Hot News

Total Pageviews

Check Page Rank

Cegah Penyakit Di Usia Lanjut

Posted by On 2:18 AM


Infolabmed.com. Lansia adalah sebutan untuk orang yang sudah berusia lanjut (lanjut usia). Menua secara fisiologis ditandai dengan semakin menghilangnya fungsi dari berbagai organ tubuh. Di usia ini banyak hal yang sebaiknya dihindari agar kesehatan tetap terjaga dan terhindar dari hal hal yang tidak diinginkan. Agar bisa tetap sehat, berikut adalah informasi mengenai tips hidup sehat untuk lansia, semoga bisa menjadi alternatif pola hidup yang sebaiknya dijalani. Tips hidup sehat untuk lansia yang dimaksud antara lain :

POLA MAKAN SEDERHANA

Gaya hidup sehat yang paling utama bagi lansia adalah pola makan. Yang perlu diperhatikan adalah pemberian asupan nutrisi dan gizi melalui makanan. Saat menginjak usia lanjut, makanan yang disarankan untuk dikonsumsi adalah sayuran, gandum, buah-buahan yang tidak memicu asam lambung seperti jeruk manis, dan pepaya. Hindari juga segala makanan yang mengandung telur karena dapat menyebabkan kolesterol tinggi.

CUKUPI KEBUTUHAN VITAMIN YANG COCOK UNTUK LANSIA

Di usia yang semakin lanjut, kita harus memperkuat ketahanan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Cara yang paling baik adalah dengan mencukupkan kebutuhan vitamin, seperti vitamin B6, vitamin C, dan vitamin E yang bisa didapatkan dari daging tanpa lemak, sayuran hijau, serta biji bijian.

CEGAH PENGEROPOSAN TULANG

Agar bisa tetap lincah dan aktif bergerak di usia lanjut, tips hidup sehat untuk lansia selanjutnya adalah dengan mengantisipasi agar tulang tidak mengalami osteoporosis (pengeroposan tulang). Cara mencegahnya adalah dengan mengkonsumsi susu yang memiliki kandungan kalsium dan vitamin D yang tinggi juga sering berjemur.

JAGA SALURAN PENCERNAAN AGAR TETAP LANCAR

Salah satu masalah yang sering dihadapi oleh lansia adalah gangguan di sistem pencernaan. Agar hal tersebut bisa dihindari dan diminimalisir, maka Anda bisa mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar serat yang cukup tinggi, seperti biji-bijian, buah-buahan dan aneka sayuran berwarna hijau.

CEGAH PENYAKIT DAN KELUHAN PADA MATA

Usia lanjut sangat identik dengan penyakit mata seperti katarak, mata rabun, dan lain sebagainya. Agar bisa dicegah, maka konsumsilah makanan yang memiliki kandungan baik untuk kesehatan mata, seperti beta-karoten, vitamin C, vitamin E dan Vitamin A

CEGAH PENYAKIT JANTUNG DAN STROKE

Tips hidup sehat untuk lansia berikutnya adalah dengan meminimalisir konsumsi makanan yang mengandung kolesterol tinggi agar terhindar dari kemungkinan serangan jantung dan stroke.

OLAHRAGA RINGAN

Olahraga yang paling cocok untuk lansia adalah yoga, jalan kaki di pagi hari dan bersepeda.

JANGAN MENGKONSUMSI MAKANAN BERLEMAH
Sedikit saja makanan berlemak masuk pada tubuh lansia akan mengakibatkan gejala yang serius seperti kolesterol naik, pusing, resiko jantung, dan mual. Gejala dan dampaknya pun bisa langsung terjadi pada saat memakan ataupun setelah makan.

BERHENTILAH MEROKOK PADA USIA TUA

Meski Anda menerapkan gaya hidup sehat pada lansia, tetapi kebiasaan merokok tetap Anda jalankan, akan membuat usaha Anda sia-sia. Merokok pada lansia dapat memiliki resiko lebih besar, karena daya tahan paru-paru dan jantung sudah mulai lemah.

HINDARI STRESS
Stress pada usia tua cukup ampuh merenggangkan nyawa, bagaimana tidak? Lonjakan tekanan darah tinggi pada umumnya diakibatkan stress.

Berikut ini tips menghindari stress pada lansia :
1. Meditasi

Merupakan cara ampuh mengontrol stress dengan di dampingi oleh tenaga professional. Semisal Anda tidak mempunyai cukup biaya lebih, ajaklah lansia ketempat yang sejuk dan tenang seperti di pegunungan, hal ini cukup ampuh dalam menyegarkan pikiran yang didampingi oleh udara yang segar dan tidak bising.

2. Hindarkan Diri Dari Masalah

80% stress diakibatkan masalah yang tidak kunjung selesai, sesegera mungkin selesaikan pada usia muda, sehingga saat tua nanti, Anda tidak memupuk masalah seperti hutang yang belum terbayarkan. Jika Anda memiliki masalah sesegera mungkin mintalah bantuan kekerabat Anda ataupun saudara Anda.

3. Hindarkan Diri dari Keletihan

Letih sangat memicu sekali amarah yang berujung pada stress, maka dari itulah dokter tidak menyarankan untuk bekerja keras.

4. Perbanyak Minum Air

Meski sudah tua, otak tetap membutuhkan air. Air tersebut digunakan untuk melancarkan peredaran darah pada otak yang berguna sekali mengurangi depresi, amarah, stress, maupun keletihan.

Karena kondisi ketahanan tubuh lansia berbeda dengan orang muda, maka perlu perhatian khusus agar kondisi kesehatannya tetap terjaga dan terhindar dari berbagai penyakit. Semoga dalam memperingati Hari Lanjut Usia Nasional yang diperingati setiap 29 Mei sebagai wujud kepedulian dan penghargaan terhadap orang lanjut usia ini, tips hidup sehat untuk lansia di atas bisa bermanfaat untuk Anda. Dan satu lagi perlu Anda tanamkan dalam diri Anda, yaitu “I Choose to Prevent”.

Sumber : 
In Harmony. (2016). Cegah Penyakit Di Usia Lanjut. Link : http://www.klinikvaksinasi.com/cegah-penyakit-di-usia-lanjut/

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »