Hot News

Total Pageviews

Check Page Rank

Cytoplasmic Neutrophil Antibodies, Serum - Seri Pemeriksaan Laboratorium Klinik

Posted by On 5:16 AM


Antineutrophil sitoplasma antibodi (ANCA) dapat terjadi pada pasien dengan vaskulitis autoimun termasuk Wegener Granulomatosis (WG), polyangiitis mikroskopis (MPA), atau varian organ-terbatas darinya seperti pauci-imun necrotizing glomerulonefritis. Deteksi ANCA adalah baik-a didirikan tes diagnostik untuk evaluasi pasien yang diduga menderita vaskulitis autoimun. ANCA bereaksi dengan enzim dalam butiran sitoplasma neutrofil manusia termasuk proteinase 3 (PR3), myeloperoxidase (MPO), elastase, dan cathepsin G.



Antibodi PR3 terjadi pada pasien dengan WG (baik WG klasik dan atau WG dengan keterlibatan end-organ tertentu) dan menghasilkan pola karakteristik fluoresensi sitoplasma granular pada neutrofil etanol-tetap disebut pola cANCA. Antibodi MPO terjadi pada dominasi pasien dengan MPA dan menghasilkan pola fluoresensi sitoplasma perinuklear pada neutrofil etanol-tetap disebut pola pANCA.

Tujuan
Antineutrophil sitoplasma antibodi (cANCA dan pANCA): - Mengevaluasi pasien yang diduga menderita autoimun vaskulitis (baik Wegener Granulomatosis [WG] dan polyangiitis mikroskopis). 

cANCA titer: - Bermanfaat bagi respon pengobatan dan atau pemantauan pada pasien dengan WG (penyakit sistemik atau organ-terbatas); titer meningkat menunjukkan kekambuhan penyakit, sementara titer menurun menunjukkan pengobatan yang berhasil.

Metode Pemeriksaan 
Indirect Immunofluorescence
Nama Pelaporan
Cytoplasmic Neutrophilic Ab, S

Nama Lain
ACPA (Anti-Neutrophil Cytoplasmic Antibodies)
ANCA (Antineutrophil Cytoplasmic Antibodies)
ANCA (Wegener's)
Anti-Neutrophil Cytoplasmic Ab Test
Anti-Neutrophil Cytoplasmic Antibodies
Anticytoplasmic Antibody
Anticytoplasmic Autoantibodies
Antineutrophil Cytoplasmic Antibodies (ACPA)
Autoantibodies to Proteinase 3
c-ANCA (Anti-Neutrophil Cytoplasmic Antibodies)
cANCA (Antineutrophil Cytoplasmic Antibodies)
Cytoplasmic Antibody
Cytoplasmic Neutrophil Antibodies
MPO (Myeloperoxidase Antibodies)
Myeloperoxidase Antibodies (MPO)
Neutrophil Cytoplasmic Antibodies
P-ANCA
pANCA (Perinuclear Antineutrophil Cytoplasmic Antibody)
Perinuclear anti-neutrophil cytoplasmic antibody (pANCA)
Perinuclear Antineutrophil Cytoplasmic Antibody (pANCA)
PR3 (Proteinase 3) Antineutrophil Cytoplasmic Antibodies
Proteinase 3 (PR3) Antineutrophil Cytoplasmic Antibodies
Wegener's Disease
Wegener's Granulomatosis
Jenis Sampel
 Serum


Syarat Sampel
  • Wadah/tabung :
  • Diutamakan : Serum gel
  • Diterima : Tabung bertutup merah
  • Wadah/tabung pengiriman :
  • Volume sampel : 0,5 mL (Minimal 0,35 mL)
  • Instruksi Pengumpulan :
Nilai Rujukkan
Negatif
Jika positif bagi cANCA, Hasilnya adalah dititrasi.

Interpretasi
Hasil positif untuk antineutrophil sitoplasma antibodi (cANCA atau pANCA) adalah konsisten dengan diagnosis Wegener granulomatosis (WG), baik sistemik WG dengan keterlibatan pernapasan dan ginjal atau terbatas WG dengan keterlibatan end-organ yang lebih terbatas. Hasil positif untuk pANCA konsisten dengan diagnosis vaskulitis autoimun termasuk polyangiitis mikroskopis (MPA) atau pauci-imun necrotizing glomerulonefritis. pengukuran berurutan dari titer dari cANCA mungkin berguna untuk menunjukkan perjalanan klinis pasien dengan WG. Perubahan titer > atau = 2 pengenceran serial dianggap signifikan. Pada pasien dengan tingkat yang sangat rendah cANCA, pola pewarnaan immunofluorescent  dapat meniru pola pANCA. Pada pasien dengan MPA, pemantauan aktivitas penyakit dapat dilakukan dengan mengukur MPO ANCA (MPO / Myeloperoxidase Antibodi, IgG, Serum).

Perhatian
Rekomendasi saat ini menunjukkan bahwa pengujian untuk antineutrophil sitoplasma antibodi (ANCA) dengan alat tes imunofluoresensi tidak boleh diandalkan secara eksklusif untuk menetapkan diagnosis  Wegener Granulomatosis (WG) atau polyangiitis mikroskopis (MPA).

Hasil untuk pengujian cANCA yang dianalisa untuk jika positif (1: 4, 8, 16, 32, dll). Jika positif bagi pANCA, hasil dilaporkan sebagai positif. Perubahan titer cANCA tidak boleh diandalkan secara eksklusif untuk menilai aktivitas penyakit pasien dengan WG atau untuk menentukan respon terhadap pengobatan. Apabila Titer cANCA  menurun mungkin tertinggal di belakang remisi klinis oleh beberapa minggu pada pasien dengan WG dan, titer terdeteksi cANCA dapat bertahan tanpa batas waktu meskipun induksi remisi klinis penyakit stabil. Sebaliknya, sedikit peningkatan titer cANCA tidak harus diartikan eksaserbasi penyakit tanpa bukti klinis dan laboratorium lebih lanjut dari perkembangan penyakit.

Kehadiran antibodi antinuclear dapat meniru pANCA pada neutrofil etanol-tetap.

PENTING : Terimakasih sudah berkunjung ke website Kami. Untuk yang mengambil artikel dari website Kami, dimohon untuk mencantumkan sumber pada tulisan / artikel yang Anda muat. Terimakasih atas kunjungannya.
Baca juga :

Sumber :
  1. Mayo Clinic. 2017. Cytoplasmic Neutrophil Antibodies, Serum. Diakses tanggal 28 Februari 2017. Link ; http://www.mayomedicallaboratories.com/test-catalog/Clinical+and+Interpretive/9441

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »