Total Pageviews

Check Page Rank

Deteksi Molekuler Spesies Acanthamoeba, PCR, Ocular (mata) - Pemeriksaan Laboratorium Medik

Posted by On 2:40 AM


Acanthamoeba adalah terdapat dimana  - mana, hidup bebas, amebae mikroskopis yang menyebabkan infeksi jarang namun berat terjadi pada mata, kulit, paru-paru, dan sistem saraf pusat (SSP). Mereka ditemukan di seluruh dunia dalam air dan tanah, dan dapat masuk ke tubuh melalui inhalasi, kontaminasi luka, dan penggunaan lensa kontak. Sebanyak 24 spesies yang terdiri dari 18 genotipe (T1-T18) telah dideskripsikan, meskipun infeksi kebanyakan manusia adalah karena genotipe T4. Mengingat distribusi secara luas adanya di lingkungan, banyak orang akan terkena Acanthamoeba selama hidup mereka, tapi sangat sedikit akan menjadi sakit dari paparan ini.


Bentuk yang paling umum dari infeksi Acanthamoeba adalah amebic keratitis (AK). Infeksi terjadi terutama pada pemakai lensa kontak karena kontaminasi lensa, larutan pembersih, atau kasus penyimpanan. Amebae juga dapat memasukkan kornea berikutnya trauma. AK adalah sub-akut infeksi yang menyakitkan, kornea terkait dengan jaringan parut yang luas dan kebutaan jika tidak diobati. Kasus umumnya merespon mendapat pertolongan akan tetapi kambuh sering terjadi. Dibandingkan dengan infeksi kornea, keterlibatan SSP adalah langka dan terlihat terutama pada individu immunocompromised berat seperti penerima transplantasi organ dan pasien dengan AIDS. Infeksi SSP juga bisa disebabkan oleh amoeba terkait, Balamuthia mandrillaris.

AK biasanya diduga secara klinis berdasarkan gejala dan hasil pemeriksaan optalmologi confocal. Konfirmasi infeksi klasik diidentifikasi dibuat dengan pemeriksaan mikroskopis dan kultur jaringan dan kontak kornea lensa atau peralatan menggunakan plat media TWA (tap water agar) ditanami dengan bakteri sebagai sumber makanan bagi amebae tersebut. Sayangnya, hal itu harus dilakukan dan diperiksa selama 7 hari untuk sensitivitas maksimum. PCR memberikan hasil yang lebih cepat dengan sensitivitas mirip dengan kultur dan oleh karena itu adalah metode yang disukai untuk mengkonfirmasikan diagnosis klinis AK.

Tujuan
  • Membantu dalam mendiagnosis keratitis amoeba dalam hubungannya dengan temuan klinis.
Nilai Rujukkan
Negatif

Metode Pemeriksaan
Real-Time Polymerase Chain Reaction (PCR) / TaqMan DNA Probe Hibridisasi

Nama Pelaporan 
Acanthamoeba species Detection, PCR

Jenis Spesimen
Bervariasi

Syarat Spesimen 

Diperlukan sumber spesimen

Spesimen yang dikumpulkan menggunakan apusan shafted kayu ini akan dibatalkan.

Pewarna fluorescein dapat mengganggu pengujian dan tidak boleh digunakan sebelum pengumpulan.
Spesimen yang mengandung pewarna fluorescein ini akan dibatalkan.

Spesimen yang baik untuk Acanthamoeba PCR adalah dari sumber ocular (penglihatan) yaitu berupa goresan atau biopsi kornea .

Anda hanya perlu mengirimkan 1 dari spesimen berikut ini :

Jenis Spesimen : Jaringan: Segar
Sumber: Ocular
Kontainer / Tabung: wadah steril
Volume spesimen: 5-10 mm
Petunjuk Koleksi: Kirimkan jaringan dalam wadah steril dengan 1 mL saline steril, minimal Media esensial (MEM), atau media transportasi virus.

Jenis Spesimen : Jaringan: Formalin-fixed parafin-embedded (FFPE)
Sumber: Ocular
Kontainer / Tabung: wadah steril
Volume spesimen: 5-10 mm
Petunjuk Koleksi: potong jaringan menjadi lima bagian 10-mikron dan tempatnya dalam wadah steril.

Jenis Spesimen : Kerokan / penyeka
Sumber: Mata, okular, kornea
Kontainer / Tabung: wadah steril
Volume spesimen: 1 mL
Petunjuk Pengumpulan:
  1. Kumpulkan kerokan kornea menggunakan pisau bedah atau perangkat tajam lainnya untuk menghilangkan lapisan luar sel dari mata.
  2. Kibaskan perangkat koleksi kedalam 1 mL saline steril, Minimal Media Esensial (MEM) atau media transportasi virus.
  3. Lepaskan perangkat koleksi dari wadah koleksi sebelum mengirimkan ke laboratorium.
  4. Spesimen yang mengandung pisau bedah ini akan dibatalkan.
Informasi Tambahan: Apusan spesimen bukanlah yang lebih disukai untuk dilakukan tes ini dan mungkin menghasilkan hasil negatif palsu.

Jenis Spesimen : Lensa kontak
Kontainer / Tabung: wadah steril
Spesimen Volume: Seluruh koleksi
Petunjuk Pengumpulan:
  1. Tempatkan lensa seluruh kontak dalam wadah steril dengan 1 mL saline steril, larutan lensa kontak, media transportasi virus, atau media minimal esensial (MEM).
  2. Lensa kanan dan kiri harus diserahkan secara sendiri - sendiri menggunakan beberapa wadah steril atau dalam cases lensa kontak asli. Beberapa pesanan harus dibuat.
  3. Tunjukkan kanan atau kiri dalam sumber spesimen.
Jenis Spesimen: larutan lensa kontak
Kontainer / Tabung: wadah steril
Spesimen Volume: 1 mL larutan

Jenis Spesimen: cases lensa kontak tanpa lensa
Kontainer / Tabung: wadah steril
Volume spesimen: 1 larutan mL atau seluruh kasus
Informasi tambahan:
  1. Tergantung pada jenis kasus yang diajukan, mungkin perlu untuk menguji bilik/chambers kanan dan kiri secaramasing-masing. Beberapa pesanan harus dibuat.
  2. Menunjukkan kanan atau kiri dalam sumber spesimen.

Perhatian
Ketika pemeriksaan ini dirancang untuk mendeteksi gejala infeksi dengan spesies Acanthamoeba, distribusi luas di antaranya amebae mikroskopis yang hidup bebas pada lingkungan dapat mengkontaminasi benda mati seperti lensa kontak dan cases. Dengan demikian, maka harus digunakan untuk pasien dengan riwayat klinis dan gejala penglihatan yang selaras dengan keratitis amoeba.

Pengumpulan spesimen yang kurang memadai atau penyimpanan yang tidak tepat mungkin invalid hasil tes.

Acanthamoeba spesies DNA dapat terdeteksi untuk jangka waktu yang tidak diketahui setelah perawatan yang memadai.

Baca juga :
PENTING : Terimakasih sudah berkunjung ke website Kami. Untuk yang mengambil artikel dari website Kami, dimohon untuk mencantumkan sumber pada tulisan / artikel yang Anda muat. Terimakasih atas kunjungannya.

Sumber :
  1. Mayo Clinic. (2017). ACARP - Acanthamoeba species Molecular Detection, PCR, Ocular. [online]. Tersedia ; http://www.mayomedicallaboratories.com/test-catalog/Specimen/64717.  (10 maret 2017).



Next
« Prev Post
Previous
Next Post »