Hot News

Total Pageviews

Check Page Rank

Cara atau Tekhnik Pengambilan Secret Vagina Untuk Pemeriksaan Pap Smear

Posted by On 4:42 AM




Infolabmed.com. Pap Test atau Pap Smear adalah tes spesifik yang digunakan dan ditujukan untuk mendeteksi dini kanker leher rahim/kanker serviks. Walau begitu, Pap Smear mampu mendeteksi lebih dari 90 persen kanker leher rahim tahap awal yang masih bisa disembuhkan.

 TEKNIK PENGAMBILAN CAIRAN UNTUK PAP SMEAR
  1. Pap smear dilakukan di atas meja ginekologi oleh seorang dokter atau bidan terlatih.
  2. Pemeriksaan dalam ini menggunakan alat yang disebut spekulum yang berfungsi untuk membuka liang vagina sehingga mulut rahim tampak.
  3. Pemeriksa akan mengambil cairan leher rahim menggunakan suatu alat yang disebut spatula.
  4. Cairan dari serviks kemudian dioles pada object glass dan difiksasi dengan cairan khusus  atau dengan Alkohol 95 % lalu dibawa ke laboratorium untuk proses dan membutuhkan waktu sekira 3–7 hari hingga “dibaca” oleh seorang ahli patologi.
  5. Kemudian, dari hasil pemeriksaan bisa diketahui apakah sel-sel leher rahim yang tampak itu normal atau sudah menunjukkan tanda-tanda tidak normal
TEMPAT MELAKUKAN TES PAP SMEAR
Pap smear bisa dilakukan oleh dokter kandungan dan bidan terlatih, baik di puskesmas, klinik swasta maupun rumah sakit besar. Selain itu, petugas puskesmas juga melakukan Pap Smear di banjar-banjar setiap bulannya (untuk daerah Bali). Mengenai harga sangat bervariasi, jika dilakukan di puskesmas atau rumah sakit yang mendapatkan subsidi dari pemerintah biaya berkisar Rp35 ribu–Rp100 ribu.


TINDAK LANJUT HASIL PAP SMEAR
  • NEGATIF : artinya tidak ditemukan sel-sel yang berbahaya
  • DISPLASIA : ditemukan sel yang menunjukkan perubahan sifat yang dapat mengarah ke KEGANASAN, untuk itu perlu dikonfirmasi dengan pemeriksaan BIOPSI.
  • POSITIF : ditemukan sel GANAS harus dilakukan BIOPSI untuk memastikan Diagnosa.
Tulisan ini dibuat untuk berbagi sedikit ilmu tentang kesehatan reproduksi perempuan. Mudah-mudahan tulisan ini bermanfaat dan mampu menggugah hati perempuan untuk peduli tehadap kesehatan reproduksinya. Dan putuskan dari sekarang, Pap Smear sebuah kewajiban atau kebutuhan bagi anda?!

Sumber :
Imad Analis. 2016. Pemeriksaan Pap Smear. Diakses tanggal 19 September 2016. Link ; http://imadanalis.blogspot.co.id/2012/04/pemeriksaan-pap-smear.html

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »