Hot News

Total Pageviews

Check Page Rank

Pendidikan Berkelanjutan III Bagi Ahli Teknologi Laboratorium Medik "Pemeriksaan Darah Rutin" | DPC Patelki Banjarmasin

Posted by On 1:36 AM


Infolabmed.com. Peningkatan keilmuan dan pengetahuan dalam peranan sebagai Ahli Teknologi Laboratorium Medik (ATLM) yang berkompeten dibidang laboratorium medik dalam membantu menegakkan diagnosis laboratorium dengan memperhatikan aspek Good Laboratory Practise (GLP) untuk menghasilkan pemeriksaan darah rutin yang bermutu, berkualitas, dan akurat, serta pengetahuan tentang pengendalian mutu darah rutin, urinalisis dan hal-hal yang harus diperhatikan dalam melaksanakan pemeriksaan darah rutin, juga dasar pemilihan metode sebagai metode yang praktis, mudah dan terpercaya. 

PENDAHULUAN
Peranan pelayanan laboratorium di Puskemas dan Rumah Sakit saat ini menjadi sebuah tren bagi klinisi, dalam upaya membantu menegakkan diagnosis pasien yang sedang sakit atau hanya untuk melakukan pemeriksaan check up. Hasil laboratorium yang cepat, tepat, teliti dan berkualitas merupakan kunci kepuasan dalam pelayanan yang diberikan kepada klinisi dan pasien sebagai pengguna tetap jasa laboratorium.

Laboratorium dikatakan bermutu tinggi apabila data hasil uji laboratorium tersebut dapat memuaskan pelanggan dengan memperhatikan aspek-aspek teknis seperti ketepatan (accuracy) dan ketelitian (precision) yang tinggi dapat dicapai dan data tersebut harus terdokumentasi dengan baik sehingga dapat dipertahankan secara ilmiah.

Hasil laboratorium yang bermutu dimulai dari kalibrasi peralatan, standarisasi metode, hingga upaya menjaga mutu dengan mencegah kerusakan alat dan melakukan trouble shooting bila ada masalah. Upaya kalibrasi dan faktor koreksi pada alat hemoglobinometer dapat dilakukan dengan bantuan metode yang lebih tersandardisasi seperti metode cyanmethemoglobin. Disisi lain metode cyanmethemoglobin dapat dikatakan sudah memenuhi standar, salah satunya dengan melakukan kalibrasi dan pembuatan kurva standar hingga menentukan faktor perkalian terhadap absorben sampel.

Namun pemeriksaan rutin lainnya yang tidak kalah pentingnya adalah pembuatan hapusan darah tepi, serta pemeriksaan lain yang sering ditemukan di Puskesmas adalah uji Widal slide dan Urinalisis multistick beserta sedimen urine. Dengan mengetahui hal-hal yang harus diperhatikan pada pemeriksaan diatas dan mengenal lebih jauh unsur-unsur sedimen urine, maka secara langsung akan meningkatkan pengetahuan petugas laboratorium disamping secara tidak langsung meningkatkan juga mutu pelayanan laboratorium.

Disisi lain, bagi Puskesmas dan Rumah Sakit yang telah memiliki alat Hematology Analyzer berkepentingan untuk mempelajari lebih lanjut maksud angka dan grafik hematology analyzer tersebut sebagai dasar dalam menentukan hasil pemeriksaan laboratorium pasien. 

Berpijak pada upaya mempertahankan mutu pelayanan laboratorium medik yang lebih baik dan berkualitas maka sudah selayaknya seorang ahli TLM melakukan penyegaran pengetahuan melalui seminar ilmiah dan workhsop yang diselenggarakan organisisasi profesi PATELKI yang menaungi keahlian dan keilmuannya.

Disisi lain dengan adanya perkembangan pemeriksaan laboratorium, menuntut seorang ATLM untuk mengupdate keilmuannya, salah satunya adalah terkait pengelolaan keanggotaan secara realtime (online) berbasis SIM-K PATELKI yang sudah dan akan berjalan dimasa yang akan datang. Pengelolaan yang bersifat mandiri, menyebabkan anggota harus aktif secara pribadi mengisi dan memuktahirkan data-data sebagai anggota. Hal ini terkit juga dengan point-point yang dikumpulkan dalam kegiatan ilmiah sebagai salah satu syarat perpanjangan STR keahlian oleh MTKI dan keanggotaan di PATELKI.

Kegiatan ini rencana akan dilaksanakan selama 2 hari yang diikuti oleh tenaga Analis kesehatan/ATLMyang terdaftar sebagai anggota DPC PATELKI cabang Banjarmasin. Di dalam kegiatan ini juga, akan disosialisasikan oleh pengurus DPC tentang hasil Rakernas XII di Bandung bulan April 2016 lalu. Sebagai narasumber kegiatan ini dari unsur DPC dan DPW PATELKI, Praktisi laboratorium dan Pendidik dari Kampus Analis Kesehatan yang juga merupakan Ahli Teknologi Laboratorium Medik.
TEMA
“Peranan Ahli Teknologi Laboratorium Medik dalam Pengendalian, Kalibrasi Alat dan Validasi Hasil Darah Rutin untuk Mendapatkan Hasil Bermutu, Berkualitas dan Akurat”

WAKTU PELAKSANAAN
Kegiatan pendidikan berkelanjutan bagi ATLM ini terdiri atas Seminar Ilmiah, dan Workshop yang akan dilaksanakan selama 2 hari yaitu pada tanggal 16 – 17Juli 2016, jam 07.30 – 18.00 Wita

TEMPAT KEGIATAN
Seminar ilmiah dan workshop akan dilaksanakan di SMK Unggulan Husada Banjarmasin Jurusan Analis Kesehatan.

ISI KEGIATAN
HARI PERTAMA: SEMINAR ILMIAH
1.    Registrasi Ulang Peserta.
2.    Pembukaan Seminar Ilmiah.
a.    Pembukaaan
b.    Doa
c.    Laporan Ketua Panitia dan Sambutan-Sambutan
d.    Sambutan Ketua DPC PATELKI Cabang Banjarmasin
e.    Sambutan Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin dan Membuka Seminar Ilmiah.
3.    Seminar-Seminar Ilmiah:
a.    Seminar Ilmiah I : “Sosialisasi Hasil Rakernas XII, STR danSIM-K Keanggotaan PATELKI bagi Ahli Teknologi Laboratorium Medik.”
Pembicara : Surya Dharma, SKM, MMKes (Bagian Laboratorium RS R.Soeharsono Banjarmasin/Ketua DPC Patelki Banjarmasin)
b.    Seminar Ilmiah II: “Kalibrasi Pemeriksaan Hemoglobin Sahli dan Pembuatan Kurva Kalibrasi Hemoglobin Metode Cyanmethemoglobin”
Pembicara: Freddy Rosady, S.ST, MMKes. (Dosen Politeknik Unggulan Kalimantan Banjarmasin Jurusan Analis Kesehatan)
c.    Seminar Ilmiah III : “Pengendalian dan Validasi hasil Pemeriksaan Widal Slide”
Pembicara:Wiwik Purwanti, S.Si, S.Kom, M.Imun. (Bagian Laboratorium Patologi Klinik RSUD Ulin Banjarmasin dan Dosen Politeknik Unggulan Kalimantan Jurusan Analis Kesehatan).
d.    Seminar Ilmiah IV : “Teknik Pembuatan Sediaan Apusan Darah Tepi (SADT) dengan Pewarnaan Polikromatik dan Hal-hal yang harus Diperhatikan dalam Pembuatan SADT”
Pembicara: Rabiatul Wahidah, SKM (Puskesmas Cempaka Banjarmasin)
e.    Seminar Ilmiah V :“Dasar Mempelajari Histogram Hematology Analyzer Metode Impedansi ”
Pembicara : Ahmad Ripani, S.Si, M.Pd (Bagian Laboratorium RSUD dr. H. Moch. Ansari Saleh Banjarmasin dan Guru SMK Unggulan Husada Banjarmasin Jurusan Analis Kesehatan)
4.    Presentasi singkat Rekanan tentang Produk yang ditawarkan.
a.    15 Menit pertama setelah pembukaan presentasi produk. (dapat dilihat detail dijadwal).
b.    15 Menit kedua setelah break lunch presentasi produk. (dapat dilihat detail dijadwal).
c.    15 Menit ketiga setelah break coffee presentasi produk. (dapat dilihat detail dijadwal).
5.    Door Prize
6.    Penutup

HARI KEDUA: WORKSHOP
WORKSHOP PRAKTIKUM LABORATORIUM
1.    Registrasi Ulang.
Peserta diwajibkan membawa bukti registrasi, jas laboratorium dan APD lainnya.
2.    Praktikum I: “Pemeriksaan Darah Rutindan Pengendalian di Laboratorium”
Trainer:  Freddy Rosady, S.ST, M.MKes
3.    Praktikum Peminatan (Paralel 2 buah Laboratorium):
Peminatan Hemoglobin 
a.    Pre Tes Hemoglobin
b.    Praktikum II : “Teknik Pemeriksaan Hemoglobin metode Sahli dan Cyanmethemoglobin
Trainer : Faridah Ariyani, SKM dan Tim Trainer
c.    Praktikum III : “Kalibrasi dan Pembuatan Kurva Standar Hemoglobin Metode Cyanmethemoglobin”
Trainer: Freddy Rosady, S.ST.,M.MKesdan Tim Trainer
d.    Praktikum IV: “Teknik Pembuatan SADT dan Pewarnaan Polikromatik menggunakan Metode Giemsa, Wright, Kiewit de Jong dan Pulasan Tanding”
Trainer : Faridah Ariyani, SKM dan Tim Trainer
e.    Post Tes Hemoglobin dan SADT
f.     Penutup : Kesan dan Pesan
Trainer : Tim Trainer


Peminatan Urinalisis
a.    Pre Tes: Urinalisis Sedimen
b.    Praktikum II : Pembuatan Sediaan Sedimen Urine menggunakan metode Sternheimer Malbins dan Shih Yung
Trainer: Ahmad Ripani, S.Si, M.Pd dan Tim Trainer
c.    Praktikum III: Pemeriksaan Mikroskopik dan Pengenalan jenis-jenis Sedimen Urine
Trainer : Ahmad Ripani, S.Si, M.Pd dan Tim Trainer
d.    Praktikum IV: “Penghitungan Sedimen Menggunakan Kamar Hitung”
Trainer : Rabiatul Wahidah, SKM dan Tim Trainer
e.    Post Test : Sedimen Urine dan SADT
f.     Penutup : Kesan dan Kesan
Trainer : Tim Trainer.

WORKSHOP SIM-K
1.    Registrasi Ulang
Peserta diwajibkan membawa bukti registrasi dan Netbook/Notebook/Laptop.
2.    Praktikum I: “SIM-K dan Manajemen Keanggotaan PATELKI”.
Trainer : Juwadi, S.ST
3.    Praktikum II: “Aplikasi dan penggunaan SIM-K PATELKI bagi Anggota”.
Trainer: Muslih, AMd.AK dan Lilis Nurulita, AMd.AK
4.    Praktikum III: “Pembuatan Akun Keanggotaan SIM-K Online”.
Trainer: Lilis Nurulita, AMd.AK dan Nurqanitah, S.ST
5.    Penutup : Kesan dan Pesan

PESERTA KEGIATAN
1.    Seminar Ilmiah: 200 orang peserta adalah ATLM yang terdiri atas anggota DPC Kota Banjarmasin sebagai Analis Kesehatan, Analis Medis, Petugas Laboratorium Kesehatan, Mahasiwa-Mahasiswi Analis Kesehatan di Kota Banjarmasin.
2.    Workshop Praktikum Laboratorium: kuota 50 orang peserta adalah ATLM yang terdiri atasanggota DPC Kota Banjarmasinsebagai Analis Kesehatan, Analis Medis, Petugas Laboratorium Kesehatan, Mahasiwa-Mahasiswi D3/D4 Analis Kesehatan di Kota Banjarmasin.
3.    Workshop SIM-K: kuota 150 orang peserta adalah ATLM yang terdiri atas Analis Kesehatan, Analis Medis, Petugas Laboratorium Kesehatan, yang terdaftar sebagai anggota PATELKI cabang Banjarmasin.


AKREDITASI SKP
Akreditasi SKP sertifikat diterbitkan oleh PATELKI. Sertifikat yang dikeluarkan antara 2-3SKP per kegiatan. Sertifikat akan diterbitkan dengan menambahkan Barcode/QR code.


Catatan Pengelola Web :
Isi Materi diluar tanggung jawab Kami. Bagi Anda yang ingin bekerjasama dengan Kami dalam media pubhlikasi Seminar, Pelatihan, Workshop dll, Silahkan Klik GRATIS Media Pubhlikasi Seminar ATLM.
Atau bisa :
WA : 089679820288 (Hanya WA, Jangan SMS/TLP)

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »