Seminar ATLM Dalam Perspektif Legal Formal, Kompetensi dan Profesionalisme DPC PATELKI Kota dan Kabpuaten Tasikmalaya | Juli 2016


 
SEMINAR
AHLI TEKNOLOGI LABORATORIUM MEDIK
DALAM PERSPEKTIF LEGAL FORMAL,
KOMPETENSI DAN PROFESIONALISME
DPC PATELKI KOTA DAN KABUPATEN
TASIKMALAYA


PENDAHULUAN

Kemajuan teknologi ilmu pengetahuan dan arus informasi yang begitu pesat dibidang pelayanan kesehatan membuat masyarakat atau pengguna jasa keseahtan semakin kritis terhadap jenis dan kualifikasi pelayanan jasa kesehatan serta memilih nilai ekspektasi yang tinggi terhadap layanan, khususnya pelayanan laboratorium kesehatan.  

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, perkembangan Teknologi Laboratorium, sumber daya manusia yang kompeten dan jaminan kualitas dari penyedia jasa kesehatan menjadi hal yang mutlak harus terpenuhi. Quality Assurance (QA) atau jaminan kualitas adalah bagian penting yang dibutuhkan untuk memenuhi salah satu kebutuhan pengguna jasa tersebut. 

Pada layanan laboratorium kesehatan, jaminan kualitas harus terpenuhi disetiap sisi proses yang mencakup proses pre analitik, proses analitik dan proses post analitik. Semua aspek baik teknologi, SDM, maupun QA berorientasi pada tercapainya kepuasan pengguna jasa. 

PATELKI sebagai organisasi profesi Ahli Teknologi Laboratorium Medik yang mandiri, profesional, peduli serta aktif dalam peningkatan pengetahuan teknologi dibidang laboratorium, maupun ketrampilan tenaga Ahli Teknologi Laboratorium Medik berbasis kompetensi. Berdasarkan kebutuhan itu DPC PATELKI Kota dan Kabupaten Tasikmalaya, akan mengadakan Seminar ilmiah sehari mengenai Peraturan Hukum Ahli Tenaga Laboratorium Medik, dari kegiatan ini diharapakan Ahli Teknologi Laboratorium Medik memiliki pengetahuan dan wawasan tentang peraturan undang - undang dibidang kesehatan sehingga kompetensi Ahli Teknologi Laboratorium Medik memiliki legalitas secara hukum. 

MAKSUD DAN TUJUAN
  1. Meningkatkan pengetahuan dan pemahaman Ahli Tenaga Kesehatan Laboratortium Medik terhadap kaidah dan norma etik sebagai tenaga profesional
  2. Meningkatkan kemampuan profesionalisme Ahli Tenaga Laboratorium Medik
  3. Meningkatkan peran PATELKI di kalangan praktisi laboratorium dan masyarakat
  4. Membuka pandangan pentingnya membangun sinergi dan harmonisasi antara PATELKI dengan institusi pendidikan dan para user dalam rangka menjunjung tinggi martabat profesi Ahli Tenaga Laboratorium Medik berbasis standarisasi dan kompetensi
  5. Membangun rencana pengembangan kapasitas SDM Ahli Tenaga Laboratorium Medik sebagai wujud pengembangan keprofesian berkelanjutan (P2KB) di Kota dan Kabupaten Tasikmalaya.
TEMA KEGIATAN

AHLI TEKNOLOGI LABORATORIUM MEDIK DALAM PERSPEKTIF LEGAL FORMAL, KOMPETENSI DAN KOMITMEN MEMBANGUN SDM PROFESIONAL

WAKTU DAN TEMPAT

Waktu : minggu, 17 Juli 2016
Tempat : Graha Asri, Asia Plaza Tasikmalaya
Jam : 08.00 - 16.00

PESERTA SEMINARPeserta seminar adalah anggota PATELKI, Mahasiswa dan anggota masyarakat

MATERI SEMINAR
Anis Zusdi Purnawan, S.Sos
(Ketua DPW PATELKI JAWA BARAT)
"UU No. 36 th. 2014 Tentang Tenaga Kesehatan" dan " Permenkes No. 42 Th. 2015 tentang Izin dan Penyelenggaraan Praktik ATLM)

Emma Maryati, SE
(Sekretaris DPW PATELKI Jawa Barat)
"Mekanisme Sertifikasi ATLM"

Dr. Dewi Kania. Y, SpPK
Keselamatan Pasien Laboratorium Berdasarkan Akreditasi KARS 2014

Tenaga Ahli BIOLABO Indonesia
Pemantapan Mutu Laboratorium dengan AQAS

Yosep Hardiansyah, S.ST
Sistem Informasi Manajemen Keanggotaan APTELKI

Undang Rahmat, Amd.AK, SKM, M.Kes
Harmonisasi Menuju P2KB Ahli Teknologi Laboratorium Medik Profesional

Arief Rismawan, S.ST
Rencana Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (P2KB) PATELKI di Kota dan Kabupaten Tasikmalaya.

SERTIFIKAT : 3 SKP PATELKI

REGISTRASI : 
Anggota PATELKI : Rp. Rp. 250.000
On Site : Rp. 300.000
Mahasiswa : Rp. 150.000

PENDAFTARAN MELALUI :
REKENING BANK RAKYAT INDONESIA (BRI) NO. REK : 133 501 000 262 501 (A.N IIS SUMINAR)


KONTAK :
IIS SUMINAR : 085 223 331 445
NANIN ROSDIANA : 085 323 808 727

SEKRETARIAT :
RSU Syifa Medina
Jl. Bantar No. 15 A Tasikmalaya

DONASI VIA DANA ke 085862486502 Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi Anda ini akan digunakan untuk memperpanjang domain www.infolabmed.com. Donasi klik Love atau dapat secara langsung via Dana melalui : 085862486502. Terima kasih.

Post a Comment

0 Comments