Pemeriksaan Asam Urat (Serum) (End Point-Enzimatik Uricase)


Asam urat adalah penyakit dari sisa metabolisme zat purin yang berasal dari sisa makanan yang kita konsumsi. Purin sendiri adalah zat yang terdapat dalam setiap bahan makanan yang berasal dari tubuh makhluk hidup. Dengan kata lain, dalam tubuh makhluk hidup terdapat zat purin ini, lalu karena kita memakan makhluk hidup tersebut, maka zat purin tersebut berpindah ke dalam tubuh kita. Berbagai sayuran dan buah-buahan juga terdapat purin. Purin juga dihasilkan dari hasil perusakan sel-sel tubuh yang terjadi secara normal atau karena penyakit tertentu. Biasanya asam urat menyerang pada usia lanjut, karena penumpukan bahan purin ini. (Wikipedia, 2017).


Metode     : End Point-Enzimatik Uricase

Prinsip
Asam urat dengan bantuan enzim uricase akan diubah menjadi allantonin, CO2 dan hidrogen peroksida+kromogen amino antipirin+diklorohidroksibenzen sulfonat dengan bantuan enzim peroksidase akan menghasilkan kompleks berwarna merah mudah. Intensitas warna yang terbentuk sebanding dengan konsentrasi asam urat dalam sampel yang diukur pada panjang gelombang 500 nm.

Tujuan
Untuk mengetahui kadar asam urat dalam darah.

Alat dan Bahan
  1. Tabung reaksi
  2. Mikropipet
  3. Blue dan yellow tip
  4. Reagen asam urat
  5. Sampel serum

Prosedur     :
  1. Menyiapkan alat dan bahan yang akan digunakan.
  2. Sampel darah dibekukan terlebih dahulu selama 15-30 menit.
  3. Sampel darah yang sudah beku disentrifuge dengan kecepatan 3000 rpm selama 5 menit sampai diperoleh serum.
  4. Serum yang sudah terpisah dapat digunakan sebagai sampel pemeriksaan.
  5. Memipet serum kedalam tabung reaksi.


Blanko
Standart
Sampel
Standart

25 µL

Serum


25 µL
Reagen Kerja
1000 µL
1000 µL
1000 µL
      
      6.    Dihomogenkan, inkubasi selama 10 menit.
      7.    Dibaca pada panjang gelombang 500 nm.

 Interpretasi Hasil
  • Laki-laki   : 4 – 8,5 mg/dL
  • Perempuan     : 2,7 – 7,3 mg/dL
Baca juga :
PENTING : Terimakasih sudah berkunjung ke website Kami. Untuk yang mengambil artikel dari website Kami, dimohon untuk mencantumkan sumber pada tulisan / artikel yang Anda muat. Terimakasih atas kunjungannya.


DONASI VIA DANA ke 085862486502 Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi Anda ini akan digunakan untuk memperpanjang domain www.infolabmed.com. Donasi klik Love atau dapat secara langsung via Dana melalui : 085862486502. Terima kasih.

Post a Comment

0 Comments