).
Deionizer atau penyuling air
Deionizer adalah alat untuk membuat air demineralisasi menggunakan magasin yang berisi resin pertukaran-lon. Bila tidak ada deionizer, dapat digunakan penyuling air

Sumber 
WHO . 2003. Pedoman Dasar Untuk Laboratorium Kesehatan (Manual of Basic Techniques for A Health Laboratory) ; Edisi 2. Penerbit EGC

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »