Hemopoesis


Infolabmed.com. Berbicara hemopoeisis berarti berbicara pembentukan sel-sel darah oleh tubuh. Sebenarnya definisi hemopoeisis atau hematopoeisis adalah proses pembentukan sel-sel darah dlm organ pembentuk sel darah, terutama dalam sumsum tulang dan organ lainnya. Hemopoesis dimulai sejak fetus berada dalam kandungan, sejak saat terjadinya succus vitellinus sebelum terjadi organ-organ lain.

Secara umum terbagi 3 fase hemopoeisis
Fase Mesoblastik
Sel-sel darah primitif dibentuk dalam succus vitellinus. Sel-sel darah disini masih serupa dan merupakan sel asal. Berlangsung pada bulan pertama sampai kedua dalam kandungan

 Fase Hepatospleenolimfomyeloid
Sel-sel darah dibuat dalam hepar, lien dan sumsum tulang. Disamping stem cell, sudah terjadi diferensiasi menjadi eritroblast, megakariosit, granulosit, limfosit, monosit dan plasmosit. Berlangsung pada fetus berumur 1,5 bulan sampai 9-10 bulan
Fase Myeloid
Sel-sel darah dibuat oleh sumsum tulang merah sejak umur 4 bulan sampai meninggal. Disini sudah terjadi diferensiasi menjadi sel yang lebih tua setelah bayi lahir.

Numenklatur
1. Sel paling muda Nama+Blast
2. Sel lebih matur Pro+Nama+Sit
3. Sel lebih matur lagi Nama+Sit
4. Sel lebih matur lagi Meta+Nama+Sit
5. Sel Paling Matur Nama sel di darah tepi.

Contoh:
Eritropoeisis:
Rubriblast
ProRubrisit
Rubrisit
Metarubrisit
Retikulosit
Eritrosit

Disini yang paling unik adalah Eritropoeisis dan Trombopoeisis:
- Proses eritropoeisis menghasilkan sel matang tanpa inti dan tanpa organel.
- Proses trombopoeisis menghasilkan trombosit yang merupakan pecahan dari sitoplasma megakariosit yang membentuk bulatan-bulatan kecil hasil dermakasi, berupa 1000-5000 trombosit.

Tulisan ini hanya garis besar saja, tanpa details sehingga menjelaskan secara umum proses hemopoesis.

Kumpulan Materi Hemopoeisis bisa dilihat disini : Foto Hemopoeisis


Sumber : 
Tulisan ini Admin ambil dari facebook Ahmad Ripani Musyaffa AhdanLab, Admin sudah meminta izin dari beliau. Semoga informasi ini menjadi tambahan ilmu buat teman - teman ATLM.

DONASI VIA DANA ke 085862486502 Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi Anda ini akan digunakan untuk memperpanjang domain www.infolabmed.com. Donasi klik Love atau dapat secara langsung via Dana melalui : 085862486502. Terima kasih.

Post a Comment

0 Comments