Hemoglobin Janin (HbF) (Darah) - Seri Pemeriksaan Laboratorium Klinik


Bagi bayi baru lahir, peningkatan kadar HbF normalnya ditemukan pada sel darah merah. Pada saat bayi berumur 6 bulan, kadar Hb F harus mencapai kurang dari 5%, dan hemoglobin yang tersisa harus mencakup HbA1 dan HbA2. Jika HbF tetap menunjukkan peningkatan setelah bayi berusia 6 bulan, harus dipertimbangkan terjadinya hemoglobinopati seperti yang terjadi pada talasemia minor maupun mayor.



Tujuan
  • Untuk mendiagnosis berbagai hemoglobinopati seperti Talasemia minor atau mayor.

Nilai Rujukkan
DARI KADAR HEMOGLOBIN TOTAL:
DEWASA: 0 - 2%.
ANAK: Bayi Baru Lahir: 60 - 90%; 1 - 5 Bulan: <70%; 6 - 12 Bulan: < 5%; > 1Tahun: < 2%. 

Prosedur
  • Kumpulkan 7 sampai 10 ml darah vena dalam tabung bertutup lembayung atau hijau. Isi tabung. Balikkan tabung secara perlahan. Cegah hemolisis (tabung JANGAN dikocok).
  • Ambil darah kapiler dari anak usia muda dalam tabung pengumpulan berukuran mikro.
  • Tidak ada pembatasan asupan makanan ataupun minuman.

Faktor yang Mempengaruhi Temuan Laboratorium
  • Hemolisis sampel darah.
  • Spesimen darah yang disimpan sudah melebihi waktu 3 jam dapat memberikan temuan positif palsu.
Masalah Klinis
PENINGKATAN KADAR: Talasemia (minor atau mayor); anemia sel sabit; anemia aplastik didapat (akibat obat, toksin, dsb.); hipertiroidisme; leukemia akut atau kronis, terutama leukemia mieloid juvenis; mieloma multipel; penyakit hemoglobin H; terdapat Hb F yang herediter.

IMPLIKASI KEPERAWATAN
PENYULUHAN KLIEN
  • Jelaskan prosedur pelaksanaan uji pada klien atau orangtuanya. Spesimen darah dapat diambil dari jari tangan atau daun telinga.
  • Dengarkan kekhawatiran klien. Rujuk pertanyaan yang jawabannya tidak Anda ketahui, pada tenaga kesehatan lainnya.
PENTING : Terimakasih sudah berkunjung ke website Kami. Untuk yang mengambil artikel dari website Kami, dimohon untuk mencantumkan sumber pada tulisan / artikel yang Anda muat. Terimakasih atas kunjungannya.

Sumber : 
  1. LeFever Ke, Joyce. 2002. Pedoman Pemeriksaan Laboratorium & Diagnostik ; Edisi 6. Hal : 194 - 195. Cetakan 2017. EGC ; Jakarta
 Baca juga :






DONASI VIA DANA ke 085862486502 Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi Anda ini akan digunakan untuk memperpanjang domain www.infolabmed.com. Donasi klik Love atau dapat secara langsung via Dana melalui : 085862486502. Terima kasih.

Post a Comment

0 Comments